Polres Teluk Bintuni Latihan Simulasi Sispam Mako dan Sispam Kota. PAPUADALAMBERITA. FOTO: HUMAS POLRES KAIMANA PAPUADALAMBERITA.COM. BINTUNI  – bertempat di halaman Mapolres Teluk Bintuni... Polres Teluk Bintuni Latihan Simulasi Sispam Mako dan Sispam Kota

Polres Teluk Bintuni Latihan Simulasi Sispam Mako dan Sispam Kota. PAPUADALAMBERITA. FOTO: HUMAS POLRES KAIMANA

PAPUADALAMBERITA.COM. BINTUNI  – bertempat di halaman Mapolres Teluk Bintuni telah di laksanakan latihan sistem pengamanan markas komando dan latihan simulasi sistem pengamanan kota Bintuni dalam menghadapi pemilihan umum 2024.

Guna meningkatkan kemampuan personel Polres Teluk Bintuni beserta jajarannya berikut kesiapan baik Alut maupun Alsus, untuk itu Kapolres Teluk Bintuni AKBP Junov Siregar SH, SIK ,MKP adakan simulasi Sispam Kota dalam menghadapi segala macam kamtibmas di wilayah hukum Polres Teluk Bintuni.

AKP Vhalio Agafe, SIK selaku kepala agian Operasional Polres Teluk Bintuni pimpin pelaksanaan apel pengecekan dan sekaligus membagi personel sesuai pos yang sudah di tetapkan dalam persiapan latihan pengamanan markas komando Polres Teluk Bintuni.

Personel yang sudah terlibat dalam pembagian pos telah bergeser menuju tempat pengamanan yang sudah di tentukan.

Kabagops dan staf bagops menemui setiap pos yang sudah ada personelnya dan memberikan arahan tentang tugas dan peran yang di laksanakan sesuai SOP.

Kegiatan Pengamanan Markas Komando Polres Teluk Bintuni telah selesai dilaksanakan, dan selanjutkan di laksanakam apel konsolidasi.

Usai latihan simulasi sistem pengamanan Kota Bintuni dalam menghadapi pemilihan umum 2024 melaksanakan apel pengecekan selanjutnya Kabagops memberikan arahan serta gambaran cara bertindak yang di lakukan personel dalam penanganan unjuk rasa.

Simulasi yang digelar di lapangan Apel Mapolres Teluk Bintuni, terlihat ada adegan yang diperagakan anggota polisi sehingga ada kegiatan pengunjuk rasa yang berujung bentrokan hingga situasi kerusuhan dan penjarahan, kemudian diperagakan pula penanganannya.

Sebanyak 50 orang melakukan unjuk rasa secara damai hingga anarkis, kemudian kepolisian melakukan tugasnya dengan melerai aksi. mulai dari secara harmonis hingga preventif untuk membubarkan massa yang berujung ricuh.

Selain sejumlah personel Polres Teluk Bintuni yang bertugas dalam pengamanan unjuk rasa tersebut, dalam simulasi itu ada juga bantuan dari personel Kompi Brimob 3 Bintuni dengan peralatan lengkap seperti tameng, racun api, hingga senjata gas air mata untuk membubarkan massa.

Dalam kegiatan Sispamako dan Sispamkota ini juga sebagai ajang latihan personel Polres Teluk Bintuni dan Personel Kompi Brimob 3 Bintuni yang bertujuan untuk penanganan dasar unjuk rasa, mulai situasi kondusif hingga situasi anarkis.

Latihan ini juga bertujuan untuk mengecek apakah alat-alat yang milik Polres Teluk Bintuni masih dapat berfungsi atau tidak.

Rangkaian peragaan dan simulasi dan penanggulangan aksi unjuk rasa mulai dari tahap awal atau situasi hijau, tahap lanjut atau situasi kuning, sampai pada anarkis atau situasi merah dengan menerapkan :
– Peraturan Kapolri nomor 16 tahun 2006 tentang pedoman pengendalian Massa.
– Peraturan Kapolri nomor 1 tahun 2009 tentang Penggunaan kekuatan dalam Tindakan Kepolisian.

Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2009 Tentang Implementasi Prinsip dan Standar Hak Asasi Manusia dalam Penyelenggaraan Tugas Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Simulasi sistem pengamanan kota Bintuni ini memberikan gambaran kepada  bahwa Polres Teluk Bintuni siap mengamankan gangguan Kamtibmas di Kabupaten Teluk Bintuni.(tam)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Maaf Tidak Bisa Dicopy !!