Papua Barat

Tanamkan Jiwa Polri, Sebulan Bintara Otsus Bina Latihan di Polda Papua Barat

85
×

Tanamkan Jiwa Polri, Sebulan Bintara Otsus Bina Latihan di Polda Papua Barat

Sebarkan artikel ini


Kapolda Papua Barat, Irjen Pol Doktor Tornagogo Sihombing SIK, MSI dan Kabid Humas Polda Papua Barat, Kombes Pol Adam Erwindi, SIK MH yang ditemui wartawan di Polda Papua Barat, Rabu (22/112/2021). PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

PAPUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI – Menumbuhkan kebanggaan terhadap satuan, bangkitkan jiwa sesuai Moto Polda Papua Barat, Waajaa Keema Nene Kapoka (membangun dengan hati) 1.496 Bintara remaja Polda Papua Barat jalur afirmasi Otonomi Khusus (Otsus) yang baru selesai pendidikan Bintara pada sejumlah SPN di Indonesia akan mengikuti pembinaan dan latihan (Binlat) selama satu bulan lebih di Polda Papua Barat.

Bintara-bintara remaja ini dijadwalkan tiba di ibu kota provinsi Papua Barat, Manokwari Kamis dan Jumat (23-24/12/2021) dalam dua kali penerbangan, setelah tiba anggota polisi remaja rekurtmen Polda Papua Barat langsung masuk ke markas Polda Papua Barat.

‘’Bintara Otsus besok (Kamis, red) sudah ada yang datang, kedatangan mereka dalam dua  hari,  besok (Kamis, red) dan Jumat.  Kami sudah mempersiapkan segala sesuatunya terkait kedatangan mereka, kami sudah siapkan tempatnya di mana mereka akan melaksanakan pembinaan latihan di Polda Papua Barat,’’ ujar Kapolda Papua Barat Irjen Pol Doktor Tornagogo Sihombing, SIK, MSI didampingi Kabid Humas Polda Papua Barat, Kombes Pol Adam Erwindi SIK, MH kepada wartawan di Polda Papua Barat, Rabu (22/12/2021) pagi.

Setelah diterima dalam upacara tradisi masuk kesatuan, Bintara Otsus ini akan menjalani pembinaan dan latihan (Binlat).

‘’Saya harapkan masyarakat, atau mungkin memiliki keluarga dari Bintara – Bintara ini tidak perlu menjemput (di Bandara, red) karena memang kita langsung masukan ke Polda untuk latihan pembinaan sebelum kita tempatkan,’’ kata Kapolda.

Menurut Kapolda, setelah mengikuti latihan sebulan akan dilihat perkembangnya dan menunggu petunjuk dari Markas besar Kepolisian, apakah langsung di tugaskan ke Polres masing-masing atau ditugas ke keluar Papua Barat.

Kabid Humas Polda Papua Barat Kombes Pol Adam erwindi SIK, MH mengatakan Bintara remaja jalur Otsus ini melaksanakan kegiatan binlat selama sebulan lebih seminggu untuk lebih mematangkan apa yang telah diperoleh selama pendidikan di SPN-SPN se Indonesia  untuk dapat diterapkan,  khususnya sesuai  karakter wilayah Papua Barat.

‘’Dalam penyambutan besok (Kami ,red) kami mengimbau kepada keluarga dan orang tua Bintara baru tidak berkerumun atau ada kegiatan-kegiatan lain di bandara karena situasi masih dalam pandemi Covid-19,  karena setelah turun dari pesawat kita akan bawa ke Polda untuk melaksanakan bina latihan,’’ jelas Kombes Adam Erwindi.

Kabid Humas yang lulusan AKPOL tahuin 1999 ini mengatakan, setelah bina latihan sebulan lebih, kemudian Bintara remaja ini akan diberikan cuti kepada orang tua masing-masing,  dan disebar ke Polres jajaran.

Kabid Humas Polda Papua Barat, Kombes Pol Adam Erwindi, SIK MH bersama wartawan di Polda Papua Barat, Rabu (22/112/2021). PAPUADALAMBERITA. FOTO: HUMAS POLDA PAPUA BARAT

‘’Materi pembinaan dan laithan yaitu apa yang telah diperoleh di SPN akan disharing, bersama dengan senior-senior di Polda, kedua materinya bina latihan juga mengingatkan dan memberikan motivasi kepada adik-adik itu bahwa Ia sekarang sudah menjadi anggota polisi. Kemudian ada materi dan arahan dari kami para komandan agar bintara baru menjadi polisi yang benar-benar bisa diterima di masyarakat Papua Barat,’’ tutur mantan Kapolres Kaimana dan Kapolres Manokwari ini.

Kabid menambahkan, semua Bintara Otsus yang telah mengikuti pendidikan di sejumlah SPN ini semuanya kembali, belum ada perekrutan apakah ada yang terpilih ke Koorbrimob Mabes Polri, Densus 88, seperti leting sebelumnya.

‘’Semuanya kembali dalam dua kloter menggunakan pesawat komersial,’’ sambung Kabid Humas yang pernah masuk dalam Satgas Nemangkawi.(tam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *