Papua Barat

Catatan Kapolri Soal Layanan SIM Online, Polisi Lalu Lintas Harus Ketahui Ini

75
×

Catatan Kapolri Soal Layanan SIM Online, Polisi Lalu Lintas Harus Ketahui Ini

Sebarkan artikel ini

Kapolri Jenderal Drs Listyo Sigir Prabowo, MSI saat peresmian ETLE Nasional Tahap II yang ditayang secara virtual, Sabtu (26/3/2022). PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

PAPUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI – Kapolri Jenderal Drs Listyo Sigit Prabowo, MSi  meresmikan penerapan tilang elektronik atau Elektronic Traffic law enforcement (ETLE) nasional tahap dua (II) secara virtual dari Hotel Wyndham, Embong Kaliasin, Kota Surabaya, Jawa Timur, pada Sabtu (26/3/2022).

Baca juga: Kapolri Harapkan ETLE Diperluas Perilaku Berkemudi Makin Membaik

Peresmian secara virtual juga diikuti Kapolda Papua Barat, Irjen Pol Doktor Tornagogo Sihombing SIK, MSI, perwakilan Kodam XVIII Kasuari, Asisten II Setda Papua Barat, Wadir Lantas Polda Papua Barat, Kapolres Manokwari, Pimpinan BRI Manokwari, Kepala PT Pos Indonesia Manokwari, PT Jasa Raharja Manokwari dari Gedung  RTMC Polda Papua Barat di Manokwari.

Kapolri menegaskan selain ETLE yang teringrasi dari sejumlah Polda ada program unggulan lalu lintas yang cukup dikenal yaitu pelayanan SIM online.

‘’Ini Tentunya menjadi fokus kita bagaimana kemudian pelayanan  terkait dengan SIM online dan terus kita perluas,’’ ujar Kapolri.

Mantan Kabareskrim Polri ini mengatakan, jika dilihat kepuasan kinerja Polda jajaran dalam melayani SIM online delivery service system angka-angkanya menjadi catatan Polri.

‘’Tentunya bagaimana kemudian kita meningkatkan tingkat kepuasan masyarakat terhadap apa yang sudah kita lakukan, ini tentunya menjadi perhatian saya untuk kedepan semakin baik,’’ ujar Kapolri mengingatkan peserta Rakerins Lalu Lintas.

Menurut Kapolri dengan analisa dan evaluasi (Anev) program Sinar dan signal program itu sinergitasnya dengan stakholder lain dan tidak hanya cukup sampai di situ, tetapi bagaimana bisa terintegrasi dalam program tersebut dengan Kementerian, lembaga dan  pemerintah daerah.

‘’Terkait dengan pelayanan Sinar ini saya lihat yang menggunakan Sinar  masih tiga persen (3%) sementara sisanya 97% persen datang langsung, ini tolong diperbaiki,  tentunya terus di sosialisasi diperkenalkan kepada masyarakat,’’ tegas jenderal bintang ini.

Kaposko ETLE Nasional Polda Papua Barat yang juga Kasat Lantas Polres Manokwari IPTU Subhan S Ohoimas, SH di ruang RTMC Polda Papua Barat memberikaan laporan langsung secara vidrtual kepada Kapolri terkait kesiapan Polda Papua Barat menerapkan tilang elektronik, Sabtu (26/3/2022). PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

‘’Kedepan harapan Kita, tentunya yang menggunakan aplikasi angkanya lebih besar dari pada datang langsung,  kecuali yang datang langsung harus melaksanakan ujian praktek,’’ ujar mengingatkan para Direktur lalulintas.

Kata Kapolri, yang sifatnya perpanjangan kemudian bisa dilayani di gerai-gerai itu jauh akan lebih baik. Tapi tolong evaluasi ini, kemudian dilihat apa yang menjadi penyebab.

‘’Saya tidak mau kemudian yang menjadi penyebab lebih besar karena kita tidak mau lepas dari zona nyaman,  itu saya minta dievaluasi,’’ tutusebut Kapolri.

‘’Karena program kita bagaimana kemudian pelayanan publik bisa berjalan baik,  memangkas birokrasi, apalagi dalam situasi pandemi COVID – 19, tentunya ke depan kita bisa memanfaatkan teknologi untuk kemudian dengan pengembangan teknologi ini memudahkan masyarakat bisa mendapatkan pelayanan, jadi mohon dievaluasi,’’ tambah Kapolri tegas.(tam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf Tidak Bisa Dicopy !!