Papua Barat

Kecelakaan Lalu Lintas Jadi Perhatian Kapolri, Kapolda Ingatkan Anggota Optimalkan Tindakan Preventif

31
×

Kecelakaan Lalu Lintas Jadi Perhatian Kapolri, Kapolda Ingatkan Anggota Optimalkan Tindakan Preventif

Sebarkan artikel ini

Dari berbagai sataun pada apel gelar pasukan Operasi Ketupat Mansinam 2023 di Polda Papua Barat, Senin (17/4/2023). FOTO: RUSTAM MADUBUN.PAPUADALAMBERITA

PAPUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI – Kapolda Papua Barat Irjen Pol  Daniel Tahi Monang Silitonga SISH, MH kepada peserta Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Mansinam 2023 untuk memperhatikan permasalahan kecelakaan lalu lintas di jalan raya.

Baca juga: Kapolda Papua Barat Sampaikan 6 Pesan Penting  Kapolri di Operasi Ketupat Mansinam 2023

Baca juga: Kapolda Silitonga Ingatkan Warga Lapor RT Bila Mudik, Pengendara Jaga Keselamatan

‘’Optimalkan langkah- langkah preventif dengan menempatkan personel dan melengkapi rambu pada titik-titik rawan kecelakaan,’’ ujar Kapolda  dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Tahun 2023 di Polda Papua Barat (17/4/2023).

Kapolda yang membacakan sambutan Kapolri Jenderal Polisi Drs Listyo Sigit Prabowo, MSI meingatkan untuk memastikan kelayakan kendaraan sebelum digunakan, lakukan penguatan edukasi tertib berlalu lintas, imbau pengemudi untuk memastikan kondisi kesehatan dan segera beristirahat apabila mengalami kelelahan.

‘’Apabila terjadi laka kecelakaan lalu lintas, segera lakukan penanganan secara cepat untuk menolong korban, serta upayakan jangan sampai berimplikasi terhadap kemacetan yang parah,’’ sebut Kapolda Papua Barat.

Menurut Kapolda tentunya berbagai pengaturan pada Operasi Ketupat 2023 harus didukung oleh penguatan komunikasi publik. Pastikan informasi bukan hanya sent namun delivered, siapkan iklan layanan masyarakat pada seluruh platform media, sehingga masyarakat mendapatkan informasi secara berkala dan dapat merencanakan perjalanan mudiknya dengan baik.

‘’Tingkatkan pula imbauan kepada masyarakat agar memilih waktu perjalanan pada siang hari guna mengurai kepadatan volume kendaraan,’’ pesan Kapolda.

Kapolda Papua Barat membacakan sambutan Kapolri pada apel gelar pasukan Operasi Ketupat Mansinam 2023 di Polda Papua Barat, Senin (17/4/2023). FOTO: RUSTAM MADUBUN.PAPUADALAMBERITA

‘’Hal tersebut penting, mengingat tahun lalu pemudik cenderung melakukan perjalanan pada malam hari khususnya pada jalur penyeberangan. Oleh sebab itu, siapkan Satgas untuk pengamanan dan pengawalan di sepanjang jalur Sumatera maupun Jawa, baik pada siang maupun malam sehingga masyarakat merasa aman,’’ sambung Kapolda.

Disamping menjamin Kamseltibcar lantas, petugas harus menjaga situasi kamtibmas melalui berbagai kegiatan seperti patroli pada jam-jam rawan untuk mengantisipasi tindak pidana.

‘’Selain itu, hadirkan pula personel berseragam di tempat ibadah terutama pada pelaksanaan sholat Idul Fitri melibatkan personel TNI-Polri, Ormas serta Mitra Kamtibmas lainnya,’’ tegasnya.

Terkait aktivitas masyarakat di lokasi wisata, lakukan patroli jalan kaki, rekayasa lantas jalur keluar masuk tempat wisata, mendorong pembelian tiket secara online, pengaturan parkir, dan siagakan tim tanggap bencana. (tam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *