Sprort Center Universitas Papua, Amban Manokwari. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN Gubernur Papua Barat dan Bupati Manokwari, Kamis (2/12/2021) di Sprort Center Universitas Papua, Amban... Dibangun PUPR, Gubernur dan Bupati Tinjau Sport Center Unipa, Icon Baru Kota Manokwari

Sprort Center Universitas Papua, Amban Manokwari. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

Gubernur Papua Barat dan Bupati Manokwari, Kamis (2/12/2021) di Sprort Center Universitas Papua, Amban Manokwari. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

PAPUADALMBERITA.COM. MANOKWARI – Sport Center Universitas Papua akan menjadi satu ikon kota Manokwari, masih dalam tahapan finising saja sudah menarik perhatian warga sekitar untuk berolahragadan berkunjung.

Sport Center Universitas Papua ini cikal bakal menjadi ikon baru di kota Manokwari, dintinjau Gubernur Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan, Bupati Manokwari Hermus Indou, didampingi Kepala PUPR Papua Barat dan Kepala Balai Prasaran dan Permukima PUPR Papua Barat, Kamis (2/12/2021).

Baca juga: Ziarah dan Penghijauan Tandai Peringatan Hari PUPR, Ini Pesan Gubernur Papua Barat

Berada pada area milik Universitas Papua di Amban Manokwari. Lokasi dapat diakses hanya 15 menit perjalanan dari Bandar Udara Rendani. Luas kawasan yang di ditata dan dibangun di atas tanah seluar tujuh hektar.

‘Kami dari Kementerian PUPR Prasarana Permukiman Wilayah Papua Barat mendapat penugasan dari bapak Presiden melalui nomor Inpres Nomor 43 tentang pembangunan sarana prasarana di Papua Barat,’’ ujar Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Papua Barat, Marsudi., ST, SE, MM yang ditemui wartawan, Kamis (2/12/2021) di Sport Center Unipa, Amban, Manokwari.

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Papua Barat, Marsudi., ST, SE, MM ditemui wartawan, Kamis (2/12/2021) di Sprort Center Universitas Papua, Amban Manokwari. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

‘’Untuk Papua Barat kita membangun mulai tahun 2019 – tahun 2021 dan dilanjutkan dengan pemeliharaan dan finising. Alhamdulillah kita bersyukur fasilitas yang ditunggu-tunggu generasi muda Papua Barat untuk meningkatkan prestasi olahraga dan  kemampuan sumber daya manusia (SDM),’’ kata Marsudi.

Marsudi mengatakan, fasilitas yang dibangun cukup lengkap, luas lahan digunakan tuju hektar dan pemiliknya adalah  Universitas Papua, PUPR membangun infrastrukturnya.

Fasilitas olahraga di sport center adalah lapangan sepak bola berstandar nasional, lintasan atletik , loncat  jauh, loncat jauh,  lempar lembing,  tolak peluru, lintasan track atletik yang mendapat sertifikasi dari IAAF berstandar internasiolan, misalkan satu saat fasilitas ini digunakan event  tertentu dan memecah rekor dunia akan diakui standar internasional.

Kepala Dinas PUPR Papua Barat, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Papua Barat, Gubernur Papua Barat, Bupati Manokwari dan Rektor Universita Papua, Kamis (2/12/2021) di Sprort Center Universitas Papua, Amban Manokwari. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

Sport center yang pembangunannya dalam tiga tahun penganggaran dengan alokasi anggaran Rp125 Miliar.

‘’Spot olahraga yaitu,  dua lapangan basket, dua lapangan voli, dua lapangan tenis, ada landscape get bola, lapangan softball, dan ada kewirausahaan,  dan landscape ini akan menjadi tujuan destinasi dan kebanggan di Manokwari,’’ tambahnya.

Juga dilengkapi dengan area parkir,  toilet, fasilitas ibadah untuk mushola, wi-fi yang bisa digunakan untuk masyarakat. Masyarakat sangat antusias menyambut, belum selesai pun dari pagi, sore sudah menggunakan fasilitas ini untuk olahraga, jogging track, lari.

‘’Harapan Kementerian PUPR kawasan yang dikelola Unipa secara professional supaya aset yang terbangun itu fungsional jangan terbengkalai dan kurang terawat. Mari kita jaga lingkungan, kita rawat baik, saya berpesan kepada generasi muda mari kita memiliki rasa peduli, dan memiliki,’’ psan Marsudi.

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Papua Barat, Gubernur Papua Barat dan Bupati Manokwari, Kamis (2/12/2021) di Sprort Center Universitas Papua, Amban Manokwari. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

Lanjutnya, bahwa snak-anak muda SD, SMP sampai perguruan tinggi dapat memanfaatkan sport cente ini untuk meningkatkan prestasi olahraga di Papua Barat,  mari sama-sama gunakan fasilitas dengan baik.

Sport center ini dikerjakan mulai tahun 2019 hingga 2021, kini tinggal menyelasikan finishing, karena banyak pernak-pernik, untuk peresmian PUPR menunggu petunjuk pimpinan apakah oleh presiden, wakil presiden atau menteri.

‘’Harapan kami pak presiden, mudah-mudahan bersamaan ada acara di bulan Februari di Mansinam. Siapa tau bersamaan, maka teman-teman menyiapkan sebaik-baiknya.(tam)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *