NasionalPapua Barat

Tim Seleksi Terbentuk, Rekrutmen Bawaslu Papua Barat Tunggu Pedoman Pusat

90
×

Tim Seleksi Terbentuk, Rekrutmen Bawaslu Papua Barat Tunggu Pedoman Pusat

Sebarkan artikel ini

Komposisi Timsel Anggota Bawaslu Papua Barat, Mervin Arison Asmuruf, Ida Budhiati, Romi Mongdong, H. Muhammad Ridha Suaib dan Sidarman. FOTO: PAPUADALAMBERITA/ISTIMEWA.

PAPUADALAMBERITA.COM.MANOKWARIBadan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI telah membentuk Tim Seleksi (Timsel) rekrutmen anggota Bawaslu di 29 Provinsi.

Dari 29 Timsel, salah satunya adalah dari Papua Barat. hal itu tertuang pada Surat Pengumuman Bawaslu RI Nomor: 220/KP.01.00/K1/03/2023 tentang Pembentukan Tim Seleksi Calon Anggota Bawaslu Provinsi di 29 Provinsi Periode 2023-2028.

Berdasarkan pengumuman tersebut, komposisi Timsel Anggota Bawaslu Papua Barat, terdiri dari Mervin Arison Asmuruf, Ida Budhiati, Romi Mongdong, H. Muhammad Ridha Suaib dan Sidarman.

Di sela-sela pembelakan Timsel yang digelar di Jakarta 30 Maret hingga 1 April 2023, tim sudah sepakat menunjuk Mervin Arison Asmuruf sebagai ketua timsel dan Sidarman sebagai sekretaris.

Ketua Timsel, Mervin Arison Asmuruf mengatakan, sesuai arahan saat pembekalan baru-baru ini, dia dan keempat rekan timsel lainnya ditugasi merekrut pengganti dua anggota Bawaslu Papua Barat yang masa tugasnya akan berakhir pada Bulan Juli 2023 mendatang.

Mengenai tahapan, Mervin menyatakan masih menunggu arahan dan pentunjuk lebih jauh dari Bawaslu RI.

“Meski kami sudah selesai mengikuti pembekalan, tapi kami dan rekan-rekan timsel lainnya masih menunggu pedoman yang akan dikeluarkan dari Bawaslu RI. Termasuk kapan waktu pembukaan pendaftaran akan dilaksanakan,” tandas Mervin.

Walau belum ada pedoman tahapan, menurut Mervin, timsel tetap akan menyosialisasikan proses rekrutmen ini kepada masyarakat di seluruh Papua Barat.

Mervin menegaskan, rekrutmen ini terbuka bagi seluruh masyarakat di Papua Barat yang memenuhi persyaratan.

“Kita persilahkan seluruh masyarakat di Papua Barat yang memenuhi persyaratan,’’ ujarnya.

Dua Anggota Bawaslu PB Selesai di Bulan Juli 2023. Sesuai periodesasi, ada dua anggota Bawaslu Papua Barat yang masa tugasnya akan berakhir pada Bulan Juli 2023 mendatang. Keduanya yakni, Agustinus Simson Naa dan Nazil Hilmie.

Berdasarkan ketentuan dan materi yang disampaikan saat pembekalan, Timsel Bawaslu Papua Barat akan menyeleksi dan menetapkan empat orang calon atau sebanyak dua kali kebutuhan. Nama empat besar itu kemudian dikirimkan ke Bawaslu RI untuk dipilih dua orang terbaik yang akan mengisi posisi anggota Bawaslu Papua Barat.

Saat ini, di Bawaslu Papua Barat telah ada tiga anggota yang periodesasinya berbeda dengan dua anggota lainnya. Ketiga anggota itu yakni, Jhon Charles Imbiri, Elias Idie dan Nurlaila Muhamad. Ketiganya dilantik sebagai anggota pada 21 September 2022 lalu.(rls/tam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *