fbpx
Manajer PLN UP3 Timika Hotman Ambarita bersama staf PLN Timika Bidang Perencanaan, Muslim. FOTO : Istimewa./papuadalamberita.com. “listrik yang dihasilkan oleh PLTMG Pomako akan masuk... PLN Timika Targetkan PLTMG Pomako Segera Beroperasi Akhir Januari

Manajer PLN UP3 Timika Hotman Ambarita bersama staf PLN Timika Bidang Perencanaan, Muslim. FOTO : Istimewa./papuadalamberita.com.

“listrik yang dihasilkan oleh PLTMG Pomako akan masuk ke Kota Timika melalui dua jalur penampang “

PAPUADALAMBERITA.COM. TIMIKA – Manajemen PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Timika, Papua, menargetkan Pembangkit Listrik Tenaga Minyak Gas (PLTMG) Pomako berkapasitas 10 megawatt segera beroperasi pada akhir Januari ini.

Manajer PLN UP3 Timika Hotman Ambarita di Timika, Sabtu, mengatakan uji coba pengoperasian PLTMG Pomako akan dilakukan pada 28 Januari ini sehingga diminta pengertian konsumen listrik di Kota Timika lantaran bisa saja terjadi pemadaman listrik atau gangguan selama uji coba berlangsung.

“Pada saat test engine mungkin saja terjadi gangguan atau listrik padam karena untuk bisa melakukan sinkronisasi daya listrik emang tidak mudah seperti yang dibayangkan. Kami berharap masyarakat pengguna listrik maupun kantor-kantor pemerintah di sepanjang jalur yang dilalui jaringan dari Pomako agar memahami hal ini demi kebaikan kita bersama,” kata Hotman.

Hotman menjelaskan listrik yang dihasilkan oleh PLTMG Pomako akan masuk ke Kota Timika melalui dua jalur penampang yaitu jalur Pomako-gardu penghubung depan RSUD Mimika dan jalur SP5-gardu penghubung depan Puskesmas Timika Jaya SP2.

Selama proses uji coba PLTMG Pomako berlangsung, diperkirakan akan terjadi gangguan dan pemadaman listrik sementara pada jalur-jalur tersebut.

“Kami perkirakan daerah-daerah yang dilalui dua jalur itu akan terdampak dan tidak menutup kemungkinan dampaknya juga akan terkena di dalam wilayah Kota Timika. Yang jelas kami akan berupaya maksimal untuk meminimalisasi gangguan dan pemadaman. Kami akan segera membuat pengumuman di media massa dan menyurati instansi-instansi pemerintah yang dilewati jaringan penyulang dari Pomako itu,” kata Hotman.

Proyek PLTMG Pomako 1×10 megawatt yang keseluruhannya direncanakan sampai 50 megawatt telah rampung sejak akhir 2019.

PLTMG Pomako tersebut ditangani oleh PT Indonesia Power, anak perusahaan PLN.

Terkait pengoperasian PLTMG Pomako itu, pihak PLN Timika telah mempersiapkan jaringan penyulang dari Pomako ke Timika.

Untuk sementara daya listrik dari PLTMG Pomako ke Timika nantinya akan dialirkan melalui jaringan penyulang berkapasitas 20 KV sebab jaringan penyulang berkapasitas 150 KV yang seharusnya dibangun bersama tower sutet hingga kini belum terealisasi lantaran terbentur dengan pembebasan lahan.

Staf Bagian Perencanaan PLN Timika Muslim menambahkan pengoperasian PLTMG Pomako dalam waktu dekat itu juga dalam rangka menunjang kelistrikan pada sejumlah venue PON XX Papua yang terpusat di seki area Timika Jaya SP2 seperti Mimika Sport Complex, GOR futsal, GOR biliard, asrama atlet dan arena panjat tebing.

“Ke depan PLN Timika akan memiliki dua pembangkit yaitu PLTD dan PLTMG Pomako. Khusus di pusat venue PON nantinya akan ada dua suplai listri, satu dari PLTD, satu lagi dari PLTMG Pomako. Itu semua dalam rangka menunjang dan menjaga keandalan listrik saat penyelenggaraan PON Papua di Timika,” jelas Muslim.(ant)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf Tidak Bisa Dicopy !!