Papua Barat

Safari Ramadhan, Bupati Hermus Indou Ajak Warga Sidey dan Umat Muslim Jaga Toleransi

98
×

Safari Ramadhan, Bupati Hermus Indou Ajak Warga Sidey dan Umat Muslim Jaga Toleransi

Sebarkan artikel ini

Bupati Manokwari, Wakil Bupati Mankowari diterima unsur pemerintah, TNI, Polri dan Takmir Masjid Darus Salam Kampung Sidey, Kamis (29/4/2021) di Distrik Sidey Manokwari. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

PAPUADALAMBERITA.COM.MANOKWARI – Terpilihnya Hermus Indou, SIP,  MH sebagai Bupati Kabupaten Manokwari dan Drs Edi Budoyo sebagai wakil Bupati Kabupaten Manokwari  pada 9 Desember 2020 lalu tidak terlepas dari dukungan warga lokal dan warga muslim Kampung Sidey Makmur Satuan Pemukiman (SP) 11, Distrik Sidey Kabupaten Manokwari, Papua Barat.

Ungkapan sederhana itu didsampaikan langsung Bupati Manokwari, Kamis (29/4/2021) kepada warga muslim Sidey dalam acara Safari Ramadhan 1442 Hijriah- 2021 Masehi yang digelar Pemda Kabupaten Manokwari dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Manokwari di Masjid Darus Salam Kampung Sidey Makmur SP 11.

‘’Hari ini pemerintah kabupaten Manokwari diberikan kesempatan melaksanakan safari Ramadan 1442 hijriah atau 2021 masehi.  Kita bersyukur bersama-sama,  karena walaupun kita ada dalam masa pandemi COVID – 19 yang melanda dunia,  bangsa, Negara,  kita provinsi kabupaten bahkan Kecamatan mensyukuri bahwasanya kuasa Tuhan masih terus menyertai dan memelihara kita,’’ ujar Bupati Manokwari Hermus Indou.

Bupati Manokwari walaupun sudah banyak orang yang dipanggil Allah SWT di masa pandemi Covid 19. Tetapi hari ini warga Sidey bersama pemerintah daerah Manokwari masih saling memandang muka satu dengan yang di Kampung Sidey, bahwa ini juga adalah kehendak Allah semua masih terus ada.

Bupati Manokwari, Hemus Indou menyampikan sambutan pada Safari Ramadhan Pemda Manokwari dan MUI Manokwari Masjid Darus Salam Kampung Sidey, Kamis (29/4/2021) di Distrik Sidey Manokwari. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

‘’Saya bersama-sama wakil bupati Drs Edi Budoyo mengajak OPD di lingkungan Pemda Kabupaten Manokwari datang ke masyarakat Sidey khususnya melaksanakan safari Ramadan,  kita awali dari distrik yang paling jauh di Kabupaten Manokwari yaitu Sidey,’’ ujar bupati dalam sambutan tunggal.

Hermus Indou kembali menegaskan, bahwa pada momentum Pilkada 9 Desember 2020 lalu, semua masyarakat Manokwari bukan hanya berpartisipasi terlibat menyukseska Pemilukada,  tetapi juga ikut memenangkan Ia sebagai bupati Edi Budoyo bersama wakil bupati.

‘’Karena itu,  pada momentum ini,  kami menggunakan untuk menyampaikan terima kasih kepada bapak ibu semua,  khususnya umat Islam yang berdomisili di Distrik Sidey yang tentu bersama-sama dengan masyarakat lokal di tempat ini mempunyai komitmen yang sama menyukseskan Pemilukada dan memberikan amanat kepada kami berdua menjadi bupati dan wakil bupati untuk memimpin Kabupaten selama 3,5 tahun, semua yang telah dibuat bapak-ibu dalam Pemilukada lalu dapat dapat diberkati Tuhan Yang Maha Esa,’’ ujar Hermus disambut tepuk tangan meriah warga muslim Sidey.

Bupati Manokwari, Hemus Indou menyampikan sambutan pada Safari Ramadhan Pemda Manokwari dan MUI Manokwari Masjid Darus Salam Kampung Sidey, Kamis (29/4/2021) di Distrik Sidey Manokwari. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

Berikutnya Hermus Indou juga mengatakan, warga muslim sedang melaksanakan puasa di masa pandemi COVID-19 yang sangat berkepanjangan, tentu ini memiliki makna strategis,  bahwasanya masa pandemik COVID-19 ini secara kemanusiaan tidak punya kemampuan untuk menangkis.

‘’Karena yang mengijinkan pandemic COVID-10 ini ada karena Tuhan,  tetapi saya kira juga  Tuhan berkuasa untuk menghardik pandemic COVID-19 ini daripada kita semua.  kita gunakan momentum puasa ramadhan ini untuk terus merendahkan diri dan hati kita di hadapan Allah Maha Kuasa,’’ pesan Hermus.

Hermus Indou mengajak, semua warga Sidey dan Manokwari untuk bersyukur atas kejadian yang dialami bangsa, tetapi juga di daerah kita dengan tidak mengeluh  atas setiap kejadian yang terjadi, karena setiap kejadian sudah atur Allah,  tentu itu bukan saja sebagai ujian,  tetapi juga cobaan apakah iman dan taqwa masih seperti situasi normal atau tidak.

‘’Saya berkayakinan,  bahwasanya umat islam di kabupaten Manokwari dengan kejadian pandemi COVID-19 melalui ibadah puasa kedekatan hubungan dengan Allah semakin kuat,’’ sebut Indou.

Bupati Manokwari, Hemus Indou pada Safari Ramadhan Pemda Manokwari dan MUI Manokwari Masjid Darus Salam Kampung Sidey, Kamis (29/4/2021) di Distrik Sidey Manokwari. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

Pada kesempatan Ssafari ramadhan Pemda Kabupaten Manokwari MUI Kabupaten Manokwari bupati mengajakan mengajak semua warga Manokwari  kiranya memaknai ibadah di bulan suci ramadan dengan tetap meningkatkan kerukunan,  baik antar sesama umat muslim,  tetapi juga tetap menghargai umat dan juga masyarakat lain sebagai sesama anak bangsa yang diijinkan Tuhan bersatu Dari Sabang Sampai Merauke.

‘’Biarlah keIndonesiaan kita tidak diganggu gugat dan pecah,  bahkan diganggu siapapun.  Walaupun kita berbeda agama,  suku,  ras,  dan golongan,  kita berasal dari sang pencipta satu yaitu Tuhan Yang Maha Kuasa. Dan kita diizinkan Tuhan untuk kita bersatu dalam satu negara yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang terbentang dari Sabang sampai Merauke,’’ tutur Indou.

‘’Karena itulah kemudian kebijakan Bung Karno dan juga kebijakan Pak Soeharto untuk melakukan transmigrasi di seluruh Indonesia,  karena itu pesan ini saya sampaikan di momentum safari ramadhan ini untuk tetap menjaga keIndonesiaan kita dan kerukunan tentang umat beragama di Kabupaten Manokwari,’’ tambah Indou.

Bupati Manokwari, Wakil Bupati Mankowari bersama MUI Manokwari, unsur pemerintah, TNI, Polri dan Takmir Masjid Darus Salam Kampung Sidey, Kamis (29/4/2021) di Distrik Sidey Manokwari. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

‘’Kami (bupati dan wakil bupati, red) mengharapkan dukungan seluruh masyarakat bersedia tetap mendukung kepemimpinan pemerintahan saya bersama-sama bapak ibu kiranya perjalanan kepemimpinan ini berjalan dengan aman lancar dan damai untuk kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Manokwari,’’ ujar Hemus mengakhiri pesannya.

Hari pertama asafari ramadhan Pemda Manokwari dan MUI Kabupaten Manokwari dihadiri wakil bupati Manokwari, Asisiten, pimpinan OPD, Ketua MUI Manokwari, Sekertaris MUI Kabupaten pimpinan organisasi muslim Manokwari, Kepala Distrik Sidey, Mirdan D. Husein, SH, unsur TNI dan Polri di Sidey, warga muslim dan takmir Masjid Darus Salam Sidey Makmur SP 11.(tam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *