Papua Barat

Satgas Pangan Polda Papua Barat Ingatkan Warga Pentingnya Gunakan Produk Berlogo SNI

157
×

Satgas Pangan Polda Papua Barat Ingatkan Warga Pentingnya Gunakan Produk Berlogo SNI

Sebarkan artikel ini

Kopi produk Manokwari yang telah mengantonggi SNI di salah satu stand pameran UMKM pada peringatan Hari Konsumen Nasional, Kamis (20/5/2021) di SwManokwari City Mall manokwari. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

PAPUADALAMBERITA.COM.MANOKWARI – Warga Papua Barat harus memahami, menyadari penting satu produk makanan, minuman atau kosmetik yang dikonsumsi telah tersertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI).

‘’Kita mengapresiasi peringatan Hari Konsumen Nasional 20 Mei 2021, yang mana ini sebagai bentuk kepedulian kehadiran negara untuk warganya, khususnya konsumen di mana negara menjamin, bahwa setiap konsumen wajib mendapatkan pelayanan dan juga jaminan mutu kualitas,’’Ketua Satgas Pangan Polda Papua Barat Kombes Pol Romylus Tamtelahitu yang ditemui wartawan, Kamis (20/5/2021) seusai pencangan Hari Kosumen Nasional di Manokwari City Mall.

Kasatgas Pangan mengatakan, sebagaimana diketahui mungkin banyak masyarakat belum tahui pentingnya SNI. Makanya tadi dihimbau pak Gubernur Papua Barat bahwa konsumen itu harus menjadi konsumen yang cerdas dalam mempergunakan barang dan jasa.

‘’Imbauan Ini bersinergi dengan Satgas Pangan Polda Papua Barat,  karena beberapa kali Satgas Pangan Polda Papua Barat turun ke lapangan kita menemukan ada beberapa produk yang memang belum ber-SNI, dimana pada saat itu kegiatan gabungan dari Dinas Perindag BP POM turun dengan sifatnya edukasi,’’ ujar Kombes Pol Romylus Tamatelahitu.

Satgas pangan memberikan memberikan pencerahan dan informasi ke masyarakat, bahwa sebenarnya masyarakat harus memperoleh produk yang memang yang berkualitas dan terjamin.

‘’Sehingga lewat peringatan hari Konsumen Nasional diharapkan konsumen lebih cerdas untuk dapat memilih barang dan dapat menikmati barang, karena kita tahu resiko barang yang produknya tidak ber standar kualitas itu tidak baik untuk kesehatan,’’ ujarnya.

‘’Pencanangan hari ini (hari konsumen, red) sangat penting,  kita berharap teman-teman media dapat menggelorakan publikasi keluar supaya masyarakat Papua Barat lebih cerdas dalam mengkonsumsi barang dan jasa,’’ sambungnya.’

Kasatags Pangan yang juga Dirkrimsus Polda Papua Barat ini mengatakan, Satgas Pangan juga mengedukasi warga hingga ke tingkat kampung.

‘’Edukasi ini sudah kita lakukan dan sangat beragam, itu dilakukan secara online melalui media sosial dan Satgas Pangan turun langsung ke toko-toko, distributor dan pasar. Kkita berbincang bersama masyarakat,  kita memberikan informasi kepada mereka tentang pentingnya produk berkualitas,’’ kata Kasatgas.

‘’Jika kalau dilihat perkembangan Satgas Pangan bersinergi dengan mitra kerjanya selama enpat bulan terakhir ini kegiatannya sangat masif dan masyarakat merasa terbantu sekali,’’ sambungnya.

‘’Untuk masyarakat yang di kampung dengan latar pendidikan rendah Satgas Pangan melibatkan Polsek Babinsa dan Babinkamtibmas kita memberikan informasi kepada mereka supaya masyarakat menikmati produk  masyarakat tahu kualitas dari produk itu.

Menurut Kasatgas ada kejadiaan pada tahun 2020 Satgas Pangan melakukan penyelidikan karena ada produk yang tidak ber-SNI dan telah beredar sampai ke kampung – kampong.(tam)     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *