Papua Barat

Bandara Siboru Fakfak Melayani Penerbangan ke Enam Daerah, Salah Satunya Dobo Maluku

356
×

Bandara Siboru Fakfak Melayani Penerbangan ke Enam Daerah, Salah Satunya Dobo Maluku

Sebarkan artikel ini
Bandara Siboru
Terminal Bandara Siboru Fakfak - Papua Barat. Kamis (25/1/2024). FOTO : RICO LET's. PAPUADALAMBERITA.COM.

PAPUADALAMBERITA.COM. FAKFAK – Bandara Siboru yang merupakan salah satu proyek strategis nasional di Fakfak  – Papua Barat yang mana telah diresmikan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada 23 November 2023, dipastikan akan dioperasikan hari   ini (Kamis 25/1/2024).

Dengan pengoperasian Bandara baru di Siboru Distrik Wertutin, maka Bandara Torea Fakfak yang terletak di Distrik Pariwari – Fakfak Papua Barat dan telah beroperasi selama 49 tahun (sejak 1995) di tutup.

Bandara Siboru dengan panjang 1.600 meter lebar 30 meter dengan ditunjang terminal yang megah bermotif “satu tungku tiga” sebagai cermin toleransi umat beragama di Fakfak dan  bermotif “rumah kaki seribu” (rumah kaki seribu adalah rumah adat asli dari penduduk suku Arfak yang menetap di Kabupaten Manokwari, Papua Barat) sebagai simbol kekompakan ini akan melayani penerbangan ke Enam Daerah.

Kepala UPBU Torea Fakfak, Agung Trilaksana, yang dihubungi papuadalamberita.com. mengatakan, Bandara Siboru yang akan dioperasikan Kamis besok (25 Desember 2024) dan  akan melayani penerbangan pulang pergi (PP)  Fakfak – Sorong, Fakfak – Babo di Teluk Bintuni, Fakfak – Bintuni, Fakfak – Kaimana dan Timika serta penerbangan Fakfak – Dobo Kepulauan Aru – Fakfak.

Untuk melayani penerbangan ke enam daerah tersebut, menurutnya, akan dilayani dengan 3 maskapai penerbangan diantaranya, Wings Air, Susi Air dan Asia One. Untuk penerbangan Wings Air dengan tujuan Bandara Siboru ke Bandara DEO Sorong dalam sehari dilayani 2 kali penerbangan.

Kepala UPBU Torea Fakfak, Agung Trilaksana. Kamis (25/1/2023). FOTO : ISTIMEWA. PAPUADALAMBERITA.COM.

Sementara untuk penerbangan Susi Air dari Bandara Siboru Fakfak ke Babo dalam seminggu 2 kali penerbangana, Bandara Siboru ke Bintuni juga 2 kali dan penerbangan ke Dobo Maluku dalam seminggu 2 kali penerbangan.

Selain itu untuk penerbangan Asia One dari Bandara Siboru ke Bandara Utarum Kaimana dan Bandara Moses Kilangin Timika dalam seminggu 2 kali penerbangan, jelas Kepala UPBU Torea Fakfak,  Agung Trilaksana.

Agung Trilaksana juga mengatakan, selain melayani penerbangan dari Bandara Siboru Fakfak – Papua Barat ke 6 Daerah tersebut, kedepan akan dibuka pelayanan penerbangan dari Fakfak ke Amahai dan ke Kabupaten Maluku Tenggara.

“Untuk pelayanan penerbangan rute perintis dari Bandara Siboru Fakfak ke dua Kabupaten di Maluku yakni ke Amahai Maluku Tengah dan ke Maluku Tenggara sementara masih menunggu proses tender,” ucap Kepala UPBU Torea Fakfak Agung Trilaksana melalui kontak WhatsAap, Selasa (23/1/2023).

Dikatakan, untuk pengoperasian Bandara Siboru pada Kamis besok seluruh sistem pengoperasian sudah siap untuk dioperasikan termasuk tower pemantau sisi udara yang digunakan airnav sementara menggunakan watch room di gedung PKP – PK, mengingat bangunan tower pemantau sisi udara Bandara hingga saat ini belum tersedia.(RL 07)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf Tidak Bisa Dicopy !!