Wakil Presiden RI Prof DR (HC) KH Ma’ruf Amin bersama Gubernur Papua Barat Drs Dominggus Mandacan MSI saat konferensi pers bersama wartawan di Gedung... Wapres Harap Percepatan Pembangunan Turunkan Kemiskinan dan Sejahterakan Papua Barat

Wakil Presiden RI Prof DR (HC) KH Ma’ruf Amin bersama Gubernur Papua Barat Drs Dominggus Mandacan MSI saat konferensi pers bersama wartawan di Gedung PKK Papua Barat, Kamis (14/10/2021). PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

Wakil Presiden RI Prof DR (HC) KH Ma’ruf Amin bersama Gubernur Papua Barat Drs Dominggus Mandacan MSI seusai konferensi pers bersama wartawan di Gedung PKK Papua Barat, Kamis (14/10/2021). PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

PAPUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI – Wakil Presiden RI Prof DR (HC) KH Ma’ruf Amin bersama sejumlah menteri hadir di Manokwari membahas terkait percepatan pembangunan Papua yang mensejahterakan warga dan turunkan kemiskinan ekstrim Papua Barat, hal itu disampaikan wakil presiden saat konferenci pers kepada wartawan seusai rapat koordinasi dengan pemerintah daerah Papua Barat, Kamis (14/10/2021) di Gedung PKK Papua Barat.

‘’Pada hari ini kami dan rombongan Menkopolhukam,  Menteri Dalam Negeri,  menteri Bappenas Menteri Tenaga Kerja,  menteri kelautan UMKM sama Gubernur Ada beberapa masalah yang kami bicarakan, dialog dengan tokoh masyarakat,  tokoh agama,  tokoh adat,  tokoh pendidikan, tokoh  perempuan dan tokoh pemuda,’’ ujar Wakil Presiden kepada wartawan  di Gedung PKK Papua Barat.

Wapres mengatakan pembicaraan pertama adalah menyangkut masalah percepatan pembangunan di Papua,  baik melalui Inpres nomor  9 tahun 2020,  juga undang-undang Nomor 22 Otsus,  membicarakan berbagai rencana langkah-langkah yang kita tuangkan nanti dalam rencana induk percepatan pembangunan di Papua.

‘’Yang tentu jadi acuan, nantinya akan seperti apa pembangunan supaya cepat dan akan kita lakukan pengawasan secara intensif  dan pembinaan  supaya sasarannya betul-betul cepat,  jadi masukan-masukan ini kita jadikan bahan yang lengkap,’’ kata Wapres.

‘’Tentu kita harapkan dukungan dari semua stakeholder di Papua Barat, baik pemerintahan daerah, tokoh-tokoh adat,  tokoh-tokoh pendidikan,  tokoh-tokoh agama,  tokoh perempuan,  maupun tokoh pemuda,’’ sambung Ma’ruf Amin.

Lanjut KH Ma’ruf Amin bahwa hal yang kedua adalah kita melakukan percepatan pembangunan,  yaitu penanggulangan kemiskinan ekstrim di Papua Barat, yang ditargetkan tahun 2021 ada lima kabupaten kota, tidak berarti kemudian sudah tidak ada kemiskinan.

‘’Sisanya, kemiskinan biasa kita selesaikan yaitu sampai dengan 2024 itu terjadi penurunan seluruh kemiskinan secara nasional mencapai 10% lebih,  kita akan turunkan sampai 8%,  di Papua Barat ini sekarang 21%,’’ tambah Ma’ruf Amin.

Lanjut Ma’ruf Amin, bahwa jadi ini bagian dari upaya mensejahterakan, mengangkat dan memperkecil orang-orang miskin,  baik yang ekstrim maupun yang miskin biasa,  itu yang saya dapat saya sampaikan hari ini, makasih ya,’’ tutup Wapres.

Wakil Presiden RI Prof DR (HC) KH Ma’ruf Amin bersama Gubernur Papua Barat Drs Dominggus Mandacan MSI sejumlah menteri saat konferensi pers bersama wartawan di Gedung PKK Papua Barat, Kamis (14/10/2021). PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

Dalam kunjungan dua hari di Manokwari, Wapres didampingi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mohammad Mahfud MD, Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, serta Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong.

Hadir dalam Rakor kali ini, Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan, didampingi Ketua Majelis Rakyat Papua Maxsi Nelson Ahoren, DPRD Provinsi Papua Barat dan sejumlah bupati di Papua Barat.(tam)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *