Nasional

PBNU Apresiasi Polri Berhasil Beri Rasa Aman Selama Mudik Lebaran

18
×

PBNU Apresiasi Polri Berhasil Beri Rasa Aman Selama Mudik Lebaran

Sebarkan artikel ini

Foto udara antrean kendaraan dari arah Cirebon ke Jakarta keluar melalui Gerbang Tol Subang saat sterilisasi ruas Tol Cipali dalam rangka penerapan satu arah di Subang, Jawa Barat, Selasa (18/4/2023). Korlantas Polri merekayasa lalu lintas satu arah di ruas Tol Cipali hingga Kalikangkung pada Selasa (18/4) pukul 14.00-24.00 WIB dan Rabu (19/4)-Jumat (21/4) pukul 08.00-24.00 WIB untuk mengurangi potensi kemacetan kendaraan bermotor saat arus mudik Lebaran. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/tom

PAPUADALAMBERITA.COM. JAKARTA Pengurus Besar Nahdlatul Ulama mengapresiasi kinerja Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) yang telah berhasil memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat selama mudik Lebaran.

Pemberiaan rasa aman oleh Polri itu tidak hanya saat arus mudik di ibu kota namun hingga ke daerah-daerah di seluruh Provinsi di Indonesia.

“Arus mudik tahun ini relatif lancar. Kami mengapresiasi kerja keras Pak Kapolri dan jajarannya karena telah mengantisipasi dan memberikan panduan yang baik bagi pemudik,” kata Sekretaris Jenderal PBNU Saifullah Yusuf dalam keterangan yang diterima dari Jakarta, Ahad (23/4/2023).

Gus Ipul, sapaan akrab Saifullah Yusuf, lantas mencontohkan bagaimana Polri secara berulang-ulang memberikan beberapa antisipasi kemacetan dengan menjadwalkan contraflow di jalan tol.

Selain itu, jalur-jalur alternatif juga disusun dan disosialisasikan dengan baik kepada masyarakat sehingga kemacetan saat arus mudik kemarin bisa cepat terurai.

“Masyarakat telah well informed (terinformasi dengan baik), sehingga tahu kapan mereka harus mudik, jam berapa harus berangkat, dan sebagainya,” ujar Gus Ipul.

Keberhasilan kepolisian dalam mengatur lalu lintas akan diuji lagi untuk arus balik. Namun, melihat kesiagaan kepolisian saat arus mudik, Gus Ipul optimistis arus balik juga akan berjalan lancar.

Gus Ipul juga minta para pemudik mulai membangun kesadaran akan pentingnya merencanakan perjalanan, termasuk dengan mencari informasi terbaru dari kepolisian untuk menghindari kemacetan.

“Sekarang bagaimana masyarakat mulai sadar merencanakan perjalanan khususnya untuk arus balik nanti. Carilah informasi terkini dari sumber resmi, termasuk dari Polri. Jadi, bisa tahu kapan sebaiknya melakukan perjalanan balik,” jelas Gus Ipul.

Ia menambahkan mudik tahun ini adalah tahun pertama setelah dicabutnya PPKM sehingga jumlah pemudik kali ini jauh lebih besar dari sebelum-sebelumnya.

Dari catatan Kementerian Perhubungan, pemudik Lebaran tahun 2023 ini diproyeksikan mencapai 123,8 juta orang. Jumlah tersebut mengalami peningkatan 47 persen secara nasional dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

“Saya melihat meski tahun ini pemudik yang terbesar namun kemacetan tidak begitu parah. Memang ada sedikit macet tapi cepat terurai berkat kesiagaan aparat kepolisian dan pihak-pihak lain. Selamat Pak Kapolri dan jajaran,” kata Gus Ipul.(antara)
Pewarta : Putu Indah Savitri
Editor : Didik Kusbiantoro

Kapolda Papua Barat, Karops Polda Papua Barat Kabandara Rendani Manokwari melihat kesiapan Bandar Udara Rendani menghadapi arus mudik dan arus balik jelang Idul Fitri 1444 Hijriah. FOTO: RUSTAM MADUBUN.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *