Nasional

Polri Siap Amankan Debat Pertama Pilpres 2024 di Kantor

215
×

Polri Siap Amankan Debat Pertama Pilpres 2024 di Kantor

Sebarkan artikel ini
Kabarhakam Polri Komjen Pol Fadil Imran saat memberikan keterangan di Jakarta, Kamis (7/12/2023). FOTO: ANTARA/RIO FEISAL

PAPUADALAMBERITA.COM.JAKARTA Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Pol Fadil Imran mengatakan bahwa Polri siap mengamankan debat pertama Pemilu Presiden (Pilpres) 2024 yang berlangsung di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Kamis (12/12).

“Kami sudah ada satgas, Satgas Preemtif, Preventif, dan Humas, semua sudah siap dan tidak ada masalah saya kira soal debat capres. Secara fisik kita bisa amankan,” kata Fadil di Jakarta, Kamis.

Fadil juga mengatakan bahwa debat pertama Pemilu akan berjalan secara aman karena desain pengamanan telah disiapkan dengan baik oleh Polri.

“Aman saya kira, kan desain-desain pengamanan sudah ada. Asesmen security sebelum kegiatan dilakukan kan sudah kita lakukan,” katanya.

Selain itu, Fadil menjelaskan bahwa pihaknya tidak mempermasalahkan pelaksanaan debat pertama yang tidak dilakukan di ruangan tertutup, melainkan akan dilaksanakan di ruang terbuka.

“Tidak ada masalah. Mau di hotel, mau di kantor KPU, mau di gedung pertemuan, saya kira kita pasti di jauh-jauh hari sebelumnya akan melakukan security assessment supaya semua dapat berjalan dengan baik” ujarnya.

Sebelumnya pada Rabu (6/12), Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari menjelaskan bahwa KPU akan melaksanakan lima debat capres/cawapres dengan porsi debat pertama, ketiga, dan kelima akan menjadi debat antar-capres, sedangkan debat kedua dan keempat debat antar-cawapres.

Selain urutan debat, Hasyim juga mengumumkan tema untuk debat capres dan cawapres bagi ketiga pasangan calon (paslon).

Debat pertama temanya meliputi pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga yang diadakan pada 12 Desember 2023.

Debat kedua temanya adalah ekonomi, baik ekonomi kerakyatan maupun ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan yang dilaksanakan pada 22 Desember 2023.

Debat ketiga meliputi pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik yang digelar pada 7 Januari 2024.

Debat keempat dengan tema pembangunan keberlanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa yang dilaksanakan pada 21 Januari 2024.

Debat kelima atau debat terakhir meliputi kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi yang diadakan pada 4 Februari 2024.(antara)
Oleh Rio Feisal
Editor : Imam Budilaksono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *