Papua Barat

Pj Gubernur Bertemu Praktisi Pariwisata Papua Barat

125
×

Pj Gubernur Bertemu Praktisi Pariwisata Papua Barat

Sebarkan artikel ini

Dari kiri General Manager Travel Papua Anggi Sengkerij, Theo Oldeth dan Penjabat Gubernur Papua Barat Komjen Pol (P) Paulus Waterpauw, MSi. PAPUADALAMBERITA. FOTO: ISTIMEWA.

PAPUADLAAMBERITA.COM. MANOKWARI –  Penjabat Gubernur Papua Barat Komjen Pol. (P) Drs Paulus Waterpauw, MSi, bertemu para praktisi parawisata, Ahad (27/6/2022) di Amban Beach Cafe.

Hadir Wakil Ketua DPD HPI Papua Barat Yansen Saragih, SS, MPar, Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PSOI), Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI), Yayasan Anak Air Pulau Papua (YAAP), dan beberapa komunitas yang berkecimpung dalam dunia kepariwisataan, olahraga bahari dan pelestarian lingkungan hidup.

Dalam pertemuan, Waterpauw mendengarkan penjelasan praktisi parawisata ini. Gubernur mencatat berbagai masukan hal-hal penting dalam dialog tersebut.

Ketua DPD HPI Papua Barat juga sempat mempresentasikan ‘Program Strategis HPI Dalam Membangun Pariwisata Pasca Pandemi Covid-19 sebagai Solusi Peningkatan Ekonomi Daerah’.

PROMOSI HAL PENTING

General Manager Travel Papua Anggi Sengkerij memaparkan mengenai berbagai aktivitas promosi di sejumlah pameran wisata di beberapa negara di Eropa yang telah dilakukan untuk mendatangkan wisatawan ke Tanah Papua.

Menurut Anggi, keikutsertaan Papua Barat dalam sejumlah ajang promosi pariwisata adalah hal yang penting dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisata ke Tanah Papua.

“Para pemandu di lapangan, selain harus mendapat sertifikasi kompetensi, mereka perlu dibekali juga dengan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan mereka dalam melayani wisatawan, “tambahnya.

Sementara itu Ketua Yayasan Anak Air Pulau Papua (YAPP) Agus Rumbewas kepada Gubernur mengatakan bahwa pihaknya selama ini membina para atlet olahraga bahari, baik yang masih aktif maupun yang telah lewat usia prestasinya dalam berbagai kegiatan yang berhubungan dengan pelestarian alam pesisir. seperti pembersihan sampah, pelepasan tukik dan penanaman terumbu karang.

Agus Rumbewas meminta pemerintah untuk membentuk pasukan biru demi menjaga kebersihan perairan dan pantai di Papua Barat dari sampah.

“Kalau di darat ada pasukan kuning, ada baiknya juga di laut dibentuk pasukan biru,” kata Agus Rumbewas kepada Gubernur Waterpauw

Pemilik  Amban Beach Cafe Theo Oldeth yang juga  Ketua Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PSOI) Theo Oldet, mengaku senang dengan kedatangan Gubernur Waterpauw.

“Senang juga surprise  Gubernur bisa datang  kesini  dan juga melakukan dialog dengan kami. Semoga pembicaraan kami akan ada hal baru bagi Gubernur Waterpauw untuk memajukan potensi wisata Papua Barat, “ujar Theo yang sempat tinggal di Bali ini selama 15 tahun.

Menanggapi pertemuan ini  Pejabat Gubernur mengaku, pihaknya saat ini sengaja turun ke lapangan untuk melihat berbagai masalah dan belanja masalah di masyarakat guna dicarikan solusinya oleh pemerintah.

“Ini pertemuan baik  dan segala masukan muaranya adalah untuk memajukan potensi parawisata Papua Barat,” ujar Gubernur Waterpauw.(sv/tam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf Tidak Bisa Dicopy !!