OlahragaPapua Barat

Sebelum Ke PON Aceh dan Sumut KONI Papua Barat Tingkatkan Mental Atlet

529
×

Sebelum Ke PON Aceh dan Sumut KONI Papua Barat Tingkatkan Mental Atlet

Sebarkan artikel ini
KONI Papua Barat gelar peningkatan mental atlet Puslatda PON XXI Aceh-Sumut Tahun 2024 Provinsi Papua Barat di Billi Hotel Manokwari (26/2/2024). FOTO: HUMAS PELATDA KONTINGEN PAPUA BARAT

PAPUADLAMBERITA.COM.MANOKWARI – Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua Barat meningkatkan mental bertanding atlet yang dipersiapkan menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh dan Sumatera.

Baca juga: KONI Papua Barat Usulkan Penambahan Anggaran untuk Transportasi, Akomodasi Ke PON XXI Aceh – Sumut

Peningkatan itu melalui kegiatan Pembinaan Mental (Bintal) atlet Puslatda PON XXI Aceh-Sumut Tahun 2024 di Provinsi Papua Barat.

‘’Pembinaan mental atlet pada Pemusatan ;latihan daerah (Puslatda) PON XXI Aceh-Sumut, ini merupakan rangkaian kegiatan KONI Papua Barat dalam rangka menuju ajang PON XXI Aceh – Sumut, tetapi juga menjadi agenda kegiatan pembinaan prestasi atlet dalam setiap cabang olahraga di Provinsi Papua Barat,’’ ujar Ketua Umum KONI Papua Barat Drs Dominggus Mandacan, melalui Plt Ketua Harian KONI Papua Barat Joni Saiba, di Bili Hotel Manokwari, Senin (26/2/2024).

Papua Barat akan mengikuti 25 cabang olahraga pada PON XXI di Aceh dan Sumut:

  1. Angkat Berat
  2. AngkatBesi
  3. Atletik
  4. Bermotor
  5. Biliar
  6. Balap Sepeda
  7. Bola Voli
  8. Dansa
  9. Dayung
  10. Futsal
  11. Hapkido
  12. Ju-Jitsu
  13. Kickboxing
  14. Layar
  15. Menembak
  16. Muaythai
  17. Panahan
  18. Selam
  19. Selancar Ombak
  20. Senam
  21. Sepak Bola
  22. Sepak Takraw
  23. Kempo
  24. Tenis Lapangan
  25. Tinju

‘’Dengan total atlet sebanyak 163 orang dan didampingi oleh 83 official. Menuju ajang olahraga empat tahunan yang diberlangsung di Aceh dan Sumut kita perlu membekali para atlet dengan tiga karakter,’’ ujarnya.

‘’Yakni (mau mejalani latihan mental dengan sikap positif,  menjalankan program latihan secara utuh, dan ketiga memiliki kemampuan untuk menjalani latihan dengan sempurna, dan sebaik mungkin,’’ sebut Plt Ketua Harian KONI Papua Barat.

Plt Ketua Harian KONI Papua Barat Joni Saiba, di Bili Hotel Manokwari, Senin (26/2/2024). FOTO: HUMAS PELATDA KONTINGEN PAPUA BARAT

Ia mengatakan, secara umum hal yang perlu mendapat perhatian dalam kegiatan pembinaan mental atlet ini ada lima adalah; (1) berpikir positif, (2) membuat catatan harian mental (mental log), (3) penetapan sasaran (goal-setting), (4) latihan relaksasi, (5) latihan visualisasi dan imajeri, dan (6) latihan konsentrasi.

‘’Untuk itu, saya KONI Papua Barat berharap agar para pelatih dan official dapat memperhatikan bagian ini agar dapat menghasilkan mentalmental juara yang dapat mengharumkan nama Papua Barat di berbagai ajang olahraga bergengsi di tanah air,’’ kata Joni Saiba.

Ia mengatakan, persiapan Papua Barat menuju PON XXI Aceh-Sumut Tahun 2024 ini terbilang singkat, 6 namun KONI optimistis dan tegaskan, bahwa atlet Papua Barat mampu dan bisa menjalankan semua program yang sudah direncanakan selama kegiatan Puslatda.

‘’Secara khusus atlet-atlet Papua Barat, saya yakin dan percaya memiliki ketangguhan mental, yang mencakup: percaya diri, mampu fokus, motivasi dalam diri, kerja keras, komitmen kuat, determinasi tinggi, berperilaku positif, mampu berkembang ketika tertekan, memiliki nilai perosnal yang konsisten, memiliki kecerdasan emosi, fisik yang kuat, dan ramah dalam menggapai kesuksesan,’’ sambungnya.

Materi pembinaan mental kepada pada atlet dalam kegiatan Puslatda ini, yakni Kapolda Papua Barat, Kakanwil Hukum dan HAM Papua Barat, Kepala BNN Papua Barat, Kadispora Papua Barat, serta KONI dan Satgas Puslatda.(rustam madubun)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf Tidak Bisa Dicopy !!