Papua Barat

Visitasi Akreditasi SMAIT INSAN MULIA Manokwari Menuju Visi Religius dan Cerdas

74
×

Visitasi Akreditasi SMAIT INSAN MULIA Manokwari Menuju Visi Religius dan Cerdas

Sebarkan artikel ini

Kepala Sekolah beserta guru dan staf SMA IT Insan Mulia Manokwari yang sedang melakukan visitasi akreditasi.PAPUADALAMBERITA. FOTO: ISTIMEWA

PAPUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI – Dua hari berturut-turut (3-4 /8/2021) Badan Akreditasi Nasional Papua Barat melaksanakan visitasi akrediatasi SMAIT Insan Mulia Manokwari dengan melakukan wawancara dan mengkonfirmasi setiap butir-butir dalam SISPENA(Sistem Informasi Penilaian Akreditasi) maupun DIA(Daftar Isian Akreditasi) dalam akreditasi yang dilaksanakan secara daring serta dihadiri oleh kedua asessor yang ditunjuk oleh BAN, Kepala Sekolah beserta Wakasek , perwakilan orang tua murid/komite, dewan guru, perwakilan siswa serta ketua panitia yang ditunjuk oleh Yayasan Lentera Hati Manokwari. Yayasan Lentera Hati  sebagai lembaga resmi yang menaungi sekolah Islam Terpadu Insan Mulia di Kabupaten Manokwari.

Wawancara yang dilakukan oleh kedua assesor dengan mengkonfirmasi kurang lebih 35 butir pertanyaan dengan berbagai macam turunannya, mampu dijawab dengan baik oleh tim akreditasi SMAIT Insan Mulia, dimana hampir seluruhnya telah dilaksanakan oleh sekolah dan telah diterapkan secara berkelanjutan.

Acara visitasi akreditasi yang berlangsung hingga siang tadi, cukup mendapat respon positif dari semua pihak dan tidak adanya rekomendasi khusus dalam kesimpulan pelaksanaan akreditasi tersebut. Asesor menilai sistem pembelajaran maupun ketersediaan sarana prasarana yang menunjang sudah sangat baik dan perlu untuk terus mempertahankan bahkan meningkatkan keunggulan-keunggulan yang telah dimiliki. Pada kesempatan ini pula, motivasi dari salah satu assesor agar siswa/I SMAIT Insan Mulia dapat mengikuti perlombaan hingga tingkat Internasional, mengingat beberapa prestasi yang telah diraih oleh SMAIT sudah sampai pada tahap Nasional, dimana ada siswa yang telah berhasil mewakili Provinsi Papua Barat pada tingkat Nasional dalam Kompetensi Matematika. Selain itu beberapa siswa lainnya juga meraih banyak prestasi-prestasi gemilang ketika pembelajaran daring ini. Dalam bidang religi yang sesuai visi SMAIT, perlombaan yang pernah diikuti oleh siswa yaitu meraih juara hifzil Quran 5juz, hal tersebut sangat membanggakan bagi SMAIT karena merupakan salah satu sekolah baru yang ada di Provinsi Papua Barat khususnya di Kabupaten Manokwari, yang telah berkontribusi memberikan prestasi-prestasi dalam bidang pendidikan, sehingga kedepannya diharapkan SMAIT merupakan salah satu sekolah yang diperhitungkan dalam pencapaian prestasi dalam bidang pendidikan serta membawa nama baik Provinsi Papua Barat dimata Nasional bahkan Internasional.

Disamping itu, semua lulusan SMAIT berhasil lolos ke Perguruan Tinggi  baik Negri/Swasta di Papua Barat maupun di luar Papua Barat bahkan di Timur Tengah, hal tersebut menggambarkan kualitas lulusan SMAIT dapat diperhitungkan dan diterima oleh Perguruan Tinggi Negri maupun Swasta, terkonfirmasi diantaranya salah satu siswI atas nama Sumayyah Najibah diterima di STIE SEBI Depok dengan mendapatkan beasiswa pendidikan, selain itu beberapa lulusan juga lolos di Universitas Negri Papua bahkan Universitas Muhammadiyah Jakarta. Hal ini tentunya merupakan kebahagiaan bagi SMAIT karena dapat mengantarkan siswa/Inya ke jenjang yang lebih tinggi dan mampu bersaing dengan lulusan sekolah lain.

Pada akreditasi kali ini, Ibu Aida, SE selaku salah satu dewan guru yang juga merupakan guru penggerak angkatan 2 di Kabupaten Manokwari berharap dengan adanya visitasi akreditasi semoga semakin mempermudah SMAIT dalam pencapaian visi yaitu Religius dan Cerdas serta mampu menjadi  sekolah bergengsi yang dapat diperhitungkan dalam pendidikan sekolah menengah atas yang menghadirkan nuansa religius serta menghasilkan prestasi-prestasi gemilang dalam dunia pendidikan.

Pada penutupan akreditasi hari ini, segenap dewan guru maupun pihak yang terlibat dalam tim akreditasi SMAIT, optimis akan mendapatkan hasil yang terbaik yakni predikat A (Unggul) walaupun baru pertama kali melaksanakan akreditasi dan baru sekali meluluskan siswanya.(tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *