Papua Barat

Sabtu, KPU Papua Barat Pleno Rekapitulasi Hasil Pemilu 2024

423
×

Sabtu, KPU Papua Barat Pleno Rekapitulasi Hasil Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini
Ketua KPU Papua Barat, Paskalis Semunya dan Sekretaris KPU Papua Barat, Michael Mote yang ditemui wartawan di Manokwari. FOTO: RUSTAM MADUBUN.PAPUADALAMBERITA.

PAPUADALAMBERITA.COM.MANOKWARI – Ketua Komisi Pemiliha Umum (KPU) Provinsi Papua Barat, Paskalis Semunya mengatakan, dijadwalkan Sabtu (8/3/2024) KPU menggelar rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara dan penetapan hasil Pemilihan umum(Pemilu) 2024 tingkat provinsi Papua Barat.

‘’Berdasarkan ketentuan Peraturan KPU Nomor 5 tahun 2024 pasal 64 ayat 1, 2, 3 dan ayat 6 mengatur, tentang rekapitulasi perolehan suara, bawa KPU Provinsi merujuk kepada salinan atau sampul hasil tingkat kabupaten yang terima paling lambat satu hari sebelumnya KPU provinsi boleh mengagendakan rapat pleno terbuka,’’ ujar Ketua KPU Papua Barat kepada wartawan di Manokwari Jumat (8/3/2024) .

‘’Karena itu, besok tanggal 9 Maret 2024 pukul 08.30 akan dimulai di Aula Husni Kamil Manik Kantor KPU Provinsi Papua Barat di Jalan Abraham O Ataruri Arfai Manokwari Papua Barat,’’ sebut Paskalis Semunya.

‘’Karena itu saya mengajak peserta pleno, saksi dari tim kampanye daerah atau tim kampanye presiden dan wakil presiden pasangan calon nomor satu, dua, dan tiga, partai politik pengusung, juga 18 partai politik peserta Pemilu, calon DPD dan KPU Kabupaten, Bawaslu untuk dapat mengambil bagian sebagaimana undangan KPU Provinsi Papua Barat sesuai waktu,’’ sambungnya.

Paskalis Semunya mengatakan, dalam undangan telah dicantumkan beberapa hal prinsip yang patut diperhatikan yaitu saksi wajib membawa mandat penugasan dari DPW atau DPP yang menugaskan sebagai saksi, kemudian saksi DPD dari calon itu sendiri yang menentukan.

‘’Rapat pleno akan dipimpin oleh empat anggota dan sekretaris dihadiri Bawaslu, secara berurutan akan dimulai dari KPU Kabupaten Manokwari, sesuai jadwal yang telah diantaranya KPU Provinsi juga Mengundang pewarta untuk hadir dan meliput,’’ tutur Ketua KPU.

Selanjutnya, untuk tertib dan lancarnya pelaksanaan ini semua yang sudah mendapatkan undangan berkonsultasi dengan KPU Provinsi untuk mendapat ID card masuk untuk emudahkan pemeriksaan dan wajib membawanya selama mengikuti pleno.

Semunya mengatakan dalam pleno ada empat jenis pemilihan yang di yang disampaikan yaitu suara presiden dan wakil presiden, perolehan suara DPR RI, perolehan suara DPD RI dan DPRD Papua Barat sesuai dengan daerah pemilihan.

‘’Yaitu daaerah pemilihan Papua Barat satu (1), Daerah pemilihan Papua Barat dua (2), daerah pemilihan  Papua Barat tiga (3), daerah pemilihan Papua Barat empat (4) dan daerah pemilihan Papua Barat lima (5) semua berjalan lancer,’’ harpnya.

Ia menambahkam rapat pleno terbuka ini disiarkan langsung oleh live streaming YouTube KPU Papua Barat warga Papua Barat dapat secara live.(rustam madubun)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf Tidak Bisa Dicopy !!