Papua

Kota Jayapura Perlu Pemimpin Milenial Yang Visioner

206
×

Kota Jayapura Perlu Pemimpin Milenial Yang Visioner

Sebarkan artikel ini
Sekretaris Eksekutif Koalisi Kampus Untuk Demokrasi, Elvira Rumkabu. FOTO: ISTIMEWA.PAPUADALAMBERITA

PAPUADALAMBERITA.COM. JAYAPURA – Saatnya Kota Jayapura memerlukan pemimpin milenial atau muda yang visioner dan paham dengan kompleksitas di ibu kota Provinsi Papua.

Demikian hal ini disampaikan oleh Elvira Rumkabu, selaku Sekretaris Eksekutif Koalisi Kampus Untuk Demokrasi menyikapi dinamika politik di Kota Jayapura menyambut pemilu kepala daerah (Pilkada) pada November mendatang.

“Ada pemimpin orang muda yang punya gagasan meski tidak baru, atau juga bisa meneruskan kebijakan sebelumnya namun solutif, dan juga paham dengan kebutuhan yang ada di tengah warga serta dinamika yang terjadi terutama persoalan yang ada,” katanya Sabtu 23 Maret 2024.

Selain itu, ungkap dosen Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Pemerintah dari Universitas Cenderawasih (Uncen) berpendapat bahwa pemimpin muda yang dimaksud punya cara pandang yang ‘out of the box’ dalam memimpin Kota Jayapura. “Cara pandang yang fresh atau segarlah,” ujarnya.

“Jadi, kita, warga di Kota Jayapura butuh cara pandang yang baru, apalagi anak-anak muda ini energik, waktu lebih banyak dan mereka bagus karena didukung oleh jejaringan yang luas dan kuat,” sambungnya.

Ia berharap pada pemilu kepala daerah yang akan datang atau pada November 2024 ada sosok pemuda yang punya wawasan luas, energik, jaringan kuat serta punya rekam jejak yang baik dan siap bertarung menjadi orang nomor satu di Bumi Port Numbay.

“Kalau ada pemimpin muda yang muncul tapi dengan kemampuan yang baik, perspektif yang lebih baru, solutif dan kekinian untuk jawab tantangan yang ada. Biasanya sumber seperti ini ada di orang muda,” katanya lagi.

“Jadi, kalau ada pemimpin muda yang muncul tawarkan sesuatu yang tidak harus baru tetapi sesuatu yang tepat pada kebutuhan warga dan bisa dikerjakan dengan tindakan dan pemikiran yang bagus itu pasti lebih menarik,” tambah aktivis perempuan muda ini.

Ditanya soal figur yang dimaksudkan, mantan presenter Papua Tv itu mengaku belum melihat orang muda ataupun belum terlihat, tetapi diyakini bahwa Kota Jayapura mempunyai orang muda dengan kriteria dimaksud hanya saja belum terekspos oleh media atau juga belum terlihat untuk maju sebagai calon wali kota atau wakil wali Kota Jayapura.

Dalam pemilu legislatif Februari 2024 yang saat ini sudah diumumkan sejumlah nama-nama calon legislatif dengan peraih suara terbanyak, ada beberapa sosok pemuda baik lahir dan besar serta asli Port Numbay yang punya kans untuk menjadi pemimpin masa depan Kota Jayapura untuk lima tahun kedepan.

Dalam pantauan redaksi, mereka ini diantaranya yang maju caleg baik di Kota Jayapura dan Provinsi Papua adalah Jefta Wiliams Sibi, Theo RB Ajomi, Agustinus Rande, Bartho Taniaw, Mukri Hamadi, Joni Y Betaubun. Dari kelompok orang muda ini ada yang sudah dipastikan melenggang menjadi legislator di Kota Jayapura atau di Provinsi Papua.(rls/tam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf Tidak Bisa Dicopy !!