fbpx
PAPUADALAMBERITA.COM, MANOKWARI – Persiapan pemerintah Provinsi Papua Barat dalam melaksanakan pemilihan umum (Pemilu) serentak presiden-wakil presiden, DPR, DPD dan DPRD provinsi serta kabupaten/kota sudah... Persiapan Pemilu di Papua Barat Sudah 98 Persen
GUBERNUR dan wakil gubernur Papua Barat, Pangdam XVIII/Kasuari, Wakapolda, Ketua KPU dan Bawaslu usai mengikuti tele conference dengan Kemendagri di kantor gubernur, Rabu (10/4/2019). FOTO/Antaranews/Toyiban

PAPUADALAMBERITA.COM, MANOKWARI – Persiapan pemerintah Provinsi Papua Barat dalam melaksanakan pemilihan umum (Pemilu) serentak presiden-wakil presiden, DPR, DPD dan DPRD provinsi serta kabupaten/kota sudah mencapai 98 persen.

Gubenur Papua Barat Dominggus Mandacan pada video conference bersama Kementerian Dalam Negeri, Rabu, menyatakan Pemprov, Polda Kodam XVIII/Kasuari bersama penyelenggara pemilu dan masyarakat siap menyukseskan pesta demokrasi di daerah tersebut.

Pemprov Papua Barat, kata gubernur sudah melaksanakan rapat koordinasi terakhir bersama para bupati dan wali kota. Pertamuan yang dilaksanakan di Manokwari pada Senin (8/4) itu untuk mengecek kesiapan dan kendala di setiap daerah.

“Kami sudah mengecek semua persiapan termasuk distribusi logistik sudah siap. Dari sisi pengamanan Polda dan jajaran akan segera melakukan pergeseran pasukan, juga dibackup oleh Kodam,” kata gubernur.

Untuk logistik, lanjut gubernur, dari laporan Komisi Pemilihan Umum (KPU) seluruh daerah sudah menerima logistik Pemilu. Dua hari sebelum pemungutan suara seluruh logistik sudah berada di tempat pemungutan suara.

Kepala Suku Besar Arfak ini pun menjamin kondisi keamanan di 13 kabupaten/kota sangat kondusif. Ia optimistis, Pemilu di Papua Barat akan berlangsung aman.

“Tidak seperti prediksi pemerintah pusat. Kami pastikan Papua Barat aman untuk penyelenggaraan pemilu,” kata Dominggus.

Ketua KPU Papua Barat, Amus Atkana pada kesempatan itu mengutarakan, seluruh logistik telah siap. Pergeseran menuju TPS akan mulai dilakukan dua hari sebelum pemungutan suara. Ia juga mengungkapkan ada sejumlah daerah yang sulit dijangkau, namun hal itu sudah teratasi.

Wakapolda Papua Barat Kombes Pol Tatang pada kesempatan itu juga memastikan, personil pengamanan Polda, Satbrimob dan seluruh Polres telah siap. Para personil pun sudah memperoleh pembekalan yang cukup terkait kepemiluan serta teknis pengamanan.

Personil Polda Papua, esok hari (Kamis 11/4) akan diberangkatkan menuju Sorong untuk memperkuat polres di wilayah Sorong Raya, Fakfak dan Kaimana. Pergeseran personil untuk wilayah Manokwari raya akan dilaksanakan dua hari sebelum pelaksanaan pemilu.

“Itu personil polda, kalau personil polres akan digeser lebih dulu,” kata Kombes Tatang.(antara/pdb)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf Tidak Bisa Dicopy !!