Dir Reskrimum Polda Papua Barat Kombes Pol Ilham Saparona bersama Kabid Humas Polda Papua Barat, Kombes Pol Adam Erwindi, SIK, MH dan empat pelaku... Tim Reskrimum Polda Papua Barat Tangkap Empat  Perampok Nasabah Bank Papua, Senilai Rp363.302.200

Dir Reskrimum Polda Papua Barat Kombes Pol Ilham Saparona bersama Kabid Humas Polda Papua Barat, Kombes Pol Adam Erwindi, SIK, MH dan empat pelaku (baju orangge) saat press realase kepada wartawan Rabu (21/7/2021) di Polda Papua Barat. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

Empat pelaku perampokan nasabah Bank Papua (baju tahanan orangge) kepada wartawan Rabu (21/7/2021) di Polda Papua Barat. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

PAPUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI – Jajaran Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Papua Barat meringkus empat orang perampok nasabah Bank Papua, Manokwari yang beraksi Kabupaten Manokwari, Papua Barat.

Keempat perampok itu Sudirman alias Sudi (47 tahun), warga Jalan Campagayya Makassar,  Akbar

(44 Tahun) warga beralamat  Jalan Masale 4 Makassar,  Bayu Andrean alias Wawan (42 tahun), warga BTN Hartaco Indah Makassar, dan Ibrahim alias Ibe Warga Jalan Kelapa III Makassar.

“Barang (uang) yang berhasil dirampok 7 Mei 2021 yaitu senilai Rp363.302.200 (Tiga ratus enam puluh tiga juta tiga ratus dua ribu dua ratus rupiah),’’ ujar Kabid Humas Polda Papua Barat saat mebuka press release di Polda Papua Barat.

Direktur Umum (Dirkrimum) Polda Papua Barat Kombes Pol Ilham Saparona bersama Kabid Humas Polda Papua Barat, Kombes Pol Adam Erwindi, SIK, MH kepada wartawan Rabu (21/7/2021) di Polda Papua Barat mengatakan, penangkapan ini dilakukan tim Jatanras Ditreskrimum Polda Papua Barat tanggal 14 Juli 2021 dibantu tim Jatanras Sat Reskrim Polrestabes Kota Makassar.

‘’Penangkapan dilakukan di kota Makassar Sulawesi Selatan, kejadian ini merupakan pencurian pemberatan dengan korban nasabah Bank Papua di Manokwari, kejadiannya 7 Juli 2021 dengan tempat kejadian Jalan Trikora Wosi Manokwari,’’ jelas Dir Reskrimum Polda Papua Barat.

Menurut Dirreskrimum pihaknya telah melakukan pemeriksaan terhadap empat tersangka dengan lengkap sesuai peran masing-masing.

Adapun peran para pelaku sebagai berikut Akbar sebagai yang menggambar lokasi dan ciri-ciri korban di dalam bank papua lalu memberitahukan kepada Sudirman, Bayu adrean alias wawan dan Ibrahim alias ibe.

Bayu adrean alias wawan sebagai jaga lawan yang memanggil anak korban di dalam mobil. Ibrahim sebagai joki dari eksekutor.  Sudirman sebagai eksekutor yang mengambil tas yang berisikan uang yang berada dalam mobil.

Kombes Pol Ilham dan Kombes Pol Adam Erwindi mengatakan, saat kejadian itu korban meninggalkan mobil ke toko handphone,  dan anaknya di dalam mobil, kemudian satu pelaku bertugas mengalihkan perhatian anak korban seolah-olah ban mobil kempes,  kemudian salah satu pelaku mengambil uang korbannya.

‘’Beberapa pelaku merupakan residivis,  dan sudah dimonitor merupakan pelaku lintas provinsi para pelaku ini sudah pernah dilakukan penahanan di JayapuraPapua. Keempat tersangka ini kita amankan kita sudah lakukan pemeriksaan, tinggal pengembangan untuk melengkapi berkasnya dan barang buktinya sudah lengkap,’’ ujar Ilham.

Tiga kendaraan bermotor roda dua yang disewa empat pelaku dalam melakukan perampokan pada nasabah Bank Papua Manokwari. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

Dirreskrimum menjelaskan , barang bukti berhasil disita pada saat 14 Juli uang senilai Rp7.000.000 dari total jumlah yang diramnpok. Kempat korban membagi rata hasil rampokannya kemudian ada beberapa uang yang digunakan untuk biaya pelarian.

‘’Setelah melakukan kejahatan dan kabur ke Makassar lewat Sorong, pada saat itu situasinya masih lockdown mereka bermalam di Sorong selama 10 hari,  hasil uang rampokan itu digunakan untuk hiburan malam, digunakan untuk dipakai membayar hutang,  memberikan kepada istri untuk lebaran. Uang sisanya tuju juta lebih kami juga sita tuju handphone dan dua tas saat digunakan melakukan kejahatan, uang korban itu uang dana desa Kampung Warmare, Manokwari,’’ urai Ilham.

Ilham mengatakan, tidak ada indikasi karyawan bank yang ikut membantu dalam kejahatan ini, tetapi jika diperlukan karyawan bank juga akan didengar penjelasannya nanti. Para pelaku merupakan residivis residivis dalam kasus yang sama di Jayapura tetapi nama banknya kita belum ketahui.

Tersangka dijerat Pasal 363 Ayat (1) Ke-4 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal tujuh tahun  penjara pencurian dengan pemberatan

Penangkapan pelaku perampokan oleh tim gabungan,  Tim Khusus Direktorat ReskrimUm Polda Papua Barat dan Tim Jatanras Polrestabes Makassar. Timsus Dit Krimum Polda Papua Barat yang melakukan penangkapan IPTU Abdul Rahman Sala SH bersama Kasubnit 2 Jatanras Polrestabes Makassar IPDA Nasrullah AMd Kep SE MH dan Opsnal Polsek Mamajang.

Akbar, Sudirman alias Sudi,Bayu adrean alias Wawan dan Ibrahim alias Ibe telah mengakui dan membenarkan melakukan pencurian dengan motif mencari korban yang sedang pencairan uang di bank lalu mengikuti korban sampai mobil korban berhenti dan mengambil uang yang berada di mobil korban setelah kejadian pelaku membagi hasil curiannya.(tam)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *