Papua Barat

Tari Tumorr dan Tipa Sawat Meriahkan Pawai Karnaval Sambut HUT ke -77 RI di Fakfak

187
×

Tari Tumorr dan Tipa Sawat Meriahkan Pawai Karnaval Sambut HUT ke -77 RI di Fakfak

Sebarkan artikel ini

Salah Satu Peserta Pawai Karnaval Menampilkan Tarian Tumorr Yang Merupakan Tari Daerah Fakfak Saat Pelaksanaan Pawai Karnaval Memeriahkan HUT ke -77 Republik Indonesia. Senin 15 Agustus 2022. PAPUADALAMBERITA.COM. FOTO : Istimewa.

Tari Tipa Sawat Yang Ditampilkan Salah Satu Peserta Pawai Karnaval Memeriahkan HUT ke -77 RI di Fakfak, Tari Sawat Yang Ditampilkan Ini  Mengundang Beberapa Pejabat Ikut Ambil Bagian Berdendang Sawat Bersama Peserta Karnaval. Senin 15 Agustus 2022. PAPUADALAMBERITA.COM. FOTO : Istimewa.

PAPUADALAMBERITA.COM. FAKFAK – Sebanyak 43 peserta karnaval tingkat SLTA dan Umum mengikuti karnaval dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke – 77 Republik Indonesia dengan mengambil start di lapangan Koni Fakfak jalan D.I. Panjaitan dan finish di taman  tugu satu tunggu tiga batu jalan Dr. Salasa Namudad areal reklamasi pantai.

Dari 43 peserta yang mengikuti karnaval, 16 peserta dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkup Pemkab Fakfak dan sebagian peserta terdiri dari pelajar tingkat SLTA serta kelompok kerukunan masyarakat yang berdiam di Kota berjukan pala.

Walaupun pelaksanaan pawai karnaval tingkat umum yang berlangsung di Fakfak pada Senin (15/8/2022) diwarnai hujan deras tidak mematahkan semangat 43 peserta karnaval untuk menyelesaikan jarak tempuh sejauh 3 Km lebih.

Dalam pelaksanaan pawai karnaval yang berlangsung dalam  menyambut HUT ke -77 Republik Indonesia, beberapa peserta karnaval juga menampilkan tarian daerah Fakfak seperti tarian Tumorr, Titir  serta tari tipa sawat budaya islami khas Fakfak Papua Barat.

Tarian adat daerah Fakfak yang ditampilkan peserta pawai karnaval dengan mengenakan pakaian adat Fakfak cukup menarik perhatian juga, hingga di garis finish membuat beberapa pejabat di lingkup Pemkab Fakfak ikut berdendang menari tarian adat tersebut bersama peserta karnaval.

Tarian Daerah Papua Yang Juga Ditampilkan Salah Satu Peserta Pawai Karnaval Dalam Memeriahkan HUT ke -77 RI di Fakfak.Senin 15 Agustus 2022. PAPUADALAMBERITA.COM. FOTO : Istimewa. 

Selain tarian daerah asal Fakfak yang ditampilkan, ada juga peserta karnaval yang menampilkan yang menampilkan beberapa tarian daerah tanah Papua dan luar papua seperti tari seka, yosim pancar, reok ponorogo yang ditampilkan warga Ponorogo Jawa Timur,  tari Boran dari warga Lamongan. Bahkanpeserta pawai karnaval juga menampilkan pakai adat dari berbagai daerah yang ada di Indonesia,

43 peserta pawai karnaval yang berlangsung kemarin (Senin 15/8/20) dilepas Sekda Fakfak Drs. H. Ali Baham Temongmere, MTP, dari lapangan Koni jalan D.I. Panjaitan dan disambut Bupati Untung Tamsil dan Wakil Bupati Yohana Dina Hindom di panggung terbuka jalan R.A. Kartini hingga finish di jalan Dr. Salasa Namudad.

Hujan yang mewarnai pelaksanaan pawai karnaval menyambut HUT ke -77 Republik Indonesia tidak mematahkan semangat peserta karnaval untuk mencapai garis finish bahkan warga Fakfak yang menyaksikan pelaksanaan karnaval tidak beranjak dari bahu jalan dan tetap setia menyaksikan kemeriahan menyambut HUT ke -77 RI.

Selama pelaksanaan pawai karnaval di Fakfak dengan mengambil rute sepanjang 3 kili meter lebih, ruas jalan yang dilalui mulai dari jalan D.I. Panjaitan, M.T,  A. Yani, R.A.Kartini, Isak Tellusa, Pattimura hingga jalan Dr. Salasa Namudad sulit untuk dilewati kendaraan.

Pantauan media ini, dari 16 OPD yang ikut ambil bagian dalam pawai karnaval ada Dinas BPBD Fakfak yang turun dengan kendaraan penanganan bencana serta petugas pemadam kebakaran juga beratraksi menampilkan penanganan pemadaman kebakaran bahkan Dinas PU(PR)2 KP yang turun dengan pasukan kebersihannya juga menampilkan penanganan kebersihan dengan alat mesin potong rumput.(RL 07)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf Tidak Bisa Dicopy !!