Papua Barat

Pj Gubernur Papua Barat Tekankan ASN BerAKHLAK, Ketika Dintanya Singkatannya Tidak Ada yang Tahu

250
×

Pj Gubernur Papua Barat Tekankan ASN BerAKHLAK, Ketika Dintanya Singkatannya Tidak Ada yang Tahu

Sebarkan artikel ini
Pj Gubernur Papua Barat Doktor Ali Baham Temongmere MTP berdialog bersama pejabat utama Pemprov seusai upacara Senin (18/12/2023). FOTO: RUSTAM MADUBUN.PAPUADALAMBERITA

PAPUADALAMBERITA.COM.MANOKWARI – Penjabat Gubernur Papua Barat Doktor Ali Baham Temongmere MTP menekankan  Aparatur Sipil Negara (ASN) pemerintahan provinsi (Pemprov) Papua Barat harus mengetahui arti ASN  “BerAKHLAK.

Baca juga: Apel Akhir Tahun 2023 Pemda Papua Barat, Ini Pesan Gubernur Ali Baham Temongmere

Baca juga: Pesan Pj Gubernur Ali Baham: Jaga Persaudaraan, Keharmonisan Damai Natal dan Tahun Baru

Ali Baham mengingatkan pentingnya Core Values “BerAKHLAK” kepada ASN saat memimpin apel akhir tahun 2023 di Kantor Gubernur  Senin (18/12/2023).

Tetapi yang mencengkan pada apel penyampain nila-nilai dasar ASN itu, satupun ASN lingkungan Pemprov Papua Barat tidak ada yang mengetahui singkatan dari “BerAKHLAK”.

Padahal, gubernur setiap berkesempatan memimpin apel, Sarjana Stra dua (S2) lulusan Universitas Gajamda Jogjakarta ini membuka salam dengan “Selamat ASN BerAKHLAK bangga melayani bangsa.

‘’Tadi Saya menyebut BerAKHLAK,  BerAKHLAK itu dasar yang menjadi nilai inti dari ASN,’’ jelas Ali Baham Temongmere .

Ia pun menanyak satu-persatu ASN apakah ada yang mengetahui singkata dari kata “BerAKHLAK” untuk ASN?

‘’Siapa yang bisa menyebut singkatan “BerAKHLAK”? Ke depan,  apa yang disebut dengan “BerAKHLAK ,’’sahut mantan Kepala Distrik Teluk Arguni Kabupaten Fafak ini bertanya.

Lagi-lagi tidak ada satu pun ASN yang memberanikan diri untuk maju dan menjelaskan arti itu. Entah benar-benar tidak mengetahui memang hanya karena malu.

‘’BerAKHLAK itu kan ada beberapa nilai, kalau ASN yang sudah prajabatan semestinya sudah dapat itu, sekarang saya mau tanya ASN yang golongan dua Apa itu BeRAKHLAK,’’ ulang dia bertanya, lagi-lagi tidak ada yang mengetahui.

Melihat bahwa peserta apel Senin kemarin  (18/12/2023) tidak berani memberikan jawabanny, gubernur pun memberikan jawabanya.

“Yang saya sebut pagi-pagi ASN “BerAKHLAK”, ini brandnya bangga melayani bangsa, tetapi Core Valuesnya  nilai-nilainya yang menjadi dasar dengan pekerjaan, dirumuskan dalam “BerAKHLAK” itu,’’ jelas Ali Baham.

Ia menegas, bahwa seorang ASN wajib mengetahui arti “BerRAKHLAK dan tidak boleh lupa, Ia pun memberikan akronomi singkatanya.

‘’Arti  “BerAKHLAK” adalah (Ber) Berorientasi Pelayanan, (A) Akuntabel, (K) Kompeten, (H) Harmonis, (L) Loyal, (A) Adaptif, dan (K) Kolaboratif,’’ ujar lulusan APDN Jayapura 87 yang mengartikan Core Values ASN ini sebagai nilai-nilai dasar ASN, itu mendapat tepuk tangan panjang dari ASN yang tadinya tidak bisa menjawab itu.

Diakhir tahun 2023, ia mengingatkan ASN harus memegang arti “BerAKHLAK” Ia pun, memberikan pekerjaan rumah kepada ASN untuk segera belajar etiap poin dari singkatan “BerAKHLAK”.

‘’Karena Ini menjadi nilai-nilai inti yang menjadikan dasar dalam aparatur sipil Negara, ini bukan pra jabatan, bukan Diklat jadi Saya tidak jelaskan sampai ke poin-poin secara rinci, saya cuma menjelaskan poin singkatannya dan yang penting-penting saja,’’ sebut gubernur.

Poin kedua gubernur menekan kesuksesan itu adalah kemampuan seorang ASN pandai mengelola waktu kerja.

‘’Sebab waktu, siapapun tidak bisa mengatur waktu, waktu terus berjalan,’’ sambungnya.

Sebagai mana diketahui BerAKHLAK adalah core values Aparatur Sipil Negara (ASN) merupakan nilai-nilai dasar ASN sesuai Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN dalam satu kesamaan persepsi yang lebih mudah dipahami dan diterapkan seluruh ASN.(tam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf Tidak Bisa Dicopy !!