fbpx
PAPUADALAMBERITA.COM. FAKFAK – Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Fakfak Papua Barat bekerja sama dengan Mahasiswa KKN Unipa Manokwari melaksanakan pelatihan pengolahan telur ikan terbang... Dinas KP Fakfak Latih Masyarakat Pesisir Olah Telur Ikan Terbang
Masyarakat pesisir yg ikut pelatihan pengolahan telur ikan terbang, Rabu (24/7/2019). FOTO: RICO LET”s/papuadalamberita.com

PAPUADALAMBERITA.COM. FAKFAK – Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Fakfak Papua Barat bekerja sama dengan Mahasiswa KKN Unipa Manokwari melaksanakan pelatihan pengolahan telur ikan terbang kepada masyarakat pesisir di Kabupaten Fakfak, dengan menggandeng USAID.

Peserta pelatihan diikuti 50 warga pesisir dengan jumlah 80 persen masyarakat lokal dan 20 persenen non lokal.

Bupati Fakfak yang diwakili Asisten Bidang Pembangunan dan Ekonomi, Charles Kambu, S.Sos, M.Si, ketika membuka pelatihan di TPI Fakfak Papua Barat mengatakan, pelatihan dimaksudkan agar kedepan masyarakat akan mampu untuk pengolahan telur ikan terbang di Fakfak.

‘’Sehingga hasil tangkapan telur ikan terbang yang selama ini dikirim ke Sulawesi Selatan kedepan tidak lagi dikirim untuk diolah di Makasar Sulawesi Selatan tetapi pengolahannya sudah dapat dilakukan masyarakat Fakfak untuk dieksport ke negara – negara penerima,’ tegas Charles Kambu, S.Sos, M.Si.

“Dengan pelatihan pengolahan telur ikan kepada masyarakat yang dilaksanakan secara bertahap kedepan diharapkan hasil telur ikan asal Fakfak tidak lagi di kirim ke Masyarakat tetapi sudah dpat diolah dan dikirim ke beberapa negara tujuan,” tuturnya.

Plt Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Fakfak, Papua Barat, Untung Tamsil, S.Sos, M.Si, mengatakan, pelatihan pengolahan telur ikan terbang kepada masyarakat dengan maksud untuk memberdayakan masyarakat pesisir di Kabupaten Fakfak.

“Masyarakat lokal dan sebagian masyarakat non lokal di dorong untuk memberdayakan masyarakat ini untuk dapat lakukan pengolahan telur ikan terbang di Fakfak,” tutur Untung Tamsil.

Peralatan yang digunakan dalam pelatihan ini kata Untung Tamsil, menggunakan alat yang disiapkan dari Mahasiswa Unipa sehingga alat ini akan menjadi model untuk melanjutkan kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam pengolahan telur ikan terbang di Fakfak.(RL 07)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf Tidak Bisa Dicopy !!