Nasional

Kapolri Imbau Masyarakat Mudik Lebih Awal

215
×

Kapolri Imbau Masyarakat Mudik Lebih Awal

Sebarkan artikel ini
Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat meninjau pelaksanaan mudik Lebaran 1445 H/2024 di Pelabuhan Merak. FOTO: ANTARA/MANSYUR.

PAPUADALAMBERITA.COM.MERAK-Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengimbau masyarakat baiknya mudik Lebaran 1445 H/2024 lebih awal agar perjalanan lancar dan aman.

“Kita minta warga jika tidak ada kegiatan tentu lebih baik mudik lebih awal,” kata Listyo Sigit saat melakukan pemantauan kesiapan Pelabuhan Merak, Banten, Senin.

Berdasarkan hasil survei Kementerian Perhubungan bahwa mudik 2024 mengalami kenaikan sekitar 5 persen dibandingkan tahun lalu dan pihak kepolisian sudah mengantisipasi lonjakan penumpang maupun kendaraan terutama di Pelabuhan Merak, Banten.

Karena itu, masyarakat diimbau lebih baik mudik lebih awal untuk menghindari hari-hari puncak arus mudik yang diprediksi terjadi akhir pekan ini.

Selain itu, lanjut dia, masyarakat diharapkan bisa bergeser keberangkatan saat menyeberang dari Pelabuhan Merak menuju Pulau Sumatera melalui Pelabuhan Bakauheni dari malam ke siang hari.

Begitu juga jika masyarakat khawatir terancam keamanan di daerah-daerah rawan kejahatan sebaiknya melapor ke petugas pengamanan di posko-posko setempat.

Petugas kepolisian juga bersiaga di sejumlah posko keamanan sepanjang jalur mudik di Pulau Sumatera. Selain itu kondisi jalan mudik di baik tol maupun jalur alternatif kondisinya cukup baik.

“Kami menjamin pelaksanaan mudik tahun ini relatif aman dan lancar serta selamat sampai tujuan,” kata Kapolri menegaskan.

Dalam kunjungan kesiapan mudik Lebaran di Pelabuhan Merak juga dihadiri Menko Polhukam Hadi Tjahjanto, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Pj Gubernur Banten Al Muktabar dan Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi.(ant)
Pewarta : Mansyur suryana
Editor : Bayu Kuncahyo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf Tidak Bisa Dicopy !!