Ketua Hariam LMA Papua Barat, Frengki Umpain usai melakukan vaksin di RSUD Provinsi Papua Barat, Rabu 21 Juli 2021. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN PAPUADALAMBERITA.COM.... LMA Papua Barat Ajak Warga Lakukan Vakasinasi, Pace Jenggot: Warga Harus Jujur Tentang Riwayat Kesehatannya

Ketua Hariam LMA Papua Barat, Frengki Umpain usai melakukan vaksin di RSUD Provinsi Papua Barat, Rabu 21 Juli 2021. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

PAPUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI – Lembaga Masyarakat Adat/LMA, Papua Barat mengajak seluruh lapisan masyarakat di Papua Barat, khususnya Manokwari untuk melakukan vaksin.

Hal ini  disampaikan Ketua Hariam LMA Papua Barat, Frengki Umpain usai melakukan vaksin di RSUD Provinsi Papua Barat, Rabu 21 Juli 2021.

Frengki menambahkan, sebelum melakukan vaksin, masyarakat diminta untuk jujur kepada petugas kesehatan yang melayani. Masyarakat harus secara detail menyampaikan  tentang riwayat kesehatan atau penyakit bawaan yang diderita selama ini.

‘’Sebisa mungkin hal sekecil apapun disampaikan secara terbuka. Ini sangat penting untuk petugas memutuskan seseorang dapat menerima vaksin atau tidak. Selain itu sebelum melakukan vaksin, masyarakat diwajibkan untuk istirhat yang cukup di malam hari dan sarapan di pagi hari, karena kondisi tubuh yang bugar adalah adalah hal penting sebelum divaksin,’’ jelas Frengki yang akrab disapa “Pace Jenggot”

Menurut Frengki, beberapa masyarakat sebagian besar belum divaksin karena ada rasa takut. Rasa takut dipicu oleh pemberitaan yang negatif tentang efek setelah vaksin. Memang ada beberapa kasus yang terjadi yang demam, pingsan dan lainnya, namun itu kembali pada ketahanan tubuh masing-masing. Itulah mengapa keterbukaan kepada petugas dan kondisi tubuh yang sehat dan bugar menjadi tolak ukur sebelum melakukan vaksinasi.

Frengki menjelaskan, program vaksinasi dijalankan oleh pemerintah sebagai upaya untuk memutus rantai penyebaran infeksi virus Corona dan menekan angka kasus covid-19 yang masih terus meningkat. Untuk itu peran aktif masyarakat sangat diharapkan dalam mensukseskan program tersebut.(tam)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *