fbpx
Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw (dua kiri) berbicara kepada salah satu pengungsi Wamena di Aula Yonif RK 751/VJS, Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Selasa... Kapolda Papua Siap Tambah Personel ke Kabupaten Puncak

Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw (dua kiri) berbicara kepada salah satu pengungsi Wamena di Aula Yonif RK 751/VJS, Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Selasa (1/10/2019). FOTO:  antara/Alfian Rumagit/aa./papuadalamberita.com

PAPUADALAMBERITA.COM. JAYAPURA – Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw mengatakan siap menambah personel keamanan ke Kabupaten Puncak untuk mengamankan wilayah ini dari gangguan kelompok kriminal  bersenjata (KKB).

“Kami akan segera menambah personel yang sudah ada, sehingga masyarakat merasa aman,” kata Irjen Waterpauw, di Sentani, Selasa.

Diakuinya, dari laporan yang diterima terungkap dalam sepekan ini KKB telah melakukan dua kali penembakan yang menewaskan tiga warga sipil dan jenazahnya sudah dimakamkan di kampung halaman masing-masing.

Namun belum dipastikan kapan personel keamanan tambahan itu diberangkatkan dan berapa banyak jumlahnya, karena masih akan dibahas kembali, kata Waterpauw yang kembali menjabat Kapolda Papua untuk kedua kalinya.

Sebelumnya, Bupati Puncak Willem Wandik secara terpisah menyatakan akan meminta tambahan aparat keamanan untuk mengamankan wilayahnya dari gangguan KKB yang sering kali melakukan penembakan kepada warga di wilayahnya.

Padahal dirinya selalu melakukan komunikasi dengan kelompok-kelompok tersebut dan meminta agar tidak mengganggu warga sipil.

Selain berkomunikasi dengan KKB, kata Wandi, dirinya juga melakukannya dengan tokoh masyarakat dan tokoh agama agar tidak ada gangguan keamanan yang terjadi di wilayahnya sehingga pembangunan dapat dilakukan.

Upaya-upaya yang dilakukan Pemkab Puncak dinilai sudah cukup maksimal termasuk meminta agar warga tidak usah mengungsi keluar Ilaga, kata Bupati Wandik.(ant)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf Tidak Bisa Dicopy !!