fbpx
Kepala Dinas Kesehatan Fakfak, Gondo Suprapto, SKM, M.Si, Melakukan Pemeriksaan Kesehatan Penumpang Kapal di Pelabuhan Kokas Dengan Menggunakan Thermo Gun. FOTO : Istimewa./papuadalamberita.com.  PAPUADALAMBERITA.COM.... Kadis Kesehatan : Belum Terdeteksi Wabah Virus Corona di Fakfak

Kepala Dinas Kesehatan Fakfak, Gondo Suprapto, SKM, M.Si, Melakukan Pemeriksaan Kesehatan Penumpang Kapal di Pelabuhan Kokas Dengan Menggunakan Thermo Gun. FOTO : Istimewa./papuadalamberita.com. 

PAPUADALAMBERITA.COM. FAKFAK – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Fakfak, Gondo Suprapto, SKM, M.Si, mengatakan, sejak penanggulangan wabah virus corona yang dilakukan tim gerak cepat (TGC) di Fakfak dengan melakukan deteksi setiap penumpang yang masuk di Fakfak baik melalui Bandara Torea, pelabuhan laut Fakfak dan terakhir di pelabuhan Kokas yang dilakukan sejak 4 Maret 2020 hingga 16 Maret 2020 belum terdeteksi penumpang yang masuk Fakfak terindikasi menderita wabah Corona.

“Sejak tim gerak cepat penanggulangan virus corona dibentuk Bupati Fakfak pada 4 Maret 2020 hingga pemeriksaan penumpang masuk Fakfak baik melalui Bandara Torea dan pelabuhan laut belum ditemukan penderita yang terjangkit corona”, tandas Gondo Suprapto, kepada papuadalamberita.com. Senin (16/03/2020).

Menurutnya, orang nomor satu di Dinas Kesehatan Fakfak, dalam melakukan deteksi terhadap pendatang yang masuk melalui bandara Torea maupun pelabuhan laut, petugas kesehatan gerak cepat hanya menggunakan Thermo Gun yang mampu mendeteksi suhu badan setaip penumpang yang menjalani pemeriksaan.

Dikataknnya, bila ada penumpang yang mengalami demam atau gejala flu, batuk, pilek, ISPA maka petugas langsung menyarankan untuk  berobat ke Pelayanan Kesehatan terdekat dan beristirahat di rumah. Demikian juga kegiatan Screening terhadap penumpang dilakukan di Pelabuhan Fakfak.

Penumpang Pesawat Saat Manjalani Pemeriksaan Kesehatan Dengan Thermo Gun di Bandara Torea Fakfak. FOTO : i Istimewa./papuadalamberita.com. 

Dan sampai saat ini kegiatan Screening di Bandara Torea Fakfak dan Pelabuhan Fakfak tetap dilaksanakan setiap hari disesuaikan dengan jadwal kedatangan pesawat dan kapal, tutur nya kepada media online di Papua Barat ini.

Lanjutnya, langkah – langkah  antisipatif Pemerintah Kabupaten Fakfak yang sudah dilaksanakan terkait perkembangan strategi pencegahan dan pengendalian Corona Virus Disease -19 ( Covid-19) salah satunya dengan memberikan arahan dan instruksi kepad setiap OPD terkait dan himbauan kepada masyarakat untuk mengambil langkah – langkah respon dan pencegahan Covid -19 di Fakfak melalui media eletronik.

Walaupun hingga saat ini, belum terdeteksi wabah virus Covid – 19 di Fakfak, Gondo Suprapto berharapa agar masyarakat tidak panik,  tetap menjaga kesehatan, kebersihan dan  selalu  selalu hidup sehat serta menghindari diri dari aktifitas di kerumunan banyak orang,

“Masyarakat Fakfak tidak perlu panik,  tetap menjaga kesehatan, kebersihan diri dan selalu hidup sehat serta berupaya menghindari aktifitas dikerumunan banyak orang”, tutur Gondo kepada media online ini.(RL 07)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf Tidak Bisa Dicopy !!