OlahragaPapua Barat

Atlet Papua Barat Jalani Tes Fisik dan VO2 Max Menuju PON XXI 2024

400
×

Atlet Papua Barat Jalani Tes Fisik dan VO2 Max Menuju PON XXI 2024

Sebarkan artikel ini
Atlet Puslatda Papua Barat yang akan mengikuti PON XXI di Aceh dan Sumut melakukan tes fisik dan tes VO2 Max di lapangan olahraga Kodim Manokwari, Rabu (6/3/2024). FOTO: RUSTAM MADUBUN.

PAPUADALAMBERITA.COM.MANOKWARI – Atlet Papua Barat jalani tes fisik di Pusat Latihan Daerah (Pustlada) pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh -dan Sumatera Utara 2024.

Rangkaian dari tes fisik sebagai tes dasar adalah pengukuran VO2 Max untuk mengetahui volume maksimal oksigen yang diproses tubuh seorang atlet sebelum dan saat melakukan aktivitas olahraga.

Tes kesehatan dan tes VO2 Max untuk atlet PON Papua Barat selama dua hari.

Pada tes hari pertama yang digelar di Lapangan Olahraga Kodim Manokwari diikuti atlet Papua Barat dari tujuh cabang olahraga, yaitu  cabang olahraga dayung, futsal, bersepda, angkat berat, angkat besi, ju-jitsu, dan cabang olahraga menembak.

‘’Ini sesuai jadwal awal Puslatda, ada berapa kegiatan yang dilakukan setelah pencanangan dan ini kegiatan awal kita yang terakhir,’’ jelas Ketua Satgas Puslatda Papua Barat, Adolfina Oray kepada wartawan di lapangan Kodim Manokwari, Rabu (6/3/2024) pagi.

Ia mengatakan, tes pengukuran dan kapasitas fisik yang bertujuan untuk mengetahui kondisi atlet, terutama bukan fisiknya saja kardiovaskulernya, jantung paru-paru siap untuk masuk dalam tahapan program latihan.

Antrian atlet Puslatda Papua Barat yang akan mengikuti PON XXI di Aceh dan Sumut melakukan tes fisik dan tes VO2 Max di lapangan olahraga Kodim Manokwari, Rabu (6/3/2024). FOTO: RUSTAM MADUBUN.

‘’Saat ini kita berada di fase umum, fase umum itu berarti peningkatan dari kapasitas fisik, latihan fisik yang ditingkatkan oleh para pelatih dari 25 cabor ini,’’ sebut Ketua Satgas Puslatda Papua Barat, PON XXI Aceh dan Sumut 2024.

‘’Supaya nanti tidak terjadi sesuatu, terhadap terkait dengan kondisi atlet pada saat dia latihan tes ini harus dilakukan,’’ sambung Ketua Satgas Pelatda.

Ia mengatakan, dari 14 cabang olahraga, pada tes peningkatan fisik dan tes VO2 Max diikuti atlet dari tujuh cabang olahraga.

Hari ini ada 14 cabor kita di Papua di Manokwari ada 14 kapur hari ini ada 7 cabang olahraga untuk ikut tes ini dan atlet dari tujuh cabang olahraga akan melakukan tes yang sama pada Kamis (7/3/2024).(rustam madubun)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf Tidak Bisa Dicopy !!