Papua Barat

Soal DOB Kokas, Ini Tanggapan Gubernur Papua Barat

154
×

Soal DOB Kokas, Ini Tanggapan Gubernur Papua Barat

Sebarkan artikel ini

Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan, Ketika Akan Menggunakan Pesawat Susi Air Kembali Ke Manokwari Dari Bandara Torea Fakfak. Rabu 16 Juni 2021. FOTO : RICO LET’s./PAPUADALAMBERITA.COM.

PAPUADALAMBERITA.COM. FAKFAK – Kokas, merupakan sebuah nama yang tak asing lagi di telingan masyarakat Fakfak, Kokas juga merupakan salah satu Distrik tertua di Fakfak, masyarakat Kokas tentunya merindukan untuk daerahnya menjadi sebuah daerah otonom baru di tanah Papua khusunya diwilayah Papua Barat.

Kalau beberapa daerah lain di Papua dan Papua Barat kini telah menikmati daerah otonom baru mengapa Kokas tidak bisa ? mungkin itu sedikit keluh kesah masyarakat Kokas yang mendambakan daerahnya menjadi suatu Kabupaten di Papua Barat.

Banyak janji janji Politik saat musim itu tiba namun hingga kini Kokas masih tetap menjadi sebuah Distrik di bawah Pemerintah Kabupaten Fakfak. Terkait dengan Kokas, Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, yang dimintai tanggapannya soal keseriusan Pemerintah Provinsi Papua Barat untuk mendukung pemekaran Kokas menjadi sebuah Kabupaten, mengatakan, Pemerintah Provinsi Papua Barat tetap akan serius memperhatikan pemekaran Kokas menjadi sebuah DOB.

Namun menurutnya, upaya untuk mendorong Kokas sebagai salah satu DOB di Papua Barat hingga saat ini masih terbentur dengan kendala penundaan pemekaran daerah yang belum dicabut Pemerintah.

“Untuk mendorong Kokas sebagai daerah otonomi baru di Papua Barat masih terbentur dengan kendala Moratorium yang belum dicabut Pemerintah”, tukas Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, saat didampingi Bupati Fakfak Untung Tamsil, S.Sos, M.Si, di terminal keberangkatan Bandara Torea Fakfak, kepada papuadalamberita.com. Rabu (16/6/2021).

Lanjut Gubernur Dominggus Mandacan, namun untuk soal persyaratan Kokas menjadi suatu daerah otonomi baru (DOB) yang selama ini telah disiapkan telah memenuhi persyaratan untuk diusulkan sebagai DOB baru di Papua Barat.

“Persyaratan untuk Kokas menjadi suatu daerah otonomi baru (DOB) sudah lengkap tinggal menunggu kapan Moratorium itu di cabut sehingga kita bisa mendorong impian masyarakat Kokas ini”, tutur orang nomor satu di Papua Barat ketika dicegat papuadalamberita.com. dipintu keluar VIP Room terminal keberangkatan Bandara Torea, kemarin.

Karena itu Dominggus Mandacan, berharap agar masyarakat Kokas bersabar menanti pencabutan moratorium oleh Pemerintah sehingga nantinya aspirasi pemekaran Kokas akan segera didorong Pemerintah Papua Barat.(RL 07)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *