Ketua Fraksi Otsus DPR Papua Barat,  George Karel Dedaida.S.Hut, Pangdam XVIII/kasuari, I Nyoman Cantiasa, SE, MTR (Han), Kapolda Papua Barat, Irjen Pol DR Tornagogo... Pelucuran Buku Karya Irjen Pol Doktor Tornagogo Sihombing, Menyulam NKRI, Merawat Rasa Aman

Ketua Fraksi Otsus DPR Papua Barat,  George Karel Dedaida.S.Hut, Pangdam XVIII/kasuari, I Nyoman Cantiasa, SE, MTR (Han), Kapolda Papua Barat, Irjen Pol DR Tornagogo Sihombing, SIK, MSI dan  Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Papua Barat, Niko Tike,  Senin (12/4/2021). PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

Kapolda Papua Barat, Irjen Pol DR Tornagogo Sihombing, SIK, MSI, memberi tanda tangan pada bukunya untuk diberikan kepada peserta beah buku, Senin (12/4/2021). PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

Kapolda Papua Barat didampingi Kabid Humas Polda Papua Barat yang ditemui wartawan, Senin (12/4/2021) di Polda Papua Barat. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

PAPUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI – Irjen Polisi Doktor Tornagogo Sihombing, SIK, MSI sejak 6 Desember 2019 menjabat sebagai Kepala Kepolisian Daerah Papua Barat. Perwira Tinggi Polri kelahiran 23 November 1967 adalah lulusan Akpol 1990 berpengalaman dalam bidang reserse.

Lima pembicara dari berbagai disiplin ilmu yaitu Prof Dr Paschalis Maria Laksono, MA, Prof Dr uhammad Mustofa, MA, Prof Dr Hamdi Muluk, Msi, Dr Adriana Elisabeth MSoc.Sc, Dr J Kristiadi tampil sebagai pembicara dalam bedah buku yang berjudul “Menyulam NKRI, Menata Rasa Aman” dipandu Alya Rohali, SH, MH dan dilakukan secara zoom meeting, Senin (12/4/2021) di Polda Papua Barat.

‘’Saya merasa bahwa bertugas di Papua lengkap jika kita mengabadikan mendokumentasikan pengalaman-pengalaman yang kita lakukan, sayang kalau kita tidak abadikan,’’ ujar penulis buku yang Kapolda Papua Barat kepada wartawan, seusai bedah buku di Polda Papua Barat.

Ketua Fraksi Otsus DPR Papua Barat,  George Karel Dedaida.S.Hut, Pangdam XVIII/kasuari, I Nyoman Cantiasa, SE, MTR (Han), Kapolda Papua Barat, Irjen Pol DR Tornagogo Sihombing, SIK, MSI dan  Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Papua Barat, Niko Tike,  Senin (12/4/2021). PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

Kapolda mengatakan, bahwa tujuannya menulis buku setebal 238 halaman itu  untuk betul-betul memberikan kontribusi kepada Polda dan para akademisi di Papua Barat.

‘’Sama-sama kita memberikan pengetahuan tentang Papua yang sebenarnya dengan keilmuan kita, kita dididik untuk menerima ilmu seperti perguruan tinggi, kita harus diaplikasikan dan dikomunikasikan saya sudah berusaha memberikan untuk selanjutnya kita perlu dialog tentang Papua,’’ sebut Kapolda.

Menurut Kapolda, memilih judul Menyulam NKRI, Merawat Rasa Aman Itu karena ada hal  yang perlu antisipasi.

‘’Kita perlu dalam rangka untuk peradaban Papua yang lebih baik,  kita tidak ingin proses peradaban itu terkendala dengan adanya isu-isu kejahatan,  adanya isu-isu separatism,  biarlah mengalir Papua itu menjadi mozaik yang betul-betul menjadi perhatian untuk Indonesia,’’ jelas Kapolda.

‘’Merawat Rasa Aman itu adalah kedua hal penting kita sampaikan,  karena proses peradaban itu kalau kita dilandasi oleh rasa aman,’’ tuturnya.

Ia mengatakan, masyarakat adalah bagian dari yang perlu diengar,  dan kemudian harus setara dengan masyarakat dalam rangka perbaikan-perbaikan.

‘’Kalau disimak tadi yang disampaikan para pakar sebetulnya kita sudah paham bagaimana masyarakat bisa memahami tentang hal-hal yang perlu dirubah,  terkait kebiasaan-kebiasaan yang tadinya kurang baik kita lurus,  kita revitalisasi dan itu harus ada pembicaraan dari yang dimulai dari masyarakat sendiri yang ditokohkan,  di situ yang membawa masalah ini menjadi lebih baik,’’ tambah Kapolda.(tam)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *