Post Views: 72  Wakil Presiden Ma’ruf Amin saat meresmikan fasilitas Foodcourt UMKM yang dibangun Pemkab Kaimana di kawasan Taman Jokowi-Iriana, Kaimana, Papua Barat. PAPUADALAMBERITA.... Bupati Freddy: Foodcourt UMKM Jadi Pusat Kuliner Khas Kaimana

 Wakil Presiden Ma’ruf Amin saat meresmikan fasilitas Foodcourt UMKM yang dibangun Pemkab Kaimana di kawasan Taman Jokowi-Iriana, Kaimana, Papua Barat. PAPUADALAMBERITA. FOTO: ANTARA/HO-TIM MEDIA BUPATI KAIMANA.

PAPUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI – Bupati Kabupaten Kaimana, Provinsi Papua Barat Freddy Thie menyebut fasilitas Foodcourt UMKM yang berada di kawasan Taman Jokowi-Iriana dihadirkan sebagai pusat kuliner khas Kaimana.

“Fasilitas Foodcourt yang kami sediakan untuk pelaku UMKM memang dirancang sebagai salah satu pusat wisata kuliner khas Kaimana. Jadi, para tamu yang datang dari luar Kaimana bisa mendapatkan oleh-oleh khas Kaimana di tempat itu. Ada beberapa lokasi lain juga akan kami bangun untuk menyediakan oleh-oleh khas Kaimana,” kata Freddy yang dihubungi dari Manokwari, Sabtu.

Fasilitas Foodcourt di kawasan Taman Jokowi-Iriana Kaimana itu diresmikan oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin di sela-sela kunjungan kerjanya ke Kaimana pada Kamis (1/12).

Saat meresmikan fasilitas publik itu, Ma’ruf Amin berharap tempat tersebut menjadi pusat pertumbuhan ekonomi kerakyatan di Kabupaten Kaimana.

Bupati Freddy mengaku sangat bersyukur daerahnya dikunjungi Wapres Ma’ruf Amin bersama isteri Ny Wury Ma’ruf Amin beserta rombongan dalam kunjungan kerja ke sejumlah daerah di Tanah Papua.

Kaimana juga sebelumnya dikunjungi oleh Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Nu Iriana Joko Widodo pada 2019.

Menurut Bupati Freddy, warga Kaimana menyambut antusias kehadiran orang nomor dua RI itu dan berharap ke depan Kabupaten Kaimana terus mendapatkan perhatian dari Pemerintah Pusat agar tingkat kesejahteraan masyarakat di wilayah itu semakin lebih baik.

Khusus menyangkut fasilitas Foodcourt UMKM Kaimana itu, Freddy mengatakan kawasan itu juga bisa dijadikan arena bagi kalangan muda Kaimana untuk dapat mengekspresikan bakat seni dan budaya yang mereka miliki.

“Kami punya perhatian juga untuk membuka ruang bagi anak-anak muda Kaimana, karena itu tempat ini juga ke depan akan menjadi ruang ekspresi, kolaborasi bagi mereka,” jelasnya.

Pemkab Kaimana telah menyerahkan draf rencana induk pengembangan pariwisata berkelanjutan kepada Wapres Ma’ruf Amin.

Rencana induk pengembangan pariwisata Kaimana disusun bersama tim ahli dari Universitas Udayana Bali.

Di bawah kepemimpinan Bupati Freddy Thie dan Wakil Bupati Hasbulla Furuada, Kabupaten Kaimana yang dilantik pada April 2021 menetapkan visi menjadikan daerah itu sebagai daerah pariwisata di Papua Barat.

Kaimana memiliki sejumlah potensi wisata terkenal yang bisa menarik minat para wisatawan dalam dan luar negeri seperti destinasi wisata Teluk Triton yang sangat indah pemandangan bawah laut dan gugusan pulau karangnya, dan tidak kalah menarik dari Raja Ampat.

Selain itu wisata sejarah berupa Lukisan Telapak Tangan sepanjang 1 kilometer yang tergambar di dinding karang atau biasa disebut Tebing Maimai pada ketinggian 10 meter dari permukaan laut.

Belum lagi panorama alam nan indah saat matahari tenggelam di ufuk barat atau yang terkenal dengan sebutan ‘senja Kaimana’ membuat Kaimana menjadi salah satu tempat favorit yang layak untuk dikunjungi wisatawan.(antara)
Pewarta : Evarianus Supar
Editor : Biqwanto Situmoran
g

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf Tidak Bisa Dicopy !!