Papua Barat

Iklan Caleg, Capres di Media Baru Dimulai 21 Januari Hingga 10 Februari

270
×

Iklan Caleg, Capres di Media Baru Dimulai 21 Januari Hingga 10 Februari

Sebarkan artikel ini
Iklan layanan masyarakat persembahan papuadalamberita.com.DISAIN: JAMAL ABDULLAH

PAPUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan jadwal kampanye peserta pemilihan umum (Pemilu) 2024 yang dimulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024.

Perlu diketahui jadwal kampanye terbuka dan kampanye melalui media massa itu terpisah.

Menurut Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 15 Tahun 2023 tentang Kampanye Pemilu, iklan kampanye di media hanya dilakukan 21 hari menjelang masa tenang Pemilu.

Sudah jelas di Peraturan KPU (PKPU Nomor 15 tahun 2023 mengatur tentang kampamnye Pemilu.

Peserta Pemilu melakukan pertemuan terbatas, tatap muka, penyebaran materi kampanye ke masyarakat debat calon presiden dan wakil presiden di mulai 28 November 2023 sampai 10 Februari 2024.

Peserta Pemilu, Capres-Cawapres dan Caleg boleh berkampanye, dengan tetap menjaga etika berpolitik, hindari berita bohong, sampai dengan tidak boleh provokasi dan menyebarkan SARA.

Dalam aturan yang sama di PKPU Nomor 15 tahun 2023 jadwal kampanye rapat umum dan pemasangan iklan di media massa baru di mulai 21 Januari 2024 sampai 10 Februari 2024.

Poin itu menyebutkan kampanye dan rapat umum diperbolehkan, termasuk beriklan di media massa, cetak, elektronik dan media daring (online) lainnya, itu diisyaratkan PKPU, jadi jangan asal tabrak.

Kemudian pada 11 Februari 2024 hingga 13 Februari memasuki masa “perenungan” atau masa masa tenang aktivitas kampanye kembali ke “habitatnya” disimpan untuk lima tahun nberikut bagi yang mau maju lagi.

Ketua Bawaslu Kabupaten Manokwari Yustinus Yosep Maturan yang dihubungi papuadalamberita.com mengatakan Bawaslu Kabupoaten Manokwari, KPU Manokwari sudah sosialisasi ke Parpol terkait jadwal kampanye,  dan Parpol pasti telah mengetahui aturannya.

‘’Tetapi jika ada pelanggaran Bawaslu akan ingatkan, dan tindak,’’ karena aturan terkait masa kampanye dan waktu kampanye telah diketahui partai politik,’’ jelas Maturan singkat.

Ditambahkan Devisi Tehnik Penyelanggara KPU Manokwari Sudarman SPT, bahwa ketentuan lain yang sangat penting dilakukan setiap partai politik adalah memberi tahu kepada kepolisian waktu berkampanye yang mengumpulkan masa.(rustam madubun)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf Tidak Bisa Dicopy !!