Papua Barat

Polda, Brimob Beri Pengamanan Maksimal Pleno KPU, Libatkan Mobil Gegana, Water Cannon

390
×

Polda, Brimob Beri Pengamanan Maksimal Pleno KPU, Libatkan Mobil Gegana, Water Cannon

Sebarkan artikel ini
Kenderaan Brimob Papua Barat saat pengamanan di KPU Papua Barat Ahad.

PAPUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI – Kepolisian Daerah (Polda) Papua Barat memperketat pengamanan di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua Barat.

Keputusan itu, bukan hanya karena kekhawatiran adanya potensi kerusuhan menjelang penetapan pengumuman resmi Pemilu2024, tetapi tujuan Polda adalah, memberikan rasa aman, nyaman, kepada penyelenggara Pemilu, partai politik para calon legeslatif dan masyarakat yang mengikuti rapat pleno .

Undangan melewati pemeriksaan metal detektor.FOTO:RUSTAM MADUBUN. PAPUADALAMBERITA

Untuk menjaga keamanan dan ketertiban di sekitar kantor KPU, Polda Papua memobilisasi pasukan Brimob, Mobil Gegana, serta water cannon.

Ini, juga sebagai langkah preventif, antisipatif menghadapi situasi apapun yang mungkin terjadi.

Karo Ops Polda Papua Barat, Kombes Erick Kadir Sully pada apel siaga anggota pengamanan di Kantor KPU Papua Barat pada pleno hari pertama Sabtu menegaskan kepada anggota, bahwa ada dua ring di kantor KPU yang menjadi perhatian pengamanan.

Yaitu, ring satu area kantor dalam pagar hingga seisi kantor KPU, ring dua di luar pagar.

Mewakili Kapolda Papua Barat, Karops berpesan lakukan pengamanan maksimal, baik pengamanan tertutup maupun pengamanan dengan pakaiaan dinas, tetap menjaga humanis dan pelayanan terbaik, tetapi jangan lengah.

Selain pasukan, Brimob Papua Barat, Polda Papua Barat, Polresta Manokwari yang ditempatkan di Kantor KPU, ada juga pengaman yang disiapkan jika dibutukan Polda telah siap menggesar ke Kantor KPU Papua Barat.

Yakin personel yang tergabung dalam Power on Hand Kapolda, dan Pasukan Brimob (Pasbrim) III yang bersiaga di Polda Papua Barat selama digelar rapat pleno.

Brimob Papua Barat siaga di KPU Papua Barat Ahad (11/3/2024. FOTO: RUSTAM.PAPUADALAMBERITA

Semua pasukan pengamanan Brimob, Polda, Polresta yang dikerahkan di sekitar kantor KPU akan bertanggung jawab penuh menjaga keamanan dan ketertiban.

pasukan dilengkapi perlengkapan lengkap, termasuk peralatan pengendali masa, kerusuhan dan pelindung diri.

Selain itu, mobil Gegana telah ditempatkan depan kantor KPU sebagai bentuk kesiapan menghadapi ancaman bahan peledak atau sejenisnya.

Polda Papua Barat menyiagakan satu unit mobil water cannon digunakan sebagai saluran pengamanan, alat ini akan mampu mengendalikan massa dan memutuskan kemungkinan terjadinya kerusuhan dengan kekuatan air yang kuat, tamnpa mencederai masa.

Menanggapi pengaman yang digelar Polda Papua Barat, Brimob Papua Barat dan Polresta Manokwari, Komisioner KPU, Ketua KPU Papua Barat, Paskalis Semunya, mengapresiasinya.

Dan Yon Pelopor A Brimob Papua Barat.

Danyon Pelopor A Brimob Polda Papua Barat, Kompol Burhan mengatakan pengamanan Rapat pleno terbula di Kantor KPU Ahad (10/3/2024) sama dengan pengamanan di hari Sabtu kemarin.

Segal potensi gangguan menjadi atensi supaya memastikan pleno rekapitulasi berjalan aman dan lancar.

Burhan mengaku pada pengamanan hari pertama semua berjalan aman dan lancar.

“Hari Brimob saja siagakan 90 personel. Kita harap rapat pleno berjalan lancar,” sebut Burhan.(rustam madubun)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf Tidak Bisa Dicopy !!