Papua Barat

PHBI Manokwari, 1-H Terkumpul Ratusan Hewan Qurban, Shalat ID di 3 Lapangan, 19 Masjid

295
×

PHBI Manokwari, 1-H Terkumpul Ratusan Hewan Qurban, Shalat ID di 3 Lapangan, 19 Masjid

Sebarkan artikel ini
Ketua PHBI Kabupaten Manokwari Muhammad Mansyur yang ditemui wartawan di Masjid Ridwanul Bahri Manokwari, Sabtu (16/6/2024). FOTO: RUSTAM MADUBUN.PAPUADALAMBERITA

PAPUADALAMBERITA.COM.MANOKWARI – Kurang satu hari (1 -H) jelang pelaksanaan  Idul Adha 1445 Hijriah, jumlah hewan kurban sumbangan pemerintah dan warga yang tercatat sudah 260 ekor hewan qurban, yaitu 250 ekor sapi dan 10 ekor kambing.

Namun data tersebut diperkirakan akan terus berubah, karena masih ada sejumlah masjid yang belum masukan perolehan bantuan hewan kurbannya.

Baca juga: Pj Gubernur Ali Baham Rencana Khatib Sholad Idul Adha di Lapangan Kodim 

Baca juga: Pj Gubernur Ali Baham Serahkan Sapi Kurban Bantuan Presiden, Pemprov dan TP PKK

‘’Untuk tahun ini hewan kurban yang telah terkumpul sekitar 250 ekor sapi dan 10 ekor kambing, namun ini belum semua masjid melaporkan, baru sebagian,’’ jelas Ketua PHBI Kabupaten Manokwari Muhammad Mansyur yang ditemui wartawan di Masjid Ridwanul Bahri MAnokwari, Sabtu (16/6/2024).

Ketua PHBI Manokwari mengakui jika jumlah hewan kurban tahun ini (1445 Hijriah, red) menurun dibanding jumlah hewan kurban pada Idul Adha tahun 1444 hijriah, namun Ia tak menjelaskan penyebab penuruanan tersebut.

‘’ Disini (di Masjid Ridwanul Bahri, red) bisa dilihat di data tahun lalu sekitar 20 ekor sapi, ini sekarang (hari ini, Sabtu, red) baru sekitar 10 ekor sapi,’’ ujar Ketua PHBI mencontohkan.

‘’Tetapi kami berharap sampai pada hari H-nya bisa lebih dari yang sekarang dilaporkan, karena masih beberapa masjid belum melaporkan,’’sambung Muhammad Mansyur.

TEMPAT SHALAT IDUL ADHA

Menurut Ketua PHBI Muhammad Mansyur, untuk lokasi shalat idul adha tahun ini ada 22 tempat yang melaksanaakan shlat idul adha, itu terdiri dari 19 masjid, dan tiga lapangan yang tersebar dalam kota Manokwari.

‘’Ada 22 tempat pelaksanaan shalat idul adha termasuk Lemba Pemasyarakatan (Lapas) Kampung Ambon dan Lapas Andai, penggunaan lapangan ada tiga tempat, yaitu Lapangan Kodim 1801 Manokwari, Lapangan Brimob Papua Barat Soribo, dan Lapangan Kodam XVIII/Kasuari,’’ jelas Muhammad Mansyur.

Satu hari jelang pelaksanaan hari raya, PHBI Manokwari mengajak warga muslim Manokwari untuk menjaga keamanan ketertiban dan kedamaian mulai dari pawai takbir keliling, pelaksanaan sholat idul adha sampai pelaksanaan penyembelihan hewan kurban.

‘’Kami mengimbau masalah keamanan, masyarakat jaga keamanan, karena beribadah tetapi kalau keamanan tidak di jaga itu kurang bagus,’’ pesannya.

‘’Yang kedua kami menghimbau masyarakat di hari raya kurban kita niatkan berkorban karena Lillahi ta’ala,hanya karena  Allah Subhanahu Wa Ta’ala,’’ sambung Mansyur.

Harapan PHBI, semoga hewan kurban yang telah diterima dari sumbangan pemerintah dan warga untuk disembeli kiranya dapat disalurkan orang-orang yang betul-betul berhak menerimanya, terutama kaum dhuafa.

‘’Paling penting adalah bagaimana umat muslim merayakan hari raya Idul Adha dengan penuh kegembiraan, dapat mengenang dan mengambil hikmah dar pengorbanan Nabi Ibrahim Alaihissalam yang mau mengorbankan anaknya Ismail, namun Allah mengantikan dengan hewan kurban Allah,’’ ungkap Muhammad Mansyur.

‘’Waktu salat idul fitri di Manokwari mulai pukul 07.00 WIT,’’ tambahnya.(rustam madubun)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *