VIDEO: Sanggar I One Production tampil dengan batik Papua Barat, motof Senja di Kaimana, Kamis (24/11/2021) pada acara temu responden dan Pertemuan Tahunan Bank... Batik Senja Kaimana Curi Perhatian Peserta Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2021

VIDEO: Sanggar I One Production tampil dengan batik Papua Barat, motof Senja di Kaimana, Kamis (24/11/2021) pada acara temu responden dan Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2021, Rabu (24/11/2021) di Hotel Aston Manokwari, Papua Barat. PAPUADALAMBERITA. VIDEO: RUSTAM MADUBUN

Ketua Bhayangkari Daerah Polda Papua Barat, Ny Martha Tornagogo Sihombing melihat batik Papua Barat, motof Senja di Kaimana, Kamis (24/11/2021) pada Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2021, Rabu (24/11/2021) di Hotel Aston Manokwari, Papua Barat. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

PAPUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI – Saatnya  batik Papua Barat melnggang ke dunia Internasional, batik khas Papua Barat harus lebih dikenal. Tidak saja corak, motivnya yang unik, tetapi banyakknya khas daerah Papua Barat membuat batik di Papua Barat lebih beragam.

Batik khas Papua Barat memang hangat, seperti filisofi batik yaitu: kekeluargaan, kebersamaan, sekaligus identitas anak negeri, Papua Barat  dan Indonesia dapat diwujudkan melalui simbol dari motif ataupun warnanya dengan ciri khas daerah yang berbeda-beda.

Ketika Bank Indonesia Perwakilan Papua Barat menghelat temu responden dan Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2021 yang mengusung tema Bersinergi Membangun Optimisme Pemulihan Ekonomi, menampilkan anak-anak asli Papua Barat dengan batik khas Papua Papua Barat khas Kabupaten Kaimana para tamu memandang kekagumannya, termasuk Wakil Gubernur Papua Barat, Mohamad Lakotani SH, MSI serta istri, Istri Kapolda Papua Barat, Pimpinan Perwakilan Bank Indonesia Perwakilan Papua Barat, Rut W Eka Trisilowati.

Sanggar I One Production  Manokwari yang tampil dengan batik Papua Barat, motif Senja di Kaimana, Kamis (24/11/2021) pada Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2021, Rabu (24/11/2021) di Hotel Aston Manokwari, Papua Barat. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

Lengang lengko remaja beraparas cantik dan ganteng dari Sanggar I One Production  Manokwari tidak hanya modis, tetapi mereka mengsung thema senja di Kemana, batik tulis yang dibuat pengrajin berpengalaman dengan bahan kain katun nan indah dan elegan bertekstur bahan dingin dan lembut sehingga cocok dipakai untuk acara formal maupun informal.

Batik yang sempat dipajang Bank Indonesia Papua Barat pada acara itu  mencuri hati Istri dari Kapolda Papua Barat, yang juga Ketua Bhayangkari Daerah Polda Ppua Barat, Ny Martha Tornagogo Sihombing.

Sebelum meninggalkan ruang Ia melihat pameran mini itu dan kepincut dengan batik khas Kabupaten Kaimana dan berdialog dengan pengrajin.

Sanggar I One Production  Manokwari tampil dengan batik Papua Barat, motif Kaimana, Kamis (24/11/2021) pada Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2021, Rabu (24/11/2021) di Hotel Aston Manokwari, Papua Barat. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

Kabupaten Kaimana memiliki tujuh wilayah adat memiliki motif batik berbeda-beda, kini ada 20 motif batik khas Kaimana yang didapat didapat dari tangan-tangan trampil seniman asal Kaimana.

Motif batik Kaimana diambil dari pesona alam, rumah adat, lukisan batu yang ada di Kabupaten Kaimana. Ada tiga motif batik Kaimana yang sudah dicetak dan ditetapkan pemerintah daerah kabupaten Kaimana, motif batik kemana sudah paten, mendapatkan hak cipta dari Kementerian Hukum dan HAM RI.

Semoga Batik Senja di Kaimana tidak dikenal lebih luas di Indonesia, tetapi dapat menjadi busana bagi pemerintah daerah Kaimana sebagai seragama dinas diwaktu-waktu tertentu.(tam)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *