Papua Barat

Dominggus Mandacan Dinobatkan Sebagai Bapak Pembangunan oleh Organisasi Keagamaan dan Kemasyarakatan

172
×

Dominggus Mandacan Dinobatkan Sebagai Bapak Pembangunan oleh Organisasi Keagamaan dan Kemasyarakatan

Sebarkan artikel ini

Drs Dominggus Mandacan diberikan bahkota dan dinobatkan sebagai Bapak Pembangunan, Senin (31/5/2021). PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

Ketua MUI Papua Barat, H Ahmad Nausrau, SPDI, MM dinobatkan memberi sambutan saat Drs Dominggus Mandacan dinobatkan Bapak Pembangunan, Senin (31/5/2021). PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

Ketua DPR Papua Barat, Gubernur Papua Barat, Sekda Papua Barat saaat penobatan Dominggus Mandacan sebagai Bapak Pembangunan, Senin (31/5/2021). PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

PAPUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI – Gubernur Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan dinobatkan sebagai Bapak Pembangunan Papua Barat, oleh organisasi keagamaan dan sosial kemasyarakatan, Senin (31/5/2021) di Manokwari.

Penobatan diberikan organisasi keagamaan dan organisasi sosial kemasyarakatan karena dinilai sebagai sosok inspiratif dan dapat menjadi panutan bagi tokoh di Papua Barat dalam membangun Papua Barat.

Pemberian gelar tersebut juga bagian dari bentuk apresiasi tokoh-tokoh agama, tokoh tokoh nusantara dan kemasyarakatn sosial di Papua Barat kepada sosok Drs Dominggus Mandacan secara pribadi dan selaku pimpinan daerah di Papua Barat yang mampu menjaga toleransi umat beragama, menjaga lingkungan hidup dan menjaga kedamaiaan di Provinsi Papua Barat.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Papua Barat, H Ahmad Nausrau, Spdi, MM dalalam sambutannya mengatakan, provinsi Papua Barat yang dipimpin oleh Drs Mandacan selaku gubernur juga telah  memperoleh sejumlah penghargaan.

‘’Papua Barat dibawa kepemimpinan orang tua kita Bapak Drs Dominggus Mandacan selaku Gubernur Papua Barat telah memperoleh berbagai penghargaan,  bukan hanya pada tingkat nasional tetapi di level internasional,’’ sebut Ketua MUI Papua Barat.

Ketua MUI menjabarkan, semisal pada tahun 2019 Gubernur Papua Barat diundang secara khusus ke Los Angeles Amerika Serikat untuk menerima penghargaan sebagai pahlawan konservasi global,  dan itu diberikan lembaga lingkungan hidup internasional karena Gubernur Papua Barat menjaga kelestarian lingkungan dengan pembangunan yang berkelanjutan di Provinsi Papua.

‘’Karena itu Provinsi Papua Barat sampai hari ini mendapatkan gelar sebagai satu-satunya provinsi konservasi di Indonesia. Tidak hanya,  itu bapak gubernur kita Dominggus Mandacan juga berhasil membawa Papua Barat sebagai daerah dengan tingkat kerukunan dan toleransi terbaik di Indonesia,’’ ujar Ahmad Nausrau yang memperoleh tepukan tangan meriah dari  undangan.

‘’Bahkan dua kali penghargaan itu diperoleh, di tahun 2017 ketika ada pesta demokrasi pemilihan gubernur dan sejumlah kepala daerah di kabupaten dan kota,  Papua Barat di diberikan predikat sebagai daerah dengan rawa konflik nomor satu di Indonesia, tetapi dengan kepemimpinan beliau,  dengan sifat beliau sebagai orang tua berhasil membawa Provinsi Papua Barat keluar dari stigma negative,  bahkan kita mendapatkan penghargaan sebagai daerah dengan predikat dengan tingkat kerukunan terbaik di Indonesia,’’ jelas Ahmad Nausrauw lagi.

Lanjut Ketua MUI, kemudian pada tahun 2019 ketika pemilihan presiden Papua Barat memperoleh predikat yang sama sebagai daerah yang tingkat kerawanan konflik tertinggal,  tetapi stigma negatif itu bisa kita eleminir karena di bawah kepemimpinan gubernur,  bahkan kita mendapat penghargaan sebagai daerah dengan tingkat kerukunan terbaik di Indonesia.

‘’Masih ada sejumlah penghargaan-penghargaan yang lainnya,  ketika kita Papua Barat dilanda pandemi COVID – 19 dimana perekonomian stagnan,  di Papua Barat di bawah kepemimpinan yang terkasih Bapak Drs Dominggus Mandacan memberikan perhatian yang sungguh-sungguh Kepada masyarakat Papua Barat,’’ ungkap Keua MUI.

‘’Seperti program-program yang diberikan baik uang tunai,  bantuan bahan pokok,  kemudian juga bantuan bagi mereka yang terkena dampak PHK, karena itu kemudian BPJS juga memberikan penghargaan kepada pemerintah Provinsi Papua Barat,’’ sambung Nausrau.

Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan dinobatkan sebagai Bapak Pembangunan, Senin (31/5/2021). PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

‘’Aartinya ini menunjukkan bahwa penghargaan yang diberikan kepada Gubernur Papua Barat sebagai Bapak Pembangunan adalah sangat tepat terkhusus saya sebagai ketua MUI Papua Barat sebagai salah satu tokoh agama merasakan betul bagaimana kebijakan beliau,  bagaimana kepedulian beliau terhadap pembangunan khusus dibidang keagamaan, perhatian yang luar biasa dan itu sudah kita rasakan bersama-sama,’’ tambanya

Ketua MUI menambahkan, bahwa dana hibah yang digulirkan kepada organisasi keagamaan dan organisasi kemasyarakat hampir lebih dari Rp300 miliar perhatian serius gubernur dalam bidang keagamaan ini berbeda dengan perhatian kepala daerah lain di Indonesia.

‘’Saya dan Bapak Mohamad Lakotani, SH, MSI sejak kami dilantik 12 Mei 2017 di Istana Presiden sebagai gubernur Papua Barat dan wakil gubernur Papua Barat kami punya komitmen tekad untuk melanjutkan apa yang sudah diletakkan Bapak Abraham Atururi (almarhum) sebagai gubernur Papua Barat pada waktu itu,  apa yang beliau sudah letakkan kami terima, dan kita akan lanjutkan dan tingkatkan sesuai dengan perkembangan dan situasi saat ini, sudah empat tahun kita kerja, tinggal 11 bulan lagi masa jabatan akan berakhir.  Tetapi saya yakin dan percaya dan Imani umat pasti mendukung dengan doa,’’ ujar Gubernur Papua Barat Drs Dominggus Mandacan setelah menerima penobatan itu.

‘’Saya ucapkan terima kasih atas komitmen-komitmen,  pernyataan yang sudah disampaikan tadi Tuhan pasti dengar,  saya percaya dan imani,  pada kesempatan ini saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada PLT Biro Kesra dan pimpinan OPD terkait dan semua lembaga keagamaan dan lembaga sosial kemasyarakatan yang tadi sudah memberikan penghargaan dan menobatkan dan juga mendukung sebagai Bapak Pembangunan khususnya keagamaan di Papua Barat,’’ ujar Dominggus Mandacan haru.

‘’Saya waktu ke sini tidak tahu ada acara tambahan,  pokoknya datang buka sosialisasi saja dan menyampaikan sambutan, staf saya akan memberikan sosialisasi terkait dengan bantuan bantuan hibah sosial kemasyarakatan dan keagamaan,’’ tambah Dominggus Mandacan.

Menurut gubernur tetapi ternyata begitu masuk,  spontanitas yang tadi muncul mewakili lembaga keagamaan juga mewakili lembaga kemasyarakatan adat ada  semuanya.

‘’Saya ini orang yang biasanya cuma kerja, tidak pernah berpikir bahwa satu saat mendapat jabatan ini jabatan itu dan sebagainya,’’ ucap gubernur.

‘’Kita waktu diangkat sebagai ASN, calon pegawai negeri sipil sebelumnya kita waktu tes dan bisa jadi pegawai kita juga buat pernyataan,  pernyataan siap ditempatkan di seluruh Indonesia demikian juga di Papua di tanah Papua siap ditempatkan dimana saja,’’ kata Mandacan.

Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan, Ketua DPR Papua Barat, Sekda Papua Barat serta tokoh keagamaan saat penobatan Dominggus Mandacan sebagai Bapak Pembangunan, Senin (31/5/2021). PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

Kata Dominggus pada awalnya Ia ditugaskan di Kabupaten Serui dan bekerja tidak pernah berpikir suatu saat bisa jadi kepala kasubag pemerintahan desa  yang kerjanya itu datang ke desa-desa kampung-kampung menyapa masyarakat, duduk dengan masyarakat, bicara dengan masyarakat, tidur dengan masyarakat.

‘’Di situ kita bisa mengetahui apa yang menjadi harapan,  masukan,  saran untuk kemajuan suatu kampung ataupun distrik seperti itu. Kemudian uga dikasih kepercayaan menjadi Camat, kerja kita yaitu,  dari kampung ke kampong, tinggal dengan masyarakat, kita bisa tahu hati masyarakat dan itu menjadi program kerja.

Menurut Dominggus kemudian Ia dipercaya akan menjadi bupati Manokwari yang mempunyai kewenangan besar lagi,  kewenangan bisa menjawab harapan masyarakat.

‘’ Jadi saya cuma kerja, kerja saja, tidak pernah berpikir yang lain,’’ tambah Dominggus Mandacan.(tam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *