Gubernur Papua Barat Ketika Diwawancara Saat Akan Meninggalkan Bandara Torea Fakfak. Rabu 16 Juni 2021. FOTO : Istimewa./PAPUADALAMBERITA.COM.  Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan (Kiri)... Gubernur Papua Barat, Bupati Fakfak dan Wakil Ketua MRPB Dukung Pembangunan Smelter dan Pabrik Pupuk di Fakfak

Gubernur Papua Barat Ketika Diwawancara Saat Akan Meninggalkan Bandara Torea Fakfak. Rabu 16 Juni 2021. FOTO : Istimewa./PAPUADALAMBERITA.COM. 

Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan (Kiri) dan Bupati Fakfak Untung Tamsil, S.Sos, M.Si. Rabu 16 Juni 2021. FOTO : RICO LET’s./PAPUADALAMBERITA.COM.

PAPUADALAMBERITA.COM. FAKFAK – Rencana Pemerintah RI untuk  pembangunan smelter di Fakfak Papua Barat akan segera terwujud, pasalnya guna menunjang pekerjaan proyek peleburan tembaga itu, beberapa waktu lalu sudah mulai dilakukan survey awal untuk melihat lokasi yang akan digunakan.

Untuk pembangunan proyek peleburan tembaga (Smelter) di Fakfak yang direncabakan akan dibangun di wilayah Distrik Karas Fakfak Papua Barat, Kementrian Investasi RI menggandeng China ENFI Engineering Corporation (ENFI) yang akan menggelontorkan investasi sebesar USD 2,3 miliar.

Terkait dengan rencana Pemerintah RI untuk membangunan proyek peleburan tembaga (Smelter) di Fakfak yang berlokasi di Distrik Karas, Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, yang dimintai tanggapannya saat akan meninggalkan VIP Room terminal keberangkatan Bandara Torea, mengatakan, sangat mendukung proyek pembangunan semlter di Fakfak.

“Pemerintah Provinsi Papua Barat sangat mendukung pembangunan smelter di Fakfak”, tegas Gubernur Dominggus Mandacan ketika diwawancarai papuadalamberita.com. saat akan meninggalkan Bandara Torea Fakfak untuk kembali ke ibu kota Provinsi Papua Barat di Manokwari.

Menurutnya, pembangunan smelter harus di dukung Pemerintah Provinsi karena bila nanti proyek peleburan tembaga ini berjalan tentunya berdampak positif untuk kemajuan daerah dan dapat mengatasi persoalan ketenaga kerjaan bahkan perekonomian daerah akan naik.

“Mendukung proyek pembangunan smelter di Fakfak Papua Barat karena proyek ini akan menyerap tenaga kerja yang begitu banyak termasuk berdampak pada perekonomian daerah”, tutur Dominggus Mandacan orang nomor satu di Provinsi Papua Barat ketika didampingi Bupati Fakfak Untung Tamsil, saat wawancara door stop yang dilakukan papuadalamberita.com.

Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan (Kanan) dan Bupati Fakfak Untung Tamsil, S.Sos, M.Si, Bersama Rombongan Saat Akan Berangkat Kembali Ke Manokwari Dari Bandara Torea Fakfak. Rabu 16 Juni 2021. FOTO : Istimewa./PAPUADALAMBERITA.COM.

Tidak saja Gubernur Papua Barat mendukung pembangunan Smelter di Fakfak, Dominggus Mandacan yang juga memberikan dukungan terhadap investari pembangunan pabrik pupuk yang berada di Kabupaten Fakfak.

Dukungan pembangunan smelter dan pabrik Pupuk di Fakfak tidak saja datang dari Gubenur tetapi juga datang dari Bupati Fakfak Untung Tamsil, S.Sos, M.Si dan Wakil Ketua MRPB Cyrillus Adopak, SE.

Menurut Untung Tamsil, pembangunan smelter maupun pabrik pupuk harus didukung karena akan berdampak terhadap perkembangan kemajuan daerah Fakfak kedepan, baik itu terhadap penyerapan tenaga kerja dan peningkatan ekonomi di Kabupaten Fakfak.

Hal yang sama juga disampaikan secara terpisah oleh Wakil Ketua MRP Papua Barat, Cyrillus Adopak, SE, di terminal keberangkatan Bandara Torea Fakfak, saat mengantarkan Dominggus Mandacan bersama rombongan kembali ke Ibu Kota Provinsi Papua Barat di Manokwari.

Namun menurut Wakil Ketua MRP Papua Barat, agar pembangunan smelter dan pabrik pupuk sebelum dibangun di Fakfak harus ada pembicaraan awal sehingga invetasi yang akan berjalan ini tidak terhadalang dalam pelaksanaannya.

“Harus ada pembicaraan antara pusat dan daerah (Pemprov Papua Barat dan Kabupaten Fakfak) sehingga pelaksanaan pekerjaan proyek smelter dan pembangunan pabrik pupuk dapat berjalan dengan baik”, tutup Cyrillus Adopak.(RL 07)

 

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *