PAPUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI – Kepala Staf Angkatan Darat(KSAD) JenderalTNI Dudung Abdurachman mengatakan, Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang kini masih berkelana di hutam-hutan Papua bukan musuh... KSAD Jenderal Dudung: KKB Papua Bukan Musuh, TNI Harus Cinta Rakyat Papua

PAPUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI – Kepala Staf Angkatan Darat(KSAD) JenderalTNI Dudung Abdurachman mengatakan, Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang kini masih berkelana di hutam-hutan Papua bukan musuh bangsa Indonesia, hanya KKB itu belum paham tentang NKRI.

‘’Saya tekankan kepada seluruh anggota (TNI) yang akan melaksanakan tugas, bahwa KKB itu bukan musuh kita, itu saudara-saudara kita yang belum paham tentang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) oleh karenanya jangan sedikitpun kalian berpikir untuk kucilkan mereka,’’ kata KSAD yang ditemui wartawan, Kamis (25/11/2021) di Kodam XVIII/Kasuari pagi.

KSAD yang didampinggi Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, SE, MTR (HAN) mengatakan rangkulah KKB, libatkan dalam berbagai kegiatan positif, berikan pemahaman tentang pembangunan di Papua.

‘’Rangkulah mereka dengan kegiatan-kegiatan,  dan memberikan pemahaman mari kita bersama membangun Papua,  Saya sampaikan juga cintai rakyat Papua,  sayangi rakyat Papua,  karena kalau sudah terwujud kecintaan dan rasa kasih sayang,  maka pembangunan berjalan sedemikian rupa,’’ ujar jenderal bintang ini.

Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa dan KSAD Jenderal Dudung Abdurachman di Kodam XVIII/Kasuari, Kamis (25/11/2021). PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

Mantan Pangkostrad ini mengatakan,  bahwa Presiden Republik Indonesia sangat konsentrasi kepada Papua untuk pembangunan, seperti Papua menjadi tuan rumah PON XX 2021.

‘’Itu karena memang ini (Papua) wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang harus kita pertahankan,  membangkitkan lagi semangat kebangsaan, dan kecintaan kepada bangsa dan negaranya,  oleh karenanya TNI Angkatan Darat harus tampil sebagai garda terdepan untuk mendukung kebijakan pusat dan kebijakan bapak presiden kita dalam rangka menumbuhkan rasa kebangsaan dan cinta tanah air,’’ tegas Dudung.

‘’Hari ini saya melihat di Kodam Kasuari konsep dari Pangdamnya luar biasa. Bagaimana prajurit-prajurit yang akan masuk ke pelosok-pelosok yang akan menyentuh masyarakat dibekali dengan kemampuan pertanian, kemampuan peternakan sehingga masyarakat tidak kesulitan,’’ ujasebut KSAD memuji cara Pangdam Kasuari.

‘’Saya katakan TNI harus hadir di tengah-tengah kesulitan rakyat apapun bentuk,  TNI harus hadir, TNI harus mengabdi kepada masyarakat,  jangan sampai mereka ada kesulitan,  jangan sampai mereka ada kekurangan,” sebut Dudung Badurachman.

Tetapi menurutnya, berikan rasa aman melalui kesejahteraan, timbulkan juga kebahagiaan bagi masyarakat.

Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa dan KSAD Jenderal Dudung Abdurachman meninjau kebun kasuari di Kodam XVIII/Kasuari, Kamis (25/11/2021). PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

”Saya katakan kalau rakyat Papua mencintai TNI Angkatan Darat,  kamu *(TNI, red) harus lebih mencintai rakyat Papua,’’ tambah jenderal bintang empat ini.

Ia mengatakan,  sejak menjabat sebagai KSAD memang sudah berniat mengunjunggi Papua dan Papua Barat.

Terutama yang saya kunjungi adalah daerah-daerah terpencil,  daerah-daerah yang ada melaksanakan tugas operasi Saya ingin melihat sejauh mana kesiapan prajurit saya,’’ ujarnya(tam)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *