fbpx
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Papua Barat, dr Arnoldus Tiniap kepada wartawan, Kamis  (16/4/2020) malam di Sekretariat Bersama Gugus Tugas COVID-19 Papua... Terbaru, 2 Warga Manokwari dan 1 Warga Bintuni Positif Corona 3 Daerah di Papua Barat Merah

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Papua Barat, dr Arnoldus Tiniap kepada wartawan, Kamis  (16/4/2020) malam di Sekretariat Bersama Gugus Tugas COVID-19 Papua Barat, Swiss Belhotel Manokwari.

 PAPUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI- Pemerintah Provinsi Papua Barat melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Papua Barat merilis data terbaru perkembangan CoronaVirus Disease 2019 (COVID-19) pada Kamis (16/4/2020) tercatat dua warga Manokwari dan satu warga Kabupaten Teluk Bintuni dinyatakan postif virus corona, sehingga provinsi Papua Barat hingga Kamis mala ini lima orang postif, dua sebelumnya dari Kota Sorong .

‘’Perkembangan situasi hari ini untuk positif Papua Barat bertambah tiga orang, dua (2) orang dari Manokwari dan satu (1) orang dari Kabupaten Teluk Bintuni, tiga-tiganya berjenis kelamin laki-laki yang Manokwari berusia 30 dan 45 tahun kemudian yang Bintuni laki-laki berusia 37 tahun jadi bertambah dengan sebelumnya dua orang di Sorong jadi total Papua Barat yang positif setelah terkonfirmasi sampai hari ini menjadi lima orang,’’ jelas Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Papua Barat, dr Arnoldus Tiniap kepada wartawan, kamis (16/4/2020) malam di Sekretariat Bersama Gugus Tugas COVID-19 Papua Barat, Swiss Belhotel Manokwari.

Menurut jubir COVID-19 Papua Barat, ketiga orang tersebut memiliki riwayat baru perjalanan dari daerah di luar Papua Barat. dari hasil pemeriksaan rapied tes sebelumnya ketiganya postif corona kemudian hasil dari pengambilan swab yang di kirim ke Balai Besar Kesehatan (BBK) Makassar  ketiganya positif corona.

Untuk Papua Barat dari 12 kabupaten dan satu Kota saat ini sudah tiga daerah yang positif corona yaitu Kota Sorong Kabupaten Manokwari dan Kabupaten Teluk Bintuni, ketiganya masuk dalam grafis merah.

‘’Dari hasil pemeriksaan specimen yang kita kirim ke Makassar hari Sabtu (11/4/2020), kemudian tadi (hari ini, Kamis 18/4/2020) kita baru dapat hasilnya, ini memang lebih cepat dari yang sebelumnya kita kirim ke Jakarta yang  cukup lama. Jadi hasilnya terhitung sampai hari ini lima, kita kirim 25 spesimen kemudian sudah diperiksa ada 11 sudah dikirim kembali ke 11 ini tiga orang positif, tuju orang negative  jadi masih ada 14 spesimen lagi yang kita tunggu, mungkin dalam beberapa hari ke depan kita akan dapat hasilnya,’’ ujar Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Papua Barat.

Dokter Arnold mengatakan penambahan satu dari Kabupaten Teluk Bintuni ini pasien baru, bukan yang sebelumnya ke Makassar , yang ke Makassar beberapa minggu lalu itu masuk dalam daftar Gugus Tugas Kota Makassar, sedangkan yang hari ini data baru warga dari Kabupaten Bintuni.

Data Gugus Tugas COVID – 19 Papua barat terbaru di Papua barat sampai Kamis untuk Orang Tanpa Gejala (OTG)  tambahan hari ini adalah enam (6) orang jadi totalnya 101 orang,  yang masih dalam pemantauan 30 orang yang selesai pemantauan 71 orang.

Orang Dalam Pemantauan (ODP) tambahan hari ini 21 orang,  jadi total 613 orang,  masih dalam pemantauan 188,  selesai pemantauan 425 orang.

Kemudian Pasien Dalam Pengawasan (PDP) penambahan 1 orang,  total 28 orang masih dalam pengawasan 12 orang, selesai pengawasan 12 orang.

‘’Dengan bertambah tiga orang positif hari ini menunjukkan bahwa ancaman virus ini benar-benar ada di sekitar kita, mari kita sungguh-sungguh melakukan upaya-upaya pencegahan seperti pakai masker saat keluar rumah atau berinteraksi dengan orang lain, jaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan jaga jarak serta kurangi aktivitas di luar rumah,’’ pesan juru bicara.

Lanjut juru bicara, ketiga orang positif corona karena mereka status orang tanpa gejala jadi belum dilakukan isolasi pada hari-hari sebelumnya, dan hasil positif baru diterima pada Kamis hari ini.(tam)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf Tidak Bisa Dicopy !!