Papua Barat

Selenggarakan Seminar Parenting Akbar, Yakesma Harap Orang Tua Dapat Menjadi Pemeran Utama Dalam Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

220
×

Selenggarakan Seminar Parenting Akbar, Yakesma Harap Orang Tua Dapat Menjadi Pemeran Utama Dalam Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

Sebarkan artikel ini

  PAPUADALAMBERITA.COM.MANOKWARI – Yayasan Kesejahteraan Madani Papua Barat didukung oleh Jaringan Sekolah Islam Terpadu (SIT) Papua Barat menyelenggarakan Seminar Parenting Akbar bertempat di Ballroom Valdos Hotel pada Ahad, (10/12/23).

Acara ini, berlokasi di Hotel Valdos Manokwari, seminar ini dihadiri oleh lebih dari 205 orang peserta yang terdiri dari tenaga pendidik formal dan informal, orang tua wali murid dan Masyarakat umum.

Seminar ini masih membahas tema yang tak jauh dari permasalahan anak saat ini tentang “Penanganan Permasalahan Masalah Umum dan Kronik Pada Anak Gen-Z Dari Rumah”.

Dimana fokus dari seminar ini untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya membangun hubungan emosional yang baik antara orang tua dan anak yang disampaiakan oleh Dr. Lalu Yulhaidir,MPsi,Psikolog yang merupakan Tenaga Ahli dalam bidang psikologi Pendidikan dan pengasuhan anak.

Dr. Lalu Yulhaidir,MPsi,Psikolog sebagai narasumber sedang menyampaikan materi mengenai parenting. FOTO: Panitia Pelaksana. PAPUADALAMBERITA.COM

Acara ini juga dihadiri oleh Kepala Cabang Yakesma Papua Barat Komaruddin,Shut,Mling, Pendiri Yayasan Lentera Hati Manokwari H.Mugiyono,Shut,Mling dan Ketua JSIT (Jaringan Sekolah Islam Terpadu) Papua Barat Makrup,Ss,Mpd.

Dalam sambutannya, kepala cabang Yakesma Papua Barat menyampaikan tentang kondisi anak anak zaman sekarang yang kehidupannya tak lepas dan tak jauh dari gadget.

“Dalam tumbuh kembang anak saat ini tak dapat dipungkiri bahwa sangat dipengaruhi oleh dunia digital dan ini memengaruhi serta merubah kegiatan bersosialisasi dan sarana pertumbuhan anak kita, orang tua dituntut untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi dan dampaknya” kata Komaruddin dalam sambutannya.

“Pada kesempatan ini juga kami telah mengundang narasumber yang sangat kompeten dalam bidang psikologi, sehingga harapannya kita semua dapat berperan aktif dalam mengambil manfaat dari kegiatan ini” sambungnya.

Tak lupa Komaruddin juga berharap dan mengajak para peserta yang hadir untuk menerapkan ilmu apa yang nantinya akan di dapatkan dari kegiatan parenting akbar ini.

“Dalam kesempatan yang terbatas ini juga kami mengajak para bapak/ibu tamu undangan yang hadir kemudian dapat diamalkan dalam kegiatan pengasuhan anak di rumah” tutup kepala cabang Yakesma Papua Barat.

H.Mugiyono,Shut,Mling dalam kesempatannya memberikan sambutan pada opening ceremony Parenting Akbar. FOTO: Panitia Pelaksana. PAPUADALAMBERITA.COM

Dengan hubungan emosional yang baik, diharapkan anak-anak lebih terbuka kepada orang tua sehingga dapat membantu anak-anak usia muda untuk menghindari bahaya kecanduan gadget narkoba, pergaulan bebas dan bahaya-bahaya lingkungan lainnya.

Dalam pola dan cara pengasuhan anak inilah yang menjadi poin penting dalam mendidik seorang anak, mulai dari faktor lingkungan hingga bagaimana cara orang tua mendidik anaknya.

Inilah yang disinggung oleh H.Mugiyono,Shut,Mling dalam kesempatannya memberikan sambutan sebagai pendiri Yayasan Lentera Hati Manokwari.

“Gen-Z itu memang bagian dari yang cukup rentan terhadap pengaruh pengaruh dari lingkungan yang ada disekitar kita, sehingga peran kita selaku orang tua sangatlah penting untuk mempengaruhi, karena hidup ini adalah kekuatan mempengaruhi, siapa yang pengaruhnya lebih kuat, maka dia yang akan memenangkan kompetisi” ujar Mugiyono

“Kalau kemudian kita sebagai orangtua tidak bisa mempengaruhi anak kita, mengarahkan anak kita, maka anak kita akan dipengaruhi oleh orang lain dan lingkungan lain” lanjut Mugiyono

“Anak anak kit aitu memiliki kepribadian yang berbeda-beda, dan salah satu yang mempengaruhi perilakunya adalah selain lingkungannya yaitu kita sebagai orangtuanya” sambung Mugiyono

Antusiasme para peserta dalam sesi diskusi dan tanya jawab. FOTO: Panitia Pelaksana. PAPUADALAMBERITA.COM

Pada saat kegiatan berlangsung, peserta sangat antusias dan aktif memberikan pertanyaan dan berdiskusi bersama narasumber Dr. Lalu Yulhaidir,MPsi,Psikolog banyak pertanyaan yang kemudian  disampaikan berdasarkan dengan kondisi yang sebenarnya dan sedang terjadi.

Para peserta dan tamu undangan yang hadir sangat mengapresiasi kegiatan seminar parenting ini. Melalui pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan oleh peserta, panitia menangkap adanya kerinduan akan seminar-seminar serupa. terutama tentang bagaimana cara mendidik anak.

Peserta sangat mengapresiasi pelaksanaan seminar parenting akbar ini dan berharap adanya kegiatan lanjutan.(tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *