Papua Barat

“UNIPA, Ibu Kandung Alumni: Bersama, Bersatu, Kita Kuat dan Menang

107
×

“UNIPA, Ibu Kandung Alumni: Bersama, Bersatu, Kita Kuat dan Menang

Sebarkan artikel ini

Sekjend DPP-IKA Unipa, Yohanes Ada’ Lebang. PAPUADALAMBERITA. FOTO: ISTIMEWA

PAPUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI – Universitas Papua merupakan “rumah besar” kita bersama dan merupakan “ibu kandung akedemik” dari berbagai persoalan dan tantangan menuju akreditas institusi, sehingga menjadi tanggungjawab alumni dan civitas akademika untuk bersama, bersatu, kita kuat dan kita menang.

Rektor Unipa dan para Wakil Rektor diantaranya : Wakil Rektor I: Dr. Sepus M. Fatem, S.Hut., M.Sc; Wakil Rektor III: Dr. Keliopas Krey, S.Pd, M.Si; Wakil Rektor IV: Dr. Ir. Irnanda AF. Djunna, M.Sc;     serta Sekretaris Jendral Dewan Pengurus Pusat (DPP) Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Unipa: Yohanes Ada’ Lebang, SP. M.Si beserta Rombongan menyempatkan diri bertemu alumni di Provinsi Papua setelah menyelesaikan agenda diantaranya bertemu Pemerintah Kabupaten Keerom dalam rangka Penandatanganan Nota Kesepahaman bersama tentang kerjasama bidang pendidikan,  penelitian, pengabdian kepada masyarakat.  Sserta pembangunan Sumber Daya Manusia, Kamis (20/5/2021).

Koordinator Wilayah Papua, DPP-IKA Unipa, Tulus Sianipar, dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang dan terimakasih kepada Rektor Unipa dan jajarannya yang telah menfasilitasi terlaksananya pertemuan bersama alumni di Provinsi Papua khususnya di Kota Jayapura.

Perlu diketahui, bahwa beberapa kepengurusan di Kabupatendan kota di Provinsi Papua sudah siap, diantanya Kabupaten Merauke dan Timika serta Kabupaten lainnya yang dalam persiapan serta koordinasi.

Untuk  Jayapura yang dibentuk dalam wilayah adat seperti kepengurusan Mamta    , sehingga ketua dari kabupaten yang memiliki adat yang sama dan dalam kondisi kewilayahan maupun jumlah alumni yang sedikit kepegurusannya dapat digabungkan dalam satu wadah yang sama.

“Kabupaten lain yang sudah siap dan telah membentuk kepengurusannya akan lebih mudah lagi dalam melegalkan dan meresmikan sehingga koordinasi dan komunikasi terus akan dibangun, sedangkan kepengurusannya dengan konsep struktur wilayah adat seperti di Kabupaten Jayapura dengan kepengurusan DPC-IKA UNIPA Mamta ini juga diharapkan dapat diselesaikan dalam waktu dekat sebelum berakhirnya kepengurusan DPP-IKA Unipa,” imbuh Tulus Sianipar.

Rektor Unipa Dr. Meky Sagrim, SP.M.Si, mengatakan, bahwa ketika dirinya mencalonkan diri sebagai Rektor, ada banyak persoalan yang harus dikerjakan dan harus dikerjakan secara bersama sama terutama bersama alumni, salah satunya adalah akreditasi institusi yang selama berdiri sejak tahun 2000 belum terakreditasi dari 53 program studi  pada 13 fakultas (termasuk Pascasarjana), termasuk bagaimana mendorong Unipa menuju Badan Layanan Umum (BLU).

Dengan adanya komitmen penyelenggaraan Unipa dibawah kepemimpinan Rektor Meky Sagrim, dalam melakukan “Restorasi dan Transformasi” secara menyeluruh, sebagai upaya komitmen untuk ibu kandung, komitmen untuk alumni dan komitmen untuk semua mahasiswa yang sedang melakukan studi.

“Dengan adanya otonomi khusus, saat ini Unipa terus berupaya menjadikan Unipa sebagai Badan Layanan Umum (BLU) dan melakukan reformasi kelembagaan, sarana/prasarana/sertifikasi laboratorium, kemasiswaan, internet,  tanah unipa, kesejahteraan, keamanan kampus dan perpustakaan, sehingga akreditasi institusi tidak bisa dilaksanakan tanpa dukungan dari para alumni, ini menjadi tanggungjawab bersama-sama seperti adanya dokumen penyusunan akreditasi, bahan dari kegiatan alumni yang diinput dalam Sistem akreditasi perguruan tinggi secara online(SAPTO), ” harap Rektor Unipa.

Untuk itu, mari kita bangkit bersama, kita satukan kekuatan sama seperti kampus-kampus lain di Indonesia maupun di luar negeri, hal yang sama harus kita lakukan untuk Unipa.

Tantangan ini tidak mungkin dikerjakan sendiri tanpa dukungan dari para alumni secara keseluruhan, baik seperti para Alumni Unipa yang telah sukses di Pemerintahan maupun legislative, pengusaha dan sebagainya, diantaranya:

Bupati Teluk Bintuni: Ir. Petrus Kasihiw, MT, yang juga sebagai Ketua Umum DPP-IKA Unipa; Bupati Keerom:  Piter Gusbager, S.Hut., M.UP;  Bupati Teluk Wondama: Ir. Hendrik S. Mambor, MM;   Bupati Manokwari Selatan: Markus Waran, ST., M.Si;  Wakil Bupati Manokwari Selatan: Wempi W. Rengkung, SE., M.Si; Sekda Kabupaten Maybrat: Jhoni Way, S.Hut.,M.Si; Sekda Kabupaten Sorong Selatan,: Dance Nauw, SP., M.Si; Sekda  Kabupaten Tambrauw:  Engelbertus Kocu, S.Hut., MM;  DPR Papua: Bambang Supriyadi; DPR Papua Barat: Roberth Manibuy; DPRD Kabupaten Manokwari: Aloysius Siep; sedangkan alumni pengusaha/Swasta, diantaranya: Tulus Sianipar, Dipo Wibowo,  Anike Fonataba, Recky Arjon, Irma Sarungallo, Ferdinando Sineri, Tri Hadi Wibowo. Sedangkan, seperti mantan Wakil Bupati Fak-Fak:  Ir. Abraham Sopaheluwakan, M.Si dan Mantan Ketua DPRD Kabupaten  Manokwari: Dedy S. May, S.Hut., MM;   maupun pimpinan OPD tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Rektor Unipa, Sekjend DPP-IKA Unipa, Yohanes Ada’ Lebang dan keluarga alumni. PAPUADALAMBERITA. FOTO: ISTIMEWA

“Semua dari amban (SDA), saya pikir semangat ini yang perlu kita pegang untuk kemudian membangun komitmen, bangun kebersamaan untuk bagaimana mewujudkan Unipa ini menjadi universitas yang berdaya saing” lanjut Rektor Unipa.

Salah satu alumni, angkatan tahun 1983, Marten Kayoi, mengatakan bahwa kerinduan kita bersama itu  adalah bagaimana kita “bersama, bersatu, kita kuat dan kita menang” dalam segala hal, yang perlu diintegrasikan dengan pengurus saat ini yang masih kurang dalam konsultasi internal sehingga semua dapat dikooordinasikan hingga tingkat Korwil maupun Kabupaten-Kota, agar semua kerinduan kita bersama-sama tersebut dapat menjadi nyata dan berjalan lancar sesuai tujuan kita bersama-sama dalam mendukung almamater tercinta.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Rektor I, Dr. Sepus M. Fatem, S.Hut, M.Sc mengajak seluruh alumni untuk bersama sama berpartisipasi dan memeriahkan Expo Pendidikan dan Festival Seni Budaya Melanesia pada Dies Natalis Unipa ke -22, bulan November tahun 2022 yang direncanakan bersamaan dengan Musyawarah Besar (MUBES ) III  DPP IKA Unipa, yang merupakan semarak tersendiri untuk masyarakat di Tanah Papua.

Sementara itu, Wakil Rektor III, Dr. Keliopas Krey, S.Pd, M.Si, mengakui bahwa selamai ini alumni belum diakomodir dalam pembahasan program kampus. Namun dengan Rektor saat ini, alumni sudah menjadi pembahasan dan diberi ruang dalam membesarkan dan menggerakkan alumni hingga penganggaran kegiatan alumni. “Upaya alumni dalam menggerakkan sentra akedemik menjadi tanggungjawab besar, alumni menjadi indicator kinerja utama kementerian hingga sampai jurusan dan indicator ini berada pada urutan nomor satu. Dengan demikian, dengan memberikan ruang kepada alumni untuk masuk ke kampus terkait apa yang bisa di kontribusi oleh kedua belah pihak dalam memperkuat “Capacity building” dari mahasiswa kita saat ini” Jelas Krey.

Sedangkan menjadi harapan dan pesan Wakil Rektor IV: Dr. Ir. Irnanda AF. Djunna, M.Sc, adalah bagaimana alumni unipa dimanapun berada dapat menyampaikan kepada berbagai pihak, agar UNIPA menjadi salah satu pilihan pertama dan utama  tempat studi bagi adik-adik yang mau melanjutkan studi serta alumni yang masih aktif dan memiliki wadah untuk PKL (Praktek Kerja Lapangan) atau Magang, agar dapat dilakukan kerjasama dalam mendukung merdeka belajar kampus merdeka (MBKM).

Sekjend DPP-IKA Unipa, Yohanes Ada’ Lebang,  mengatakan bahwa Program kerja utama diantaranya:  pelantikan pengurus di Tingkat Kabupaten /Kota, masih belum terlaksana; pendataan data base alumni melalui aplikasi,  https://s.id/IKAUNIPA, masih belum maksimal partisipasi alumni;  termasuk iuran wajib alumni setiap tahun sebesar Rp. 250.000,- / tahun melalui, Rekening BRI. No. 035301002122300; serta pembangunan Auditorium alumni di Kampus Unipa, melalui Donasi bersama pada Rekening Donasi Pembangunan Auditorium Alumni Unipa, Bank BNI. No. 0806356167.

Rektor Unipa, Sekjend DPP-IKA Unipa, Yohanes Ada’ Lebang dan keluarga alumni. PAPUADALAMBERITA. FOTO: ISTIMEWA

Serta, pelaksanaan kegiatan di bidang juga diakui masih belum maksimal, sehingga diharapkan dimasa kepemimpinan Ketua Umum Ir. Petrus kasihiw, MT, semua yang direncanakan dapat dimaksimalkan hingga akhir kepengurusan di tahun 2022.

Semua masukan dan saran pendapat yang disampaikan saat kunjungan kerja Rektor Unipa dalam rangka Revitalisasi Ikatan Keluarga Alumni Unipa saat bertemu Ketua Umum DPP IKA-Unipa di Bintuni dan pertemuan bersama alumni di Kota Jayapura, akan di komunikasikan bersama Ketua Umum dan Penguruss DPP-IKA Unipa, termasuk rencana pelaksanaan Rapat Kerja (RAKER) diakhir tahun 2021 di Kota Sorong serta Rencana Pelaksanaan Musyawarah Besar (MUBES) ke-3 di Kabupaten Manokwari pada Bulan November 2022 bersamaan dengan Eaxpo Pendidikan dan Dies natalis Unipa ke-22.

“pelantikan pengurus DPC-IKA UNIPA Kabupaten Teluk Bintuni pada tanggal 29 Mei 2021 mendatang, merupakan momentum dari bagaimana menggerakkan dan menyatukan kekuatan dan potensi yang dimiliki alumni disetiap daerah untuk melakukan hal yang sama atas kecintaan kita terhadap almamater, demi kejayaan Unipa di atas Tanah Papua dan tanah Air Indonesia. Oleh sebab itu, Ilmu Untuk Kemanusiaan Sebagai Kekuatan Dari Alumni Dalam Mewujudkan Kecintaan dan Citra Kampus dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat di Tanah Papua agar menjadi komitmen bersama alumni, Salam Almamater,” harap Lebang.(tam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *