Anggota Sat Lantas Polres Manokwari memberikan arahan kepada pengguna jalan untuk selalu berhati-hati mengendarai kendaraan, utamakan keselamatan diri dan penumpang, serta pastikan surat kendaraan... IPTU Subhan Ohoimas SH: Pakai Helem SNI untuk Keselamatan, Juga Ada Dasar Hukum

Anggota Sat Lantas Polres Manokwari memberikan arahan kepada pengguna jalan untuk selalu berhati-hati mengendarai kendaraan, utamakan keselamatan diri dan penumpang, serta pastikan surat kendaraan lengkap saat berkendaraan. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

PAPUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI – Memakai helm bagi pengendara sepeda motor maupun penumpangnya hukumnya wajib. Tetapi juga bukan helem sembarang yang digunakan.

Terbitnya regulasi wajib Standar Nasional Indonesia (SNI) helm yang dipergunakan harus bersertifikasi SNI yang dikeluarkan Badan Sertifikasi Nasional alias BSN.

Kementerian Perindustrian melalui Permen No.40/M-IND/PER/4/200 tentang Pemberlakukan Standar Nasional Indonesia (SNI) helm pengendara kendaraan bermotor roda dua secara wajib yang berlaku sejak 1 April 2010.

‘’Helm merupakan perlengkapan wajib dimiliki pengendara sepeda motor dan penumpangnya. Karena helm paling utama dan juga paling penting untuk keselamatan pengendara dan penumpang sepeda motor. Jika Anda adalah pengendara dan penumpang sepeda motor pasti sudah punya helmnya, karena helm satu paket dengan kendaraan bermotor, apabila membeli motor baru,’’ tegas Kasat Lantas Polres Manokwari IPTU Subhan Ohoimas SH.

Kasat Lantas mengatakan, sekarang banyak jenis helm yang memiliki desain unik dan menarik, maka itu banyak yang membeli helm baru bahkan mengkoleksinya, namun helm yang dibeli tetap harus menyesuaikan dengan standar resmi yang ditentukan SNI.

‘’Berbicara tentang helm, kira-kira Anda sudah tahu belum kegunaan spesifik dari Helm. Berikut ini kami akan membahas kegunaan, manfaat, dan fungsi helm khususnya untuk pengendara sepeda motor,’’ kata Subhan.

Subhan Ohoimas merinci Kegunaan dan Fungsi Helm sebagai berikut: Helm memiliki berbagai kegunaan dan fungsi bagi pengendara sepeda motor. Berikut ini adalah fungsi lengkap dari helm.

Sebagai salah satu peralatan dalam berkendara yang wajib harus digunakan oleh pengendara sepeda motor, karena penggunaan helm merupakan peraturan yang harus dipatuhi oleh pengendara bermotor sesuai dengan peraturan lalu lintas berkendara.

*Melindungi kepala dari benturan yang mungkin saja bisa terjadi pada pengendara bermotor, karena kita pasti akan banyak menghabiskan waktu di jalan dalam berkendara, untuk itu dalam mengantisipasi khususnya di kepala kita, maka wajib menggunakan helm untuk keselamatan pengendara bermotor.

*Melindungi pandangan dari berbagai gangguan yang mengganggu mata saat berkendara sepeda motor.

Kasat luntas juga menyebut jenis-jenis helm diantaranya: Nah, apakah Anda sudah mengetahui berbagai jenis helm? Ada banyak jenis helm yang unik dan menarik yang bisa dijadikan pilihan tampilan dan style Anda.

  1. Helm Full Face

Jenis helm yang pertama adalah helm yang melindungi seluruh bagian kepala mulai dari bagian depan sampai dengan bagian kepala. Dilihat bentuknya, helm ini memang dibuat lebih safety. Contoh helm full face ini seperti helm yang banyak digunakan pembalap sepeda motor MotoGP. Nah, helm yang mereka gunakan ini adalah jenis helm full face, bedanya helm MotoGP ini di desain khusus untuk pembalap sepeda motor.

Dari segi tampilan helm ini sangat cocok untuk para pengendara sepeda motor jarak jauh, karena sangat aman dan juga cukup nyaman dipakai di perjalanan jarak jauh. Namun, untuk perjalanan dekat, helm full face ini tidak efektif, karena helm full face ini cukup berat.

  1. Helm Open Face

Helm jenis kedua ini merupakan helm yang umumnya digunakan oleh kebanyakan pengendara sepeda motor. Helm ini adalah helm open face yang multifungsi, cocok digunakan dalam perjalanan jarak jauh maupun jarak dekat. Dari segi tampilan, helm ini juga tidak full face dan tidak terlalu berat. Untuk itu helm ini lebih banyak digunakan oleh pengendara sepeda motor.

  1. Helm Motocross

Helm ini merupakan salah satu jenis helm yang fungsi utamanya adalah digunakan untuk para pengendara motor motocross. Namun helm ini juga banyak digunakan untuk berkendara sehari-hari. Biasanya mereka yang juga menggunakan motor cross.

Helm ini memiliki karakteristik seperti helm full-face hanya saja bentuknya sedikit lebih berbeda. Desain dari helm motocross ini didesain safety karena bagian depannya dibuat lebih panjang sehingga lebih aman bagi pengendara.

Pengendara yang tidak mengenakan helm atau helm-nya tidak terstandar SNI akan dikenakan tilang dari pihak kepolisian. Tindakan itu dianggap melanggar lalu lintas berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) pasal 291 ayat 1 dan 2.

UU tersebut menyatakan bahwa setiap pengendara sepeda motor yang tidak mengenakan helm SNI akan didenda paling banyak Rp250 ribu atau pidana kurungan paling lama satu bulan.

Hal tersebut juga berlaku bagi orang yang diboncengnya. Jika yang dibonceng tidak menggunakan helm, maka ia akan didenda dengan besaran yang sama.(tam)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *