fbpx
Bakal Paslon Bupati dan Wakil Bupati Independent di Pilkada Fakfak 2020, Ch. Sulaiman Uswanas – Hermanus Kerryanto. FOTO : RICO LET’s./papuadalamberita.com.  Bakal Paslon Bupati... Di Fakfak, Marak  Bakal Paslon Independent Siap Maju di Pilkada 2020, Mungkinkah Lolos Verifikasi Faktual ?

Bakal Paslon Bupati dan Wakil Bupati Independent di Pilkada Fakfak 2020, Ch. Sulaiman Uswanas – Hermanus Kerryanto. FOTO : RICO LET’s./papuadalamberita.com. 

Bakal Paslon Bupati dan Wakil Bupati Independent di Pilkada Fakfak 2020, Untung Tamsil – Yohana Dina Hindom. FOTO : Istimewa./papuadalamberita.com. 

PAPUADALAMBERITA.COM. FAKFAK – Jelang pesta demokradsi perebutan kursi eman Bupati Fakfak yang kian dekat, suhu Politik mulai meningkat dengen munculnya figur – figur bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati.

Dari konstalasi Politik di Fakfak, terlihat maraknya para figur bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Fakfak 2020 yang mimilih menempuh jalur independent atau perseorangan, bakal paslon Bupati dan Wakil Bupati yang menyisir dukungan KTP yakni pasangan Untung Tamsil – Yohana Dina Hindom dengan slogan UTA_YOH, pasangan Ch. Sulaiman Uswanas – Hermanus Kerryanto dengan slogan “SUCI”, pasangan Abdulrahim Fatamasya – Jemy Liusanda dan bakal calon Bupati Donatus Nimbitkendik yang kini masih finalisasi bakal calon Wakilnya.

Dengan demikian, dengan munculnya nama – nama figur bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Fakfak yang mencuat dan sebagian pasangan telah mendeklarasikan diri mereka maju di Pilkada sebanyak 4 figur pasangan yang mengambil jalur independent bertarung di Pilkada 2020.

4 bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Fakfak kini sedang berjuang mengumpulkan dukungan KPT perpasangan sebanyak 5.179 dari jumlah pemilih pada pemilu terakhir di Fakfak sebanyak 51.758.

Untuk mendapatkan dukungan KTP sebanyak  5.179 dengan penyebaran di 9 Distrik dari 17 distrik di Kabupaten Fakfak, para bakal calon Bupati dan Wakil Bupati harus bekerja keras agar dapat lolos verifikasi faktual yang nantinya di lakuan KPU Fakfak.

Bakal Paslon Bupati dan Wakil Bupati Independent di Pilkada Fakfak 2020, Abdulrahim Fatamsyah – Jimy Liunsanda. FOTO : Istimewa./papuadalamberita.com. 

Dengan banyaknya jumlah figur kandidat yang memilih jalur independent di Pilkada Fakfak 2020, mampu kah 4 figur kandidat bakal paslon Bupati dan wakil Bupati mendapatkan dukungan KTP pemilik hak suara sebanyak itu ?

Beberapa pasangan calon yang tidak perlu disebutkan jati dirinya, kepada papuadalamberita.com. mengakui mengalami kesulitan untuk mendapatkan dukungan KTP masyarakat yang mempunyai hak memilih,  apalagi dengan larangan bagi ASN untuk memberikan dukungan KTP nya.

Sehingga dengan adanya larangan bagi ASN untuk memberikan dukungan KTP semakin memperkecil perolehan dukungan KTP, disisilain kendala yang ditemui dilapangan ada masyarakat yang sudah mempunytai pilihan lain termasuk masyarakat yang tidak memberikan KTP nya sebagai syarat dukungan untuk calon perseorangan.

Walaupun berbagai kesulitan yang dihadapai bakal pasalon independent di Fakfak, namun salah satu paslon Independent mengklaim telah mengantongi 10 ribu dukungan KTP dan optimis akan lolos dalam verifikasi faktual yang akan dilaksanakan KPU Fakfak dalam waktu.

Bakal paslon Bupati dan Wakil Bupati Fakfak, Untung Tamsil – Yohana Dina Hindom yang tampil dengan slogan UTA_YOH, mengklaim telah mengantongi 10 ribu dukungan KTP yang menyebar di 17 Distrik sehingga pasangan ini optimis masuk dalam bursa pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Fakfak 2020.

Sementara itu, beberapa masyarakat dan juga beberapa Politisi di Fakfak, meragukan dukungan KTP dengan banyaknya calon Independent yang akan maju di Pilkada Fakfak 2020, karena menurut mereka semakin banyak calon Independent akan terjadi dobel dukungan KTP.

“Kalau terjadi banyaknya bakal calon Independent yang maju di Pilkada Fakfak dengan melihat jumlah DPT yang hanya sebanyak 5.759 dan 1 bakal paslon harus mencari 5.179 dukungan KTP maka ada kemungkinan terjadinya dukungan ganda dalam1 KTP”, tutur Saleh Signun Anggota DPRD Provinsi Papua Barat kepada media ini.

Wakil Ketua DPD. Golkar Papua Barat, Amin Ngabalin, Bakal Calon Bupati Fakfak 2020 Yang Telah Mendaftar di Golkar. FOTO : Istimewa./papuadalamberita.com.

Hal senada juga dipertegas Wakil Ketua DPD. Golkar Papua Barat, Amin Ngabalin, yang meragukan bakal paslon Bupati dan Wakil Bupati jalur Independent dapat lolos di tahapan verifikasi faktual dengan alasan semakin banyak calon independent akan mterjadi dukungan KTP yang sama terhadap beberapa bakal calon.

Selain 4 calon Independent yang memastikan akan maju di Pilkada Fakfak, ada juga beberapa bakal calon yang mengejar dukungan Partai Politik, Bakal Paslon yang memastrikan maju di Pilkada Fakfak dengan mengambil jalur dukungan Partai Politik, adalah pasangan Samaun Dahlan dan Cliford Hendrik Ndandaramana yang tampil dengan slogan “SADAR”, pasangan H. Chairuddin Pawiloy Namudad – Said Hindom, pasangan Inya Bay – Zulhaidah Kalsum Rengen dan bakal calon Bupati Amin Ngabalin yang kini sedang survey bakal calon Wakil Bupati nya.

Dari 3 bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Fakfak yang akan maju di Pilkada 2020, pasangan Samaun Dahlan – Cliforfd H. Ndandaramana memastikan akan mendapatkan dukungan Partai Politik dan sudah ada beberapa Parpol yang mempunyai kursi di DPRD Fakfak sudah menberikan jaminan untuk mengusung  pasangan yang akrab dengan slogan “SADAR”.

Bakal Calon Bupati Fakfak dan Wakil Bupati Fakfak 2020 Jalur Dukungan Parpol, Samaun Dahlan – Cliford H. Ndandarmana. FOTO : RICO LET’s./papuadalamberita.com 

Sementara pasangan Chairuddin Pawiloy Namudad – Said Hindom, juga mengklaim sudah mendapat sinyal dukungan dari 2 |Partai Politik yang memiliki kursi di DPRD Fakfak, sedang Amin Ngabalin mengklaim Golkar yang meimiliki 4 kursi di DPRD Fakfak akan mengusungnya di Pilkada Fakfak.

Untuk pasangan Inya Bay dan Zulhaidah Kalsum Rengen, kini masih berjuang untuk mendapatkan rekomendasi Partai Politik yang akan mengusung mereka di Pilkada Fakfak tahun 2020 mendatang.

Dari sekian banyak figur bakal pasangan calon Independen maupun bakal calon yang mengejar rekoemnadasi Parpol di Pilkada Fakfak tahun 2020, siapa kah yang berpeluang untuk lolos verifikasi dengan dukungan KTP pemilih Fakfak sebanyak 5.179 dan siapakah figur bakal calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan direkomendasikan Partai Politik ? Tentunya siapa yang berpeluang sebagai calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Fakfak 2020 di Pilkada 2020, merekah merupakan figur – figur terbaik harapan masyarakat untuk memimpin Fakfak 5 tahun kedepan,(RL 07)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf Tidak Bisa Dicopy !!