Pembukaan Kegiatan MTQ-M Ke-1 Tingkat Papua Barat yang dibuka langsung oleh Rektor UNIPA, Gubernur Papua Barat yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Kepala Dinas... MTQ-Mahasiswa Se Papua Barat: Ini Pesan Rektor UNIPA, Gubernur dan Bupati

Pembukaan Kegiatan MTQ-M Ke-1 Tingkat Papua Barat yang dibuka langsung oleh Rektor UNIPA, Gubernur Papua Barat yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan dan Bupati Manokwari. Selasa(08/06/2021) PAPUADALAMBERITA. FOTO: HUMAS MTQ-M

PAPUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI– Universitas Papua (Unipa) untuk pertama kalinya menggelar kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’An Mahasiswa (MTQ-M) tingkat Perguruan Tinggi Se- Papua Barat tahun 2021, bertempat di Aula Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Papua Barat, Selasa (8/6/2021). Kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari (8-10 Juni 2021).

Ketua Panitia, Yasir Abdan Syakur memaparkan kegiatan ini merupakan kegiatan yang pertama kali diselenggarakan di Papua Barat dan dihadiri oleh mahasiswa diluar kampus (perguruan tinggi) Manokwari dan merupakan terobosan yang sangat baik dan diinisiasi oleh Rektor Unipa. Ia berharap kegiatan ini dapat berkelanjutan guna meningkatkan skill dari mahasiswa di Papua barat.

Adapun cabang lomba yang dilombakan dalam MTQ-M kali ini sebanyak tujuh mata lomba dengan jumlah Peserta kegiatan 56 peserta yang tersebar diberbagai universitas yang ada di Papua barat (Kaimana, Sorong, Fak-Fak).

“Melalui kegiatan ini, diharapkan menghasilkan putra putri terbaik yang akan mewakili Papua Barat ke delegasi tingkat nasional,” harapnya

Sementara itu, Rektor Unipa, Meky Sagrim mengatakan bahwa tantangan besar membangun bangsa saat ini adalah bagaimana membangun karakter generasi masa depan yang mempunyai iman dan ilmu yang kokoh.

“Unipa saat ini sedang berjuang dan bekerja keras menyusun akreditasi untuk mempersiapkan mahasiswa dan kedepannya pelaksanaan kegiatan MTQ-M ini akan diatur dengan sistem internal dan bersiap-siap kabupaten kota yang ada di Papua Barat untuk menjadi Tuan Rumah” ungkapnya.

Sementara itu, Gubernur Papua Barat yang diwakili Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Abdul Fattah dalam sambutannya menuturkan, alqur’an merupakan pedoman hidup yang mencakup segala aspek kehidupan. Alqur’an juga merupakan instrumen penting umat islam untuk keluar dari fase penuh kegelapan menuju fase nur, fase yang terang benderang.

Lanjut Fattah, Alqur’an menjadi sumber inspirasi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang akhirnya menghadirkan kemajuan bagi manusia dan alam sekitarnya.

“Hamba yang paling mulia serta terbaik di sisi Allah adalah yang paling bertaqwa diantara kita,” sebutnya.

Dikatakan tuntutan alqur’an ini diadopsi oleh pendidikan nasional Indonesia untuk membentuk manusia yang beriman dan bertaqwa, berbudi pekerti luhur, berkepribadian mulia, bekerja keras, tangguh, mandiri, cerdas, terampil, sehat jasmani dan rohani serta bertanggung jawab.

Disis lain, kata dia, alqur’an juga mengajarkan kita bersaudara, diikat akidah yang sama. Meskipun berlomba dalam kebaikan, namun bukan berarti mengisyaratakan permusuhan, tidak ada kedengkian, apalagi keinginan untuk mencelakakan lawan.

“Semangat ini harus terpatri dalam diri peserta MTQ mahasiswa kali ini,” pesannya.

Ia menegaskan, bahwa titel juara yang diperoleh dalam ajang ini hanyalah pemantik semangat untuk terus menggeluti ilmu kandungan alqur’an.

“Meskipun kita berada disini untuk berlomba, namun inti utama dari ajang ini adalah silahturahmi dan persaudaraan diantara kita,” tegasnya.

Bupati Manokwari, Hermus Indou yang juga hadir dalam kegiatan tersebut juga mengucapkan selamat dan sukses atas terselenggaranya MTQ tingkat perguruan tinggi se-Papua Barat.

“Kita berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan sikses dan aman serya meraih prestasi yang membanggakamn kita semua dan dapat mewakili Papua Barat ke tingkat nasional,” pungkasnya

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *