Papua Barat

Papua Barat Ikut 25 Cabor, Kirim 163 Atlet Ke PON XXI, Dominggus Minta Ali Baham Jadi Ketua Kontingen

2519
×

Papua Barat Ikut 25 Cabor, Kirim 163 Atlet Ke PON XXI, Dominggus Minta Ali Baham Jadi Ketua Kontingen

Sebarkan artikel ini
Penjabat Gubernur Papua Barat dan Ketua KONI Papua Barat saat pencanangan pembukaan Puslatda PON XXI 2024 Aceh dan Sumut untuk Kontingen Papua Barat di Lapangan Olahraga Kodim Manokwari, Jumat (23/2/2024). FOTO: RUSTAM MADUBUN.PAPUADALAMBERITA.

PAPUADALAMBERITA.COM.MANOKWARI – Berjumlah 25 cabagn olahraga (cabor) dan sebanyak 163 atlet Papua Barat akan berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh-Sumut.

Baca juga: Pesan 3 Prinsip, Pj Gubernur Canangkan Puslatda PON XXI Aceh dan Sumut Untuk Kontingen Papua Barat

Hal itu diungkapkan Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan Msi saat pencanangan Pelatihan Daerah (Pelatda) PON XXI Aceh – Sumut 2024 untuk Kontingen Papua Barat di Lapangan Kodim Manokwari, Jumat (23/2/2024).

Pada kesempatan itu Ketua Umum Koni Papua Barat Dominggus Mandacan meminta penjabat Gubernur Papua Barat DR Ali Baham Temongmere MTP sebagai Ketua Kontingen Papua Barat di PON XXI nanti.

‘’Pencanangan Pelatda PON XXI Aceh – Sumut menandai rangkaian kegiatan KONI Papua Barat dalam rangka menuju ajang PON XXI Aceh-Sumut, tetapi juga kegiatan pembinaan prestasi mulai tahun 2024 di Provinsi Papua Barat,’’ sebut Ketua KONI Papua Barat.

Sambutan Ketua KONI Papua Barat Drs Dominggus Mandacan MSI pada pencanangan pembukaan Puslatda PON XXI 2024 Aceh dan Sumut untuk Kontingen Papua Barat di Lapangan Olahraga Kodim Manokwari, Jumat (23/2/2024). FOTO: RUSTAM MADUBUN.PAPUADALAMBERITA.

Kepada gubernur dan pemerintah daerah, Ketua KONI merincikan, bahwa di PON XXI Aceh – Sumut, Papua Barat berhasil meloloskan 25 cabang olahraga yakni; angkat berat, angkat besi, atletik, bermotor, biliar, balap sepeda, bola voli, dansa, dayung, futsal, hapkido, ju-jitsu, kickboxing, layar, menembak, muaythai, panahan, selam, selancar ombak, senam, sepak bola, sepak takraw, kempo, tenis lapangan, dan tinju.

‘’Dengan ju163 orang atlet yang akan berlaga pada 42 nomor pertandingan, dan 43 nomor perlombaan serta di dampingi 83 official,’’ jelas Dominggus Mandacan.

Mantan Gubernur Papua Barat yang berpasangan dengan Mohamad Lakotani ini menyebutkan, even olahraga empat tahunan yang berlangsung di Aceh – Sumut menyelenggarakan 33 Cabor di Wilayah Aceh dan 34 cabor di wilayah Sumut yang menyebabkan kontingan PON Papua Barat akan terbagi menjadi dua sub kontingen.

‘’Kontingan PON sub Aceh akan diikuti 14 cabang olahraga dengan 89 atlet, 58 offical dengan jumlah 147 orang, sedangkan kontingan PON sub Sumut akan diikuti 11 cabang olahraga dengan 74 atlet, 46 offical dengan jumlah 120 orang,’’ sebut Dominggus.

‘’Sehingga total jumlah kontingen PON Papua Barat sebanyak 246 orang yang terdiri dari 163 atlet dan 83 official,’’ sambung Dominggus Mandacan.

‘’Untuk itu, kami mohon kesediaan bapak gubernur selaku kepala daerah agar bersedia menjadi Ketua Kontingen PON Papua Barat tahun 2024,’’ minta Dominggus.

Ketua KONI menambahkan, KONI Papua Barat telah melakukan penataan kembali organisasi dan eksistensinya dalam rangka pembinaan prestasi olahraga di Provinsi Papua Barat.(rustam madubun)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf Tidak Bisa Dicopy !!