Papua BaratPapua Barat Daya

Torang Creative and Ecotourism Festival 2024: Mau Papua Maju UMKM Harus Berkembang

497
×

Torang Creative and Ecotourism Festival 2024: Mau Papua Maju UMKM Harus Berkembang

Sebarkan artikel ini
Deputi Gubernur BI Aida S Budiman Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Papua Barat Daya Mohammad Musa'ad dan Penjabat Sekda Papua Barat Yacob S Fonataba bersama penerima bantuan sosial, program ketahanan pangan di Gedung Lambert Jitmau, Kota Sorong Papua barat, selama dua hari Sabtu - Minggu (18, 19/5/ 2024). FOTO: RONY SIDABUTAR.KAPABAR.COM

PAPUADALAMBERITA.COM.SORONG  – Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM) sangat penting untuk pembangunan satu daerah.

‘’Kalau mau menuju Papua maju dan Indonesia maju maka UMKM harus terus dikembangkan secara bersama-sama,’’ jelas  Deputi Gubernur BI Aida S Budiman dalam sambutannya membuka Torang Creative and Ecotourism Festival 2024 di Gedung Lambert Jitmau, Kota Sorong Papua barat, Sabtu (18/5/ 2024)

Torang Creative and Ecotourism Festival 2024 yang mengangkat tema “The Spirit of Tanah Papua Fostering Inclusive Growth Promoting Creative Economy and Sustainable Tourism” digelar Kantor Perwakilan (KPw )Bank Indonesia (BI) Papua Barat, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat dan Papua Barat Daya.

Torang Creative and Ecotourism Festival 2024 yang diikuti 50 UMKM Papua Barat dan Papua Barat Daya bertujuan mendorong ekonomi kreatif melalui UMKM serta pariwisata berkelanjutan di Papua Barat dan Papua Barat Daya.

Deputi Gubernur BI Aida S Budiman  menyampaikan terima kasih, apresiasi kepada Pemprov Papua Barat dan Papua Barat Daya yang telah memberikan dukungan, sehingga Torang Creative and Ecotourism Festival 2024 terlaksana.

“Melalui Torang Creative and Ecotourism Festival 2024 merupakan bentuk komitmen BI kepada Pemprov Papua Barat dan Papua Barat Daya,” ujar Aida.

Menurut Aida, UMKM merupakan bagian terbesar dari pertumbuhan bruto domestik dengan total 60 persen bersumber dari UMKM.

“Kemudian kalau berbicara dari sisi tenaga kerja dan unit usaha, itu malah lebih dari 95 persen. Sekarang ini, sudah hampir 16 persen pangsa ekspor nonmigas berasal dari UMKM, nilainya sudah menyentuh angka Rp 1 triliun,” ungkap Aida.

Akan tetapi, sambung Aida, UMKM sangat penting untuk pembangunan di satu daerah. Bahwa kalau mau menuju kepada Papua maju dan Indonesia maju maka UMKM harus terus dikembangkan secara bersama-sama.

Dikatakan Aida, dari sisi pariwisata dalam Torang Creative and Ecotourism Festival 2024 itu dilakukan launching desa wisata Kampung Marsi Kabupaten Kaimana dan Kampung Malaumkarta Kabupaten Sorong.

“Disini, BI juga memberikan bantuan sosial, penyerahan Qris dan bantuan program ketahanan pangan. Semoga bisa bermanfaat untuk pertumbuhan pariwisata di Papua Baray dan Papua Barat Daya,” tukasnya.(*)

pewarta: ron/rustam madubun

Copyright © PAPUADALAMBERITA 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *