Papua Barat

Nona Runaweri Ingin Majukan Bisnis Buket Bunga, Ini Pesan Sekda Papua Barat di Pameran UMKM

104
×

Nona Runaweri Ingin Majukan Bisnis Buket Bunga, Ini Pesan Sekda Papua Barat di Pameran UMKM

Sebarkan artikel ini

Nona Runaweri di Stand Kehutanan Pameran UMKM yang ditemui wartawan di Lapangan Borasi Manokwari, Senin (8/5/2023). FOTO: RUSTAM MADUBUN.PAPUADALAMBERITA.

PAPUADALAMBERITA.Com.MANOKWARI – Nona Runaweri pemilik UMKM di stand binaan Kantor Kehutanan Provinsi Papua Barat konsentrasi dengan usahanya boket bunga, snack atau makanan dan minuman ringan ikut ambil bagian Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan Gerakan Bangga Witasa di Indonesia (GBWI) 2023.

GBBI dan GBWI 2023 di Papua Barat di helat Pemda Papua Barat kersama dengan Bank Indonesia Perwakilan Papua Barat selama tiga hari di Lapangan Borasi Manokwari mulai Senin sampai Rabu (8.9.10/5/2023.

‘’Mari kitong belanja dan jelajahi Papua Barat,’’ tageline dalam pameran semangat Kasuari.

Gadis berusia 28 tahun ini mengawali UMKM dari pertama yaitu usaha bucket, tapi mengakunya Ia mau merambat ke depot dan naik level lagi, usaha ini dirintis dari tahun 2020, dengan memperkerjakan pekerja seorang karyawannya.

Ia mengaku hasil dari usahanya bersuyukur cukup memberikan penghasilan lumayan besar, pemasukan itu lumayan jik ada ivent ivent seperti wisuda, hari valentine.

‘’Bahan-bahan bunga untuk bucket atau dekor ia pedatangkan dari Cina, dan tangan pertama yang ada di Jakarta dari distributor,’’ ujar gadis berparas manis ini.

Diusia yang muda masih muda, Ia bercita-cita usahanya terus berkembang.

‘’Yang diinginkan dari pemerintah yaitu terutama untuk melihat anak-anak Papua yang sudah selesai kuliah dan mau pulang ke Papua Barat, pemerintah bisa memberikan modal untuk membangun usaha,’’ harap Nona.

‘’Karena usaha mulai dari hal-hal kecil, apapun itu buket, caffee, atau mulai dengan usaha sagu Papua,  mulai dari halal kecil dapat menghasilkan anak-anak Papua yang bisa membangun Papua secara mandiri,’’ ujarnya.

Sekda Papua Barat Dance Sangkek memimpin apel ASN pagi, sekaligus membuka pameran UMKM di Lapangan Borasi Manokwari, Senin (8/5/2023). FOTO: RUSTAM MADUBUN.PAPUADALAMBERITA.

Semnetara Sekda Papua Barat Dance Sangkek kepada ASN berpesan mulai hari Senin sampai Rabu (10/5/2023) Papua Barat menuju GBBI dan WBBI

‘’Kita bersyukur karena di tengah-tengah perubahan global, krisis ekenomi,  Indonesia masih menunjukkan ketangguhan ekonominya dan basis panduannya ada pada UMKM yang menjadi kekuatan ekonomi nasional,’’ ujar di Manokwari, Senin.

Menurut Sekda, oleh sebabnya Presiden Republik Indonesia dari Tahun 2022 telah mencanangkan gerakan nasional bangga buatan Indonesia dan gerakan nasional berwisata di Indonesia.

Nona Runaweri di Stand Kehutanan Pameran UMKM ditemui wartawan di Lapangan Borasi Manokwari, Senin (8/5/2023). FOTO: RUSTAM MADUBUN.PAPUADALAMBERITA.

‘’Dalam konteks daerah kita,  gerakan bangga buatan Papua Barat, gerakan bangga berwisata di Papua Barat, itu yang kita canangkan, oleh sebabnya apel pagi ini adalah mobilisasi kekuatan untuk bergerak menuju ketahanan ekonomi daerah kita,’’ jelas Sekda.

Sekda mengatakan, fiskal Indonesia menjadi sesuatu dengan tantangan dan kekurangan di sana-sini, itu sebabnya sebelum menuju tanggal 10 nanti dua berinteraksi sama-sama dalam rangka pameran UMKM.

‘’Pesan gubernur, pertama, kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) Provinsi Papua Barat pimpinan daerah untuk ada di sini mencanangkan komitmen bersama kebangkitan ekonomi kita mulai dari UMKM,’’ tegas Sekda.

Ia mengaskan, di instruksikan kepada seluruh pimpinan OPD melakukan belanja transaksi mulai hari ini (senin, red) sampai tanggal 10, setiap pimpinan OPD wajib tiap hari membeli hasil dari UMKM di stand stand pameran senilai 2 juta rupiah.

‘’Yang kedua adalah kita Provinsi Papua Barat diberikan target transaksi sejak pencanangan sampai dengan 2024 Rp50 miliar, oleh karena itu kita semua usaha,  baik mitra dalam sistem, sistem juga bergerak, ‘’ ujarnya.

Nona Runaweri di Stand Kehutanan Pameran UMKM di Lapangan Borasi Manokwari, Senin (8/5/2023). FOTO: RUSTAM MADUBUN.PAPUADALAMBERITA.

Ia mengatakan, secara nasional 30.000 kunjungan wisata kita di Papua Barat, ketika Raja Ampat sudah tidak ada berarti masih ada Triton ada Teluk Cendrawasih, ada destinasi-destinasi baru yang perlu yang digenjot mulai dari sekarang, sampai dengan target-target di 2004 untuk dicapai.

Sekda mengatakan, apel ini adalah konsolidasi kebangkitan dan kita wujudkan melalui pameran UMKM, ini ada cluster yang sudah on boarding, dia sudah siap, berhasil dibina daerah dan mitra-mitra kita Bank Indonesia.

‘’Pada kesempatan itu bapak gubernur berpesan fokus kita ada di sini selama tiga hari, kita harus melakukan pendampingan penguatan mengikut serta dalam transaksi proses belanja produk-produk UMKM kita,’’ ujarnya.(tam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *