Papua Barat

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Pj Sekda Papua Barat Jalan Santai dan Pungut Sampah

172
×

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Pj Sekda Papua Barat Jalan Santai dan Pungut Sampah

Sebarkan artikel ini
Gerak jalan santai dan pungut sampah sepanjang jalan di kawasan perkantoran Kantor Gubernur Papua Barat dipimpin Penjabat Sekda Papua Barat DR, Ir Yacob S Fonataba, MSI, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan (DLHP) Papua Barat, Raymond Yap diikuti ASN dan perwakilan OPD, Rabu (5/6/2024). FOTO: RUSTAM MADUBUN.PAPUADALAMBERITA

PAPUADALAMBERITA.COM.MANOKWARI – Gerak jelan santai dan pungut sampah sepanjang jalan mewarnai peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan (DLHP) Papua Barat, Rabu (5/6/2024).

Gerak jalan santai dan pungut sampah sepanjang jalan di kawasan perkantoran Kantor Gubernur Papua Barat dipimpin oleh Penjabat Sekda Papua Barat DR, Ir Yacob S Fonataba, MSI, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Papua Barat vRaymond Yap diikuti  ASN dan perwakilan OPD.

Usai upacara yang dipimpin Pj Sekda, dilanjutkan dengan gerak jalan santai, pungut sampah ditutup dengan pembagian dor prozze dengan hadiah utam,a satu kulkas, satu mesin cuci serta puluhan hadiah lainnya.

Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Pada Puncak Acara Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024.

Indonesia memiliki tema sendiri pada tahun 2024 ini, yakni ‘Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan’.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Republik Indonesia Prof. Dr. Ir. Siti Nurbaya, MSc dalam sambutan tertulis yangh dibacakan Pj Sekda Papua Barat mengatakan, pemulihan lingkungan merupakan kunci dalam membalikkan arus degradasi lahan, dan dapat sekaligus meningkatkan mata pencaharian, mengurangi kemiskinan, dan membangun ketahanan terhadap cuaca ekstrem.

‘’Pemulihan juga meningkatkan penyimpanan karbon dan memperlambat proses ataupun dampak akibat perubahan iklim,’’  sebut Pj Sekda Papua Barat.

Foto bersama Penjabat Sekda Papua Barat DR, Ir Yacob S Fonataba, MSI, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Papua Barat, Raymond Yap dan ASN, perwakilan OPD, Rabu (5/6/2024). FOTO: RUSTAM MADUBUN.PAPUADALAMBERITA

Menurut Pj Sekda Papua Barat, pemulihan dari degradasi lahan sangat penting, lahan menjadi ruang hidup manusia, menyediakan makanan, pakaian, dan tempat perlindungan. Lahan mendukung perekonomian, kehidupan, dan mata pencaharian.

‘’Untuk ini perlu ditingkatkan ambisi dan investasi dalam upaya pemulihan lingkungan, memberikan momen “terobosan besar” bagi perbaikan lahan, sebagai upaya untuk mengatasi kekeringan,’’ jelas Sekda Fonataba.

Pemulihan berkaitan langsung dengan upaya penyelesaian krisis iklim. Dalam upaya penyelesaian krisis iklim, inovasi dan prinsip keadilan memegang peran penting.

‘’Melalui investasi dalam pemulihan lahan dan ketahanan terhadap kekeringan, kita tidak hanya mengatasi masalah degradasi lingkungan, tetapi juga memberikan kontribusi nyata dalam mitigasi perubahan iklim,’’ sebut Pj Sekda Papua Barat.

‘’Restorasi lahan, selain menghasilkan manfaat ekosistem yang signifikan, juga mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan keberlanjutan sosial, kesejahteraan masyarakat,’’ sambung Fonataba.

Namun, Ia menambahkan, pendekatan ini juga harus didasarkan pada prinsip keadilan, memastikan bahwa manfaatnya dirasakan oleh semua pihak, termasuk komunitas lokal dan masyarakat adat.(rustam madubun)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *