Papua Barat

Sepekan Lagi “Pameran Foto” Dari Kota Hingga Kampung

129
×

Sepekan Lagi “Pameran Foto” Dari Kota Hingga Kampung

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi Foto: Lokasi favorit pemasangan baliho dan spanduk di Kota Manokwari. FOTO/GRAFIS:RUSTAM MADUBUN.PAPUADALAMBERTA

PAPUADALAMBERITA.COM.MANOKWARI – Jadwal dan Tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) Legeslatif (Pileg), Pemilu Presiden (Pilpres) dan Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) 2024 diatur sesuai Peraturan KPU (PKPU) Nomor 3 Tahun 2022.

Baca juga Pangdam XVIII Kasuari Minta Insan Pers Wujudkan Pemilu Damai, Jaga Netralitas

Tahapan dan jadwal penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024, yaitu 28 November 2023) sampai 10 Februari  2024) adalah masa kampanye Pemilu.

Setelah itu, masuk masa tenang, mulai (11/2/2024) sampai (13/2/2024), karena 14 Februari 2024 pemungutan suara (Pileg 2024 dan Pilpres 2024).

Terhitung dari Kamis (23/11/2023), berarti tinggal lima hari lagi, kota Manokwari hingga kampung-kampung bakal ada “pameran foto wajah-wajah politisi, foto tiga calon presiden dan foto tiga calon wakil presiden.

Sudah tentu, mereka berusaha tersenyum, dengan kata-kata dan janji-janji mulai laris manis, untuk menarik simpatik warga sebagai pemilih.

Tentu tidak hanya itu, ada embel-embelnya, seperti gambar partai, tagiline, ajakan memilih, mencoblos tanda gambar sampai nomor urut.

‘’Jangan lupa tanggal 14 Februari 2024 Coblos nomor 0.0.0, Saya tidak asal janji, saya sudah terbukti lima tahun kita bersama,’’ misalnya.

Ajakan itu ditambah dengan foto wajahnya, dan meletakan kedua tangan yang menempel di dadanya, sambil tersenyum.

‘’Bersama – sama kita maju, coblos nomor 00000,’’ tulis wajah yang lain, juga conthnya.

Nanti juga ada yang fotonya dari samping, sambil angkat dua jari berbentuk viktori atau kemenangan, sekaligus sebagai kode nomor urutnya.

Suasana kota Manokwari, tentu akan semarak dengan bermunculannya poster  beraneka ukuran dengan partai dukungan untuk calon calonnya.

Setiap sudut kota akan dihiasi foto yang tersenyum manis, dan penuh semangat, siap untuk melayani rakyat, semoga.

Masyarakat akan merasa bahagia melihat kebersamaan foto foto calon legeslatif saling bersanding, yang begitu bersemangat, yakin dengan visi dan misi yang disampaikan kepada masyarakat.

Masyarakat akan mendengar banyak cerita tentang bagaimana mereka telah berjuang keras untuk merealisasikan mimpi mereka menjadi wakil rakyat yang baik.

Setiap partai, setiap calon punya keunikan dalam mendulang simpatik menuju Pemilu 2024.

Warga akan melihat para pendukung caleg saling bersaing, meramaikan kota dengan spanduk, poster, baliho ataupun atribut kampanye lainnya.

Tetapi, di tengah keramaian itu, masyarakat  mengimpikan ada pesan budaya yang berharga, bahwa meski berbeda pilihan, tapi kita hidup bersama dalam satu kesatuan.

Suasana di masa kampanye harus menjadi terasa hangat, teriakan dukungan dan sorak-sorai setiap calon, setiap partai  yang terus menggema di sekitar kita.

Dan tidak kita sadari, dan tidak terasa, dari 28 November tibalah 10 Ferbruari, bahwa empat hari kedepan ada satu hari paling penting, yaitu 14 Februari 2024.

Ketika waktu dimana kita menghadapi Pemilu, kecuali, TNI dan Polri,red, kita harus memastikan memilih siapa calon legeslatif, calon presiden dan wakil presiden kita yang benar-benar memiliki integritas, kejujuran, kapabilitas dan paling kompeten mewakili kita di DPR, DPD, DPRD dan Presiden.

Itulah cerita indah ketika seluruh rakyat Indonesia menyadari, bahwa Pemilu adalah panggilan berharga untuk menentukan arah bangsa ini ke dalam peradaban yang lebih baik.

Semoga dengan pilihan yang tepat, semoga mendapat pemimpin yang tepat pula.

Sehingga negeri ini akan meraih kemajuan, kebahagiaan.

Dan kebahagian  tidak hanya milik yang terpilih dan keluarganya, tetapi kemajuan dan kebahagian menjadi milik yang memilih dan seluruh rakyat Indonesia. INDONESIA TANAH AIR BETA.(rustam madubun)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf Tidak Bisa Dicopy !!