fbpx
Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw (kiri) dan Kepala BNN Papua Jackson A Lapalonga. FOTO: Antara Papua/Alfian Rumagit) PAPUADALAMBERITA.COM. JAYAPURA- Kepala BNN Papua Jackson... BNN Papua: 80 Persen Ganja yang Beredar di Papua Berasal dari PNG

Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw (kiri) dan Kepala BNN Papua Jackson A Lapalonga. FOTO: Antara Papua/Alfian Rumagit)

PAPUADALAMBERITA.COM. JAYAPURA- Kepala BNN Papua Jackson Lapalonga mengaku, 80 persen ganja yang beredar di beberapa wilayah Papua berasal dari Papua Nugini (PNG) dan sisanya dari daerah perbatasan kedua negara.

Memang benar 80 persen ganja yang beredar berasal dari PNG, kata Lapalonga kepada Antara di Jayapura, Jumat.

Dikatakan, selain itu juga ditemukan ladang ganja yang ditanam di daerah abu-abu atau perbatasan RI-PNG dan lokasinya cukup sulit dijangkau dan bibitnya berasal dari PNG.

Untuk mengantisipasi makin meluasnya peredaran ganja butuh sinergitas dengan semua pihak termasuk TNI-Polri sehingga wilayah perbatasan tidak lagi menjadi lahan bagi tanaman dan tempat masuknya ganja.

Masyarakat juga diminta aktif melaporkan bila mengetahui adanya ladang atau peredaran ganja di sekitar wilayahnya sehingga aparat keamanan bisa segera menanganinya.

Tanpa peran serta masyarakat dalam membantu dengan memberikan informasi terkait keberadaan ladang ganja atau peredarannya maka aparat keamanan pasti mengalami kesulitan untuk mengungkapnya, jelas Jackson Lapalonga.

Diakui, wilayah perbatasan RI-PNG yang rawan penanaman ganja selain Kabupaten Keerom juga Pegunungan Bintang dan Boven Digul serta Kota Jayapura.

“Mudah-mudahan dengan bantuan berbagai pihak dapat mempersempit ruang gerak pemasok ganja serta menemukan ladang ganja yang kemudian tanamannya dimusnahkan, ” harap Jackson Lapalonga.(ant)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf Tidak Bisa Dicopy !!